Shopee Pinjaman Belum Lunas Pinjam Lagi. Bisa atau Tidak?

Shopee Pinjaman belum lunas apakah bisa pinjam lagi? Jawaban cepatnya adalah, “Bisa”. Jika kamu hanya ingin tahu bisa atau tidaknya sekarang sudah terjawab. Kita main sat-set saja. Kamu bisa pergi dan tidak perlu melanjutkan membaca karena tulisan di bagian bawah sama saja hanya versi lebih detail. Namun jika ingin tahu latar belakang mengapa Shopee melakukannya, lanjutlah membaca.

Ulasan tentang SPinjam yang lebih lengkap sudah pernah Krediblog bahas di review Shopee Pinjam. Tulisan ini hanya akan fokus ke fitur multi pinjaman yang dimiliki oleh Shopee Pinjam.

Aturan baku pada pinjaman online

aturan baku pada pinjaman online

Tidak semua layanan pinjaman uang tunai baik offline maupun online mengizinkan pinjaman lebih dari satu kali disaat bersamaan. Umumnya mereka akan membatasi pengajuan hanya satu kali. Pengguna bisa mengajukan pinjaman baru saat tagihan pinjaman sebelumnya sudah lunas dibayarkan.

Ini sudah menjadi aturan baku yang berlaku di beberapa platform. Selain untuk menghindari resiko gagal bayar juga lebih aman karena pinjaman pertama akan lebih cepat lunas jika pengguna ingin mengajukan pinjaman baru.

Limit Shopee Pinjaman bersifat revolver

Layanan pinjaman di Shopee tidak seperti itu. Ini dimungkinkan karena Shopee Pinjam menerapkan limit saldo revolver. Yaitu saldo akan terisi ulang kembali saat pengguna melakukan pembayaran sejumlah nominal yang dibayarkan.

Misal saldo awalmu adalah Rp 5.000.000. Jika pada pengajuan pertama kamu meminjam Rp 3.000.000 maka sisa saldo menjadi Rp 2.000.000. Kamu membayar cicilan pertama sejumlah Rp 500.000, nominal ini akan kembali dan ditambahkan ke limit saldo sisa sebelumnya. Sehingga limit sekarang menjadi Rp 2.500.000. Begitu seterusnya sampai semua cicilan lunas dibayarkan.

Baca juga : Melunasi Shopee Pinjam tanpa bunga

Shopee Pinjaman belum lunas pinjam lagi? Bisa!

shopee pinjaman belum lunas bisa pinjam lagi

Dengan sistem limit yang seperti itu maka Shopee Pinjaman yang belum lunas bisa pinjam lagi. Jika setelah cicilan ke 3 dari 6 misalnya, kamu ingin mengajukan pinjaman baru itu bisa dilakukan karena Shopee memperbolehkannya. Shopee mengizinkan pengguna untuk mengajukan pinjaman lebih dari satu kali di saat bersamaan.

Namun ada syarat khusus untuk bisa melakukannya. Pengguna bisa mengajukan lebih dari satu pinjaman selama :

  1. Masih memiliki limit dan kuota pinjaman.
    Kamu bisa mengajukan pinjaman baru dengan syarat masih ada sisa limit saldo yang tersedia. Ini syarat logis karena tentu saja kita tidak bisa menarik dana jika tidak ada saldonya. Sedang kuota pinjaman adalah batas penarikan pinjaman yang dapat dilakukan secara bersamaan.
  2. Tidak melakukan keterlambatan pembayaran pada akun SPinjam atau SPayLater.
    Fitur multi pinjaman ini hanya diperuntukkan untuk pengguna dengan histori kredit yang baik. Mereka yang sering telat melakukan pembayaran baik di SPinjam maupun SPaylater tidak dapat menikmati fitur ini.

Ingat! Pembayaran tagihan menjadi dobel

shopee pinjaman belum lunas pinjam lagi tagihan jadi dobel

Shopee Pinjaman yang belum lunas tetapi bisa pinjam lagi kabar baik atau buruk? Mengapa baik jika fitur ini berpotensi membuat pengguna jadi “hobi meminjam”? Mengapa juga buruk jika fitur ini efektif untuk memaksimalkan kemampuan limit saldo yang dimiliki?

Baik buruknya masih relatif. Ia akan tergantung bagaimana pengguna menyikapinya. Yang pasti adalah bahwa jika melakukan pinjaman lebih dari satu kali maka tagihan yang harus dibayarkan menjadi dobel. Tagihanmu akan terakumulasi dari pinjaman pertama dan kedua. Dan keduanya harus dibayarkan secara bersamaan pada tanggal jatuh tempo (baca: Menghitung tanggal jatuh tempo Shopee Pinjam).

Baca juga : Resiko pinjam uang di Shopee

Catatan Shopee Pinjaman belum lunas pinjam lagi

catatan shopee pinjaman belum lunas pinjam lagi

Kembali menjawab pertanyaan di awal tulisan, Shopee Pinjaman yang belum lunas apakah bisa pinjam lagi? Jawabannya “Ya”, kita bisa mengajukan pinjaman meski pinjaman sebelumnya belum lunas atau masih dalam proses cicilan. Fitur ini disediakan Shopee untuk pengguna yang masih memiliki limit saldo di akunnya dengan track record pembayaran tagihan yang baik.

Proses pengajuan pinjaman kedua atau ketiga sama dengan biasanya. Tentukan nominal, pilih tenor dan ajukan. Proses pencairan dana juga akan sama cepatnya karena sistem tidak membedakan pengajuan baru atau lama. Jika pengajuanmu di acc, maka dana akan langsung cair tanpa menunggu lama.

Yang perlu diperhatikan adalah potensi tagihan membengkak saat kita mengajukan pinjaman lebih dari satu kali. Tagihan pertama saja belum lunas malah ditambah yang baru. Untuk urusan ini kamu harus memiliki kalkulasi presisi menyesuaikan kemampuan finansial yang dimiliki. Fitur multi pinjaman ini akan membantu atau malah menambah beban hutang, akan tergantung caramu memperlakukannya.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram