SPayLater Tidak Bisa digunakan & Cara Mengatasinya

Ada beberapa pengguna yang mengeluhkan akun SPayLater tidak bisa digunakan padahal saldonya cukup. Ada yang muncul notifikasi error dan ada juga yang menu pembayaran dengan SPaylater tidak muncul di bagian metode pembayaran. Kedua keadaan ini poinnya sama, bahwa pembayaran dengan Shopee Paylater tidak bisa digunakan untuk membayar.

Apa yang sebenarnya terjadi? SPayLater yang error ataukah akunmu yang sedang dibekukan?

Penyebab SPayLater Tidak Bisa digunakan

penyebab spaylater tidak bisa digunakan

Setidaknya ada 4 penyebab mengapa SPayLater tidak bisa digunakan. Jika kamu mengalaminya kemungkinan besar penyebabnya adalah salah satu darinya. Berikut diantaranya :

1. Produk tidak memenuhi syarat

Secara umum Shopee Paylater bisa digunakan untuk membeli semua produk yang dijual di Shopee dan di semua toko. Kecuali kategori khusus dimana pembayaran dengan paylater tidak bisa dilakukan. Yaitu produk dari kategori E-Voucher, Emas, Uang Elektronik, atau Toko Tertentu.

Jika produk atau toko yang ingin kamu beli termasuk kategori yang dikecualikan tersebut maka opsi pembayaran dengan SPayLater tidak akan muncul. Jika kamu harus membeli produk tersebut maka solusinya adalah dengan membayar menggunakan metode pembayaran lain yang tersedia.

2. Telat bayar tagihan

Pilihan pembayaran dengan SPayLater secara otomatis akan di Disable (tidak bisa digunakan) pada akun dengan histori yang buruk. Mereka adalah yang masih memiliki tunggakan tagihan maupun yang melakukan pembayaran namun sering telat dari tanggal jatuh tempo. Tidak hanya SPaylater, Shopee juga memperhitungkan histori pembayaranmu di SPinjam.

Shopee termasuk perusahaan yang tegas dalam menerapkan sangsi. Mereka tidak sungkan membekukan akun pengguna yang memiliki masalah dalam pembayaran.

3. Data tidak sesuai

Alasan lain penyebab SPayLater tidak bisa digunakan adalah data yang tidak sesuai. Ini terjadi saat sistem Shopee mendeteksi ada ketidaksamaan data yang kamu gunakan saat mendaftar dengan data terkini. Ketidaksesuai data ini bisa menimpa semua pengguna terlebih pada saat Shopee hendak melakukan pengkinian data.

Topik ini pernah dibahas sebelumnya di tulisan : SPayLater dinonaktifkan sementara.

4. Maintenance

Jika kamu yakin ketiga penyebab diatas tidak terjadi namun SPayLater mu tetap tidak bisa digunakan maka yang ke empat ini bisa jadi penyebabnya. Yaitu sedang ada Maintenance pada sistem Shopee. Saat ini terjadi beberapa layanan terdampak tidak bisa digunakan sampai pemeliharaan sistem selesai.

Termasuk kedalam maintenance adalah adanya pembaharuan fitur atau update pada aplikasi Shopee yang biasakan dilakukan secara rutin setiap bulannya.

Agar SPayLater Bisa Kembali digunakan

solusi mengatasi spaylater tidak bisa digunakan

Jika kamu rutin melakukan transaksi di Shopee setiap minggu atau bulannya, SPayLater yang tidak bisa digunakan bisa sangat mengganggu. Agar SPayLater mu kembali bisa digunakan maka kamu harus melakukan kebalikan dari penyebabnya. Yaitu diantaranya :

1. Pilih produk yang sesuai ketentuan

Silahkan membeli apa saja di marketplace Shopee, asalkan bukan E-Voucher, Emas dan Uang Elektronik. Kamu bebas belanja di toko mana saja asalkan jangan di Toko yang sudah ditandai Shopee. Ciri toko yang sudah ditandai adalah kamu tidak bisa membayar dengan SPayLater disitu.

2. Bayar tagihan tepat waktu

Jika SPayLater penting bagimu dalam artian kamu menjadikannya metode pembayaran andalan, maka jaga akunmu. Transaksi rutin yang kamu lakukan harus diimbangi dengan pembayaran tepat waktu. Jika kamu bisa menjaga kuantitas transaksi dengan kualitas pembayaran maka akun Shopee Paylater mu akan aman.

Baca : Cara bayar SPayLater di Alfamart

3. Update aplikasi secara berkala

Lakukan update aplikasi Shopee saat sudah tersedia versi updatenya di Google Play atau App Store. Selain menerapkan fitur baru, update aplikasi juga bertujuan menghilangkan Bug atau error pada aplikasi versi lama. Jika gangguan ada di sistem Shopee, coba lagi transaksimu pada waktu berbeda secara berkala.

Catatan SPayLater tidak bisa digunakan

catatan oleh krediblog

Penyebab SPayLater tidak bisa digunakan bisa sangat bervariasi tergantung profil setiap pengguna. Empat poin diatas hanya mewakiliki penyebab yang umum terjadi dan tidak menutup kemungkinan adanya sebab spesifik lain. Pengguna sendiri yang harusnya lebih tahu apa yang salah dengan akun paylater-nya.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
2 Komentar
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Ririn Meikawati

Bagaimana cara mengaktifkan kembali spaylater