SLIK OJK

Cek SLIK OJK online yang dimaksud adalah melakukan pencetakan Informasi Debitur atau iDeb. Tujuannya untuk melihat histori transaksi pinjaman atau kredit sekaligus status pembayarannya.

Cek SLIK OJK Online

2 Cara Cek SLIK

metode pengecekan slik

Ada 2 metode untuk melakukan cek SLIK, yaitu mendatangi kantor OJK langsung atau jalur offline dan melalui website atau secara online. Sejak Pandemi Covid 19 melanda, pengecekan SLIK secara online lebih direkomendasikan. Namun karena pada jalur online antriannya bisa sangat panjang, kamu bisa mempertimbangkan jalur offline sekiranya kamu butuh iDeb-nya segera.

Pengecekan SLIK bisa untuk berbagai tujuan. Dari yang paling sederhana sekedar melihat catatan pinjaman hingga untuk keperluan verifikasi data jika ditemukan ketidaksinkronan antara data dan fakta. Untuk tujuan apapun itu sebaiknya lakukan pengecekan SLIK secara rutin, minimal 1 tahun sekali. Agar jika ditemukan kesalahan pencatatan bisa segera diketahui sejak dini.

Cara Cek SLIK OJK Online

Cara cek SLIK OJK secara online lebih direkomendasikan untuk 2 alasan. Pertama lebih praktis dan yang kedua kenapa juga harus repot-repot datang jika OJK sendiri sudah menyediakan cara mudahnya. Dan di era teknologi sekarang ini, sudah seharusnya hal administratif semacam ini bisa dilakukan via online. Berikut step by step tutorial cara cek SLIK OJK secara online.

Cara cek SLIK OJK online :

  1. Registrasi

    Lakukan pendaftaran disini : https://konsumen.ojk.go.id/minisitedplk/registrasi

  2. Tentukan tanggal

    Pilih jenis pemohon Perseorangan atau Badan Usaha dan tentukan tanggal yang dikehendaki. Pada kolom Kantor OJK pilih “Kantor Pusat OJK (Jakarta)”.pilih tanggal cek slik ojk online

  3. Cek ketersediaan antrian

    Pada kolom “Pilih Antrian” cek ketersediaan kuota. Jika tanggal yang kamu pilih kuotanya habis, maka kamu harus mencari di tanggal lainnya yang tersedia. Jika sudah ketemu klik, “Lanjut”.kuota antrian cek slik ojk online

  4. Lengkapi profil diri

    Isi semua form yang ada dengan benar dan lengkap. Kamu juga akan diminta untuk mengupload KTP. Jika semua sudah sesuai, lanjut dengan mengklik tombol “Kirim”.mengisi profil debitur di slik

  5. Registrasi berhasil

    Jika pendaftaranmu berhasil, kamu akan mendapatkan nomor antrian SLIK. Kamu juga akan mendapatkan bukti registrasi antrian SLIK online yang dikirimkan melalui email.registrasi cek slik ojk online berhasil

  6. Tunggu proses validasi

    Akan dilakukan validasi dokumen pendaftaran. Kamu akan menerima hasilnya paling lambat H-2 dari tanggal antrian.

  7. Cek email validasi

    H-2 dari tanggal antrian kamu akan mandapatkan email hasil validasi. Kamu akan mendapatkan Formulir Permohonan yang sudah tercetak dan harus kamu beri ceklis pada bagian kepentingan pengambilan ideb, diisi nama Ibu Kandung, dan ditandatangani asli dengan pena.

  8. Kirim data ke nomor WhatsApp

    Kirimkan Formulir Permohonan yang sudah kamu isi dan tandatangani tadi dan foto diri yang memegang KTP ke nomor WhatsApp yang disediakan.

  9. Verifikasi berhasil

    Jika proses verifikasi berhasil kamu akan mendapatkan balasan WhatsApp berupa jadwal pengiriman iDeb.

  10. Hore! iDeb diterima

    Di tanggal yang kamu pilih pada saat pendaftaran, kamu akan menerima Soft Copy iDeb SLIK berformat PDF yang dikirimkan melalui email. Email akan dikirim direntang jam 09.00 – 21.00.

    Hore! kamu sudah mendapatkan iDeb-nya.ideb slik ojk dikirim via email

Tergantung ketersediaan kuota antrian, proses pengecekan SLIK OJK secara online membutuhkan waktu yang berbeda. Krediblog mengajukan sejak April 2021 dan mendapatkan tanggal antrian pada Juni 2021. Itu artinya Krediblog membutuhkan waktu hingga 2 bulan.

Antrian SLIK bisa sangat panjang dan lama dikarenakan ada banyak sekali debitur yang mengajukan permohonan. Jika kamu urung mengajukan karena antriannya lama dan menunggu yang cepat, kemungkinan kamu tidak akan mendapatkannya karena antrian justru akan terus bertambah. Ajukan saja antriannya berapapun lamanya. Seiring waktu akan tiba juga giliranmu.

Cara Cek SLIK OJK Offline

cek slik ojk secara offline

Jika ada alasan mengapa cek SLIK OJK secara offline lebih baik daripada jalur online adalah pada kecepatannya. Mengajukan secara offline kamu bisa mendapatkan iDeb-nya pada saat itu juga. Dengan catatan semua persyaratan yang diminta lengkap. Pengajuan iDeb melalui jalur offline sangat sesuai untuk kamu yang membutuhkan iDeb-nya segera atau sedang buru-buru.

Step by step cek SLIK OJK secara offline :

  1. Datang ke Kantor Pusat / Kantor Regional / Kantor OJK Setempat.
  2. Menunjukkan dokumen pendukung.
  3. Tim OJK akan melakukan pemeriksaan kebenaran dan kelengkapan dokumen yang disertakan.
  4. Jika sesuai, OJK akan memberikan hasin pencetakan iDeb.

Adapun dokumen pendukung yang harus disertakan diantaranya :

Debitur Perseorangan
Fotokopi identitas diri dengan menunjukkan identitas diri asli berupa:

  • KTP untuk WNI
  • Paspor untuk WNA

Jika pengajuan dikuasakan, ditambahkan surat kuasa asli dan dokumen identitas penerima kuasa.

Debitur yang telah meninggal dunia
Fotokopi identitas diri dengan menunjukkan identitas diri asli berupa:

  • KTP untuk keluarga atau ahli waris WNI
  • Paspor untuk keluarga atau ahli waris WNA
  • Surat Keterangan Kematian

Debitur badan usaha
Fotokopi identitas badan usaha yang telah dilegalisasi dan identitas pengurus dengan menunjukkan identitas diri asli badan usaha berupa:

  • KTP untu Diektur WNI atau Paspor jika Direkturnya WNA.
  • NPWP badan usaha
  • Akta pendirian
  • Anggaran terakhir badan usaha yang memuat susuan dan kewenangan pengurus

Untuk tata cara dan persyaratan yang lebih lengkap, kamu bisa melihat pamlet dari OJK yang bisa kamu download. Pengajuan di kantor pusat OJK bisa didownload disini. Dan pengajuan di kantor regional download disini.

Catatan

Selain meminta iDeb kepada OJK selaku pengelola SLIK, debitur juga bisa mengajukan permintaan iDeb kepada Pelapor SLIK yang memberikan fasilitas pinjaman atau kredit. Untuk yang satu ini Krediblog belum pernah melakukannya dan baru tahu kalau itu bisa dilakukan.

Tidak ada batasan jumlah iDeb yang diminta. Kamu boleh mengajukan sebulan sekali misalnya. Namun karena untuk sekarang ini prosesnya cenderung lama, setahun sekali sudah lebih dari cukup.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram