Tenor Pinjaman Adalah? Mengenal Arti dan Maknanya

Tenor pinjaman adalah – Pada transaksi pinjaman baik itu pinjaman konvensional, bank maupun pinjaman online, selalu terdapat tanggal pembayaran cicilan dan jumlah berapa kali pembayaran harus dilakukan. Kedua hal tersebut adalah hal esensial atau harus adanya dalam catatan transaksi pinjaman. Tidak menyertakan salah satu atau keduanya akan berakibat tidak dipahaminya status sebuah transaksi.

Apa Itu Tenor Pinjaman?

apa itu tenor pinjaman

Apa itu tenor pinjaman? Tenor pinjaman adalah durasi angsuran dari sebuah transaksi kredit atau pinjaman. Tenor ini bisa berupa hitungan hari, bulan atau tahun. Tenor pinjaman menunjukkan berapa lama cicilan harus dilakukan agar transaksi selesai atau lunas. Semakin panjang sebuah tenor maka besar cicilannya akan semakin kecil, dan semakin pendek tenornya nominal angsuran akan semakin besar.

Jenis dan Arti Tenor Pinjaman

Jika arti tenor pinjaman sebegitu pentingnya, maka pada semua transaksi kredit harus melibatnya perhitungan tenornya. Tidak melibatkan tenor berarti proses kreditnya batal dan transaksi yang terjadi akan menjadi pembelian tunai atau Cash.

Secara umum tenor dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu tenor panjang dan tenor pendek. Berikut detailnya :

Tenor Panjang

Yaitu tenor cicilan diatas 1 tahun atau lebih dari 12 bulan. Jenis tenor panjang biasanya digunakan untuk transaksi pembelian dengan nominal besar. Seperti pembelian rumah, mobil, motor atau barang elektronik lain. Variasi tenornya ada 12 bulan, 24 bulan, 15 tahun hingga 25 tahun. Tenor panjang memiliki kelebihan nominal DP yang tidak besar dan cicilan per bulan yang kecil. Tenor jenis ini menjadi pilihan favorit untuk pengguna dengan dana terbatas.

Tenor Pendek

Yaitu tenor cicilan kurang dari 1 tahun atau 12 bulan ke bawah. Variasi tenornya ada 30 hari, 3 bulan, 6 bulan hingga 9 bulan. Tenor ini dipilih untuk jenis pembelian nominal menengah ke bawah atau pembelian singkat. Kelebihan tenor pendek adalah cicilan yang cepat lunas, sedang kekurangannya mengharuskan DP tinggi dan nominal cicilannya iyang besar.

Khusus untuk pinjaman yang diajukan secara online, kebanyakan tenor yang ditawarkan adalah jenis pendek. Karena tidak mensyaratkan jaminan pada prosesnya, tenor yang diberikan pada pinjol berkisar antara 30 hari sampai 3 bulan. Namun terdapat beberapa aplikasi yang memberikan tenor panjang hingga 9 bulan. DIantaranya pinjaman Julo. Kamu bisa memilih beragam tenor disini dari mulai 30 hari, 3 bulan, 6 bulan hingga 9 bulan. Ulasan selengkapnya silahkan baca Julo review.

Catatan

catatan tenor pinjaman adalah

Tenor pinjaman tidak hanya menentukan berapa lama cicilanmu harus dibayarkan. Lebih jauh ia berperan untuk menjadikan pinjaman yang kamu ajukan menjadi solusi dari masalah keuanganmu atau justru sumber masalah baru. Tak jarang salah dalam menentukan jenis tenor berujung pada cicilan yang macet hingga tak terbayarkan. Maka menentukan tenor yang sesuai dengan kemampuan bayar sangatlah penting.

Salah satu tips dalam menentukan tenor pinjaman yang sesuai adalah dengan menyesuaikannya dengan jenis pinjaman dan nominal yang kamu ajukan. Jika pinjamanmu bersifat temporer atau pinjam langsung bayar dengan nominal kecil, maka tenor pendek sebaiknya dipilih. Namun jika pinjamanmu adalah jangka panjang dalam artian kamu membutuhkan dana tersebut karena tidak ada sumber dana lainnya terlebih meminjamnya dalam jumlah besar, maka tenor panjang yang lebih cocok. Tenor pinjaman adalah hal penting yang harus kamu putuskan dengan presisi. Karena salah dalam menentukannya akan berakibat pinjaman yang sedang kamu ajukan tidak menyelesaikan masalah, malah membuka masalah baru.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar