SLIK OJK

Sesusah itukah sehingga harus ada panduan cara baca iDeb? tidak juga. Membaca laporan dengan ratusan kolom dan baris kemungkinan akan membuatmu bingung, panduan bisa mempermudah proses penggalian informasi.

Cara Baca iDeb

Apa Itu iDeb

ideb adalah dan cara baca ideb

iDeb adalah kepanjangan dari informasi debitur. Yaitu catatan pinjaman atau kredit debitur di suata lembaga keuangan. Melalui iDeb ini kita bisa mengetahui pada lembaga apa saja seorang debitur melakukan pinjaman dan bagaimana status pembayarannya. Data di iDeb merupakan hasil laporan dari lembaga keuangan pemberi fasilitas. Jadi jika kamu meminjam pinjaman tunai di bank, maka pihak bank akan melaporkan terjadinya transaksi tersebut. 2 bulan berselang kamu kembali meminjam di Peer to Peer Lending yang transaksinya juga dilaporkan. Demikian proses seperti itu secara berulang dan terus menerus. Kumpulan laporan dari setiap lembaga keuangan tersebutlah yang membentuk data pada iDeb.

iDeb Viewer

Pada awal-awal pengoperasiannya, dibutuhkan software khusus untuk membuka dan membaca iDeb. Ia adalah software pembaca iDeb atau yang disebut iDeb Viewer. Laporan iDeb yang kamu minta bisa kamu download dan lihat melalui iDeb Viewer. Nantinya setelah berhasil dibuka di antarmuka software, iDeb bisa kamu export ke PDF.

Namun metode seperti itu sudah tidak digunakan lagi. Sekarang setiap kamu meminta iDeb secara online, kamu akan langsung menerima filenya dalam format PDF. File tersebut dikunci dengan kata sandi yang bisa kamu temukan di email.

Tutorial Cara Baca iDeb

Untuk bisa membaca iDeb, ada beberapa bagian yang harus kamu tahu posisinya dan istilah yang harus dipahami artinya. Berikut diantaranya diurutkan dari yang paling atas. Silahkan merujuk ke gambar untuk melihat posisinya berada. Gambar bisa kamu lihat atau download di link ini.

  • Informasi Pencarian.
    Area ini menunjukkan kata kunci yang digunakan untuk mencari datamu.
  • Data Pokok Debitur
    Berisi data pokok debitur yang disampaikan oleh kreditur atau pelapor kepada OJK. Jumlahnya akan sebanyak jumlah lembaga yang kamu gunakan untuk meminjam/kredit.
  • Pemilik/Pengurus
    Jika debitur adalah sebuah badan usaha, area ini akan berisi data pokok pemilik atau pengurus badan usaha tersebut.
  • Ringkasan Fasilitas
    Menjelaskan fasilitas yang didapatkan oleh debitur dari seluruh kreditur. Didalamnya berisi Plafon, Baki Debet, Kreditur dan Kualitas Terburuk yang pernah didapatkan.
  • Kredit/Pembiayaan
    Menjelaskan rincian fasilitas yang diberikan oleh masing-masing kreditur. Pada area ini kamu bisa melihat kualitas pembayaran dan jumlah hari tunggakan jika ada.
  • Agunan
    Menjelaskan rincian agunan yang dijaminkan debitur kepada kreditur.
  • Penjamin
    Berisi rincian penjamin fasilitas penyediaan data yang diperoleh debitur.

Membaca Sample iDeb

Berikut satu halaman iDeb milik Krediblog yang akan kita coba untuk baca. Setelah dicari-cari di histori transaksi, ternyata ini adalah pembelian Freezer merk Aqua. Pembelian di Bukalapak dengan pembayaran menggunakan Akulaku dicicil selama 12 bulan. Harga aslinya Rp 2.784.000 namun pada iDeb tertulis Plafon Rp 3.456.000 karena sudah dijumlahkan dengan bunga dan biaya lain-lain. DI bawah ini detailnya dengan beberapa informasi pribadi disamarkan. Perhatikan gambar!

tutorial cara baca ideb
  1. Transaksi diatas dilaporkan oleh PT. AKulaku Finance Indonesia pada tanggal 12 September 2019.
  2. Status pembayarannya lancar dan tidak pernah menunggak satu haripun.
  3. Detail fasilitas atau kredit bisa kamu lihat pada kolom dibagian tengah. Jenis kredit, tanggal akad awal dan akhir, suku bunga, besar pinjaman dan status pembayaran terakhir.
  4. Karena pinjaman/kredit dari Akulaku maka tidak ada Agunan dan jaminan.

Catatan

Satu hal yang harus kamu perhatikan saat sudah menerima iDeb adalah memastikan bahwa data yang tertera sesuai dengan kondisi sebenarnya. Jangan sampai namamu tercatat untuk transaksi yang tidak pernah kamu lakukan, atau sudah lunas pembayarannya namun malah tercatat macet. Jika terjadi ketidaksesuai data semacam itu, yang harus kamu hubungi pertama kali adalah pihak OJK. Nantinya OJK akan menjembatani dan mengkoordinasikan dengan pelaku jasa keuangan terkait.

Saat kamu berhasil mendapatkan iDeb, ia menjadi milikmu selamanya. Artinya jika kamu belum bisa membacanya di hari pertama, kamu masih memiliki banyak waktu untuk mempelajarinya.

Cek Online Kembali
kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram