Transaksi Sukses Tapi Pulsa Tidak Masuk. Penyebab dan Solusi

Saat membeli pulsa secara online baik melalui mobile banking, marketplace maupun aplikasi PPOB ada resiko transaksi sukses tapi pulsa tidak masuk. Dana, saldo atau limit sudah terpotong, struk pembelian juga sudah diterima tetapi pulsa yang diorder sudah 10 menit berlalu belum masuk juga. Panik gak? Ya panik, lah. Nominal kecil sekalipun jika beli tetapi tidak menerima barangnya tetap sebuah kerugian.

Panduan ini bersifat umum dan bisa digunakan untuk beragam variasi masalah. Baik kamu beli pulsa di m Banking BCA, mobile banking dari bank lain, order di Shopee, pesan di aplikasi seperti PayFazz, Fastpay, Ayopop, Flip atau aplikasi beli pulsa lainnya. Berlaku sama untuk semua operator pulsa baik Telkomsel, Indosat, XL/AXIS, Smarfren, dan Tri (3).

Penyebab Pulsa Tidak Masuk Padahal Transaksi Sukses

penyebab transaksi sukses tapi pulsa tidak masuk

Untuk bisa menemukan solusi dari masalah harus terlebih dahulu mengidentifikasi penyebabnya. Berikut adalah beberapa hal yang biasanya menjadi penyebab pulsa tidak masuk. Kemungkinan besar salah satunya adalah penyebab dari masalahmu.

Penyebab transaksi sukses tapi pulsa tidak masuk :

1. Salah nomor tujuan

Human error menjadi penyebab klasik mengapa pulsa yang dibeli tidak masuk. Pengguna salah memasukkan nomor HP tujuan. Seringnya nomor kurang atau kelebihan satu digit, salah saat menyalin nomor, error saat melakukan paste (tempel) atau variasi typo lainnya. Karena salah memasukkan nomor maka pulsa akan masuk ke nomor tersebut dan bukan ke nomor yang dimaksud.

2. Tersedot paket berlangganan

Penyebab kedua ini jarang terjadi tetapi pernah terjadi pada beberapa pengguna. Pulsa yang dibeli sebenarnya masuk namun karena pengguna memiliki paket berlangganan aktif maka begitu pulsa masuk akan langsung terpotong untuk biaya langganan tersebut. Kasus pemotongan pulsa otomatis ini bisa diketahui dari SMS masuk yang berisi bukti pembayaran atau notifikasi perpanjangan layanan.

3. Terjadi delay pengiriman

terjadi delay pengiriman

Penyebab transaksi sukses tapi pulsa tidak masuk yang ketiga adalah penundaan. Membeli pulsa secara online pulsa akan masuk secara real time alias pulsa akan langsung diterima begitu transaksi sukses. Itu kondisi idealnya. Tetapi bisa juga terjadi delay pengiriman yang mengakibatkan pulsa lebih lama masuk. Tidak ada hal lain yang salah, hanya saja sistem membutuhkan waktu proses yang lebih lama dari biasanya.

4. Gangguan jaringan

Pulsa yang dibeli tetapi tak kunjung masuk bisa juga terjadi karena gangguan jaringan. Tipe gangguannya bisa lokal yaitu hanya terjadi pada operator yang pulsanya sedang kamu beli, tetapi bisa juga skalanya lebih luas yaitu down-nya sistem jaringan secara nasional.

Lakukan Ini Saat Transaksi Sukses Tapi Pulsa Tidak Masuk

solusi transaksi sukses tapi pulsa tidak masuk

Berikut adalah hal-hal yang bisa kamu lakukan saat mengalami pembelian pulsa yang tertunda. Solusi yang diambil disesuaikan dengan jenis penyebabnya. Misal jika penyebabnya adalah nomor 1 maka ambil solusi nomor 1 juga. Begitu juga lainnya.

Yang dilakukan saat transaksi sukses tapi pulsa tidak masuk :

1. Ikhlaskan jika salah kirim

Orang bijak mengakui kesalahan, intropeksi dan melakukan lebih baik setelahnya. Jika penyebab pulsa tidak masuk adalah karena salah nomor tujuan, maka cara termudah untuk menyelesaikan adalah dengan mengikhlaskannya. Jika memungkinkan kamu bisa meminta pulsa itu untuk dikembalikan, namun itu butuh effort yang belum tentu sepadan dengan nominal pulsanya.

Solusi lain saat terjadi kesalahan pengiriman : Salah kirim pulsa.

2. Unreg layanan dan matikan paket data

Solusi yang kedua ini dilakukan sebelum kejadian dan akan terlambat jika dilakukan setelahnya. Jika kamu termasuk pengguna yang hobi mendaftar layanan berlangganan, pastikan untuk melakukan unreg sebelum transaksi pembelian pulsa. Ini termasuk layanan berbayar lainnya dengan model potong pulsa. Dan untuk menghindari auto sedot pulsa, matikan data seluler selama transaksi pembelian (khusus yang tidak memiliki paket data).

3. Cek secara berkala

cek secara berkala

Solusi transaksi sukses tapi pulsa tidak masuk yang ketiga adalah sabar menunggu. Pada kasus delay pengiriman maka respon terbaik adalah dengan melakukan pengecekan secara berkala. Lakukan pengecekan pulsa setiap 5 menit sekali. Namun kamu harus memastikan tidak salah dalam memasukkan nomor HP dan tidak ada layanan berlangganan yang masih aktif. Jadi yakin bahwa masalahnya adalah delay pengiriman.

4. Hubungi CS operator pulsa terkait

Jika setelah 30 menit menunggu tetapi pulsa masih juga belum masuk maka lakukan solusi yang terakhir. Kemungkinan besarnya ada masalah dari sisi operator yang biasanya berhubungan dengan jaringan. Bermodalkan bukti transaksi sukses hubungi CS dari operator terkait dan jelaskan masalahmu.

OperatorNomor Telepon
Telkomsel188
Indosat185
XL/AXIS817/838
Smartfren888
Tri132
Daftar nomor Call Center operator seluler di Indonesia

Catatan transaksi sukses tapi pulsa tidak masuk

catatan transaksi sukses tapi pulsa tidak masuk

Transaksi sukses tapi pulsa tidak masuk tidak saja terjadi pada pembelian pulsa secara online tetapi juga offline. Jadi pembelian pulsa langsung ke konter juga memiliki resiko yang sama. Bahkan sebenarnya membeli pulsa di konter (offline) proses transaksinya juga dilakukan via online yaitu menggunakan jaringan operator.

Kejadian pulsa yang tertunda masuk bisa menimpa siapa saja. Tidak ada pengguna yang kebal darinya karena error bisa datang dari pihak ketiga. Tips yang akan selalu berguna adalah pastikan kamu mengidentifikasi penyebabnya dengan benar. Karena identifikasi yang tepat akan mengantarkan pada penyelesaian yang presisi.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram