Cara Bayar SPayLater di Alfamart. Begini Langkahnya

Cara bayar SPayLater di Alfamart – Dengan jumlah gerai yang mencapai 18 ribu unit gerai di seluruh Indonesia (Bisnis, 2022), kamu lebih mungkin menjumpai Alfamart dibanding mesin ATM dalam jarak 1 Km. Itu artinya bagi sebagian orang membayar melalui minimarket lebih mudah dibanding melakukan pembayaran via transfer ATM.

Dan dari sekian banyak tagihan yang biasa dibayarkan di Alfamart, SPayLater diantaranya. Layanan beli sekarang bayar nanti milik Shopee ini digunakan oleh banyak sekali pengguna. Data menyebut dari 10 orang yang menggunakan layanan Paylater, 7 diantaranya menggunakan Shopee Paylater. 3 sisanya berbagi antara Paylater Kredivo, Akulaku Paylater dan penyedia lainnya.

Apakah SPayLater bisa dibayar di Alfamart?

apakah spaylater bisa bayar di alfamart

Apakah SPayLater bisa dibayarkan di Alfamart? Bisa. Layanan Payment Point milik Alfamart menerima pembayaran dari Virtual Account Shopee. Kamu bisa membayar tagihan Shopee Paylater langsung dari kasir Alfamart.

Prosesnya lebih mudah karena dilakukan oleh petugas Alfamart. Cara ini cocok untuk kamu yang khawatir salah bayar atau lebih senang jika orang lain yang melakukannya untukmu (dibantu).

Biaya admin bayar SPayLater di Alfamart

Berapa biaya admin bayar SPayLater di Alfamart? biayanya adalah sebesar Rp 2.500 untuk setiap transaksi. Biaya yang sering tertulis Customer Fee pada struk ini adalah upah untuk Alfamart yang sudah membantu membayarkan transaksimu.

Biaya admin yang seharga roti kecil bisa dibilang murah karena biasanya kamu pergi ke Alfamart juga sekalian melakukan belanja sesuatu. Jadi bisa sekalian jalan.

Kapan tagihan mulai dibayarkan?

SPayLater memiliki 3 pilihan tanggal jatuh tempo, diantaranya tanggal 5, 11 dan 25. Tagihanmu mulai bisa dibayarkan setelah proses tutup buku atau Tanggal Periode Tagihan. Untuk jatuh tempo tanggal 5 mulai bisa dibayarkan sejak tanggal 25 bulan sebelumnya. Jatuh tempo tanggal 11 mulai bisa dibayarkan sejak tanggal 1. Dan jika jatuh temponya tanggal 25 sudah mulai bisa dibayar pada tanggal 15.

Perhitungan jatuh tempo tagihan SPayLater selengkapnya bisa kamu baca pembahasannya disini : Jatuh tempo SPayLater.

Tutorial Cara Bayar SPayLater di Alfamart

tutorial cara bayar spaylater di alfamart

Berikut step by step cara bayar SPayLater di Alfamart jika kamu sudah siap.

Waktu yang dibutuhkan: 5 menit

Cara bayar SPayLater di Alfamart :

  1. Jalankan aplikasi Shopee

    Pergi ke menu SPayLater

  2. Klik bayar

    Pada tagihan tertera klik tombol Bayar Sekarang

  3. Pilih tagihan

    Pilih bayar tagihan bulan ini. Pilih opsi satunya jika kamu mau membayar tagihan bulan depan.

  4. Pilih metode pembayaran

    Pada metode pembayaran yang tertera, pilih opsi Alfamart / Alfamidi / Dan+Dan. Lanjut klik Konfirmasi.

  5. Salin Virtual Account

    Kamu akan mendapatkan Kode Pembayaran. Salin kode tersebut pada selembar kertas atau media lainnya.

  6. Pergi ke Alfamart terdekat

    Kunjungi gerai Alfamart tempat kamu ingin melakukan pembayaran.

  7. Antri di bagian kasir

    Sampaikan kamu ingin melakukan pembayaran SPayLater dengan menyerahkan kode pembayaran yang sudah kamu catat sebelumnya.

  8. Pembayaran diproses

    Tunggu kasir Alfamart memproses pembayaranmu.

  9. Terima struk pembayaran

    Pembayaranmu sukses. Kamu akan mendapatkan struk sebagai tanda bukti pembayaran.

  10. Bayar SPayLater di Alfamart selesai

    Kamu bisa lanjut berbelanja atau langsung pulang.

Normalnya proses pembayaran tagihan Shopee Paylater di Alfamart bisa selesai dalam 5 menit. Namun bisa lebih lama jika kebetulan antrian kasir sedang ramai atau kasus yang sering, jaringan Alfamart sedang gangguan. Jika itu terjadi kamu bisa berpindah ke Alfamart lain atau menunda pembayaran sore atau esok harinya.

Cara bayar Shopee Paylater lainnya bisa kamu lihat disini : Cara bayar SPayLater.

Bayar SPayLater tanpa aplikasi

Selain cara bayar SPayLater di Alfamart, pertanyaan lain yang sering ditanyakan oleh pengguna Shopee Paylater adalah bisakah membayar tagihan tanpa aplikasi? Jawabannya adalah tidak. Untuk melakukan pembayaran dengan metode apapun kamu membutuhkan kode pembayaran. Dan kode pembayaran ini hanya bisa dibuat di aplikasi Shopee. Tanpa aplikasi kamu tidak bisa membuat kode pembayaran, dan tanpa kode kamu tidak bisa melakukan pembayaran.

Pastikan kamu melakukan pembayaran tagihan SPayLater menggunakan kode pembayaran yang sudah dibuat di aplikasi. Tanpanya pembayaranmu beresiko besar tidak terdeteksi oleh sistem Shopee.

Catatan

catatan oleh krediblog

Bayar SPayLater di Alfamart meski merepotkan karena harus mendatangi gerai dan antri lama nyatanya masih menjadi pilihan favorit sebagian orang. Krediblog punya saudara yang sering melakukan pembayaran tagihan di Alfamart dan sama sekali tidak merasa direpotkan. Dia santai saja dan tanpa beban setiap akan pergi kesana.

Shopee Paylater menyediakan banyak opsi metode pembayaran dengan tujuan agar pengguna bisa memilih sendiri mana yang paling nyaman. Itu artinya meski harus berjalan 200 meter ke Alfamart, jika kamu nyaman melakukannya maka itu adalah metode pembayaran terbaikmu.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar