Melunasi Shopee Pinjam Tanpa Bunga. Bisakah Dilakukan?

Pengguna yang pembayarannya bermasalah di Shopee Pinjam biasanya disebabkan karena 2 hal. Yang pertama adalah karena beban bunga dan yang kedua karena denda keterlambatan yang sudah kadung menunggak. Jika pengguna mau berdamai dengan membayar denda berapapun itu, bisakah melunasi Shopee Pinjam tanpa bunga?

Jika dilihat besarannya, Shopee Pinjaman termasuk layanan pinjaman online dengan bunga yang lebih kecil dibanding penyedia lain. Mereka mengenakan bunga mulai 1,95% per bulan. Meski pada prakteknya bunga murah ini hanya dikenakan untuk pengguna lama (pengguna baru dikenakan bunga hingga 5% per bulan), namun secara sistem bunga kecil itu ada di SPinjam.

3 Alasan Melunasi Shopee Pinjam Tanpa Bunga Itu Sulit

Bisakah melunasi Shopee Pinjam tanpa bunga? Jawaban cepatnya adalah, “Tidak”. Shopee Pinjam tidak bisa dilunasi tanpa bunga karena sedari awal layanan ini mensyaratkan pengembalian berikut bunganya. Berikut beberapa alasan yang membuat pelunasan tanpa bunga sulit dilakukan :

1. Terikat surat perjanjian pinjaman

melunasi shopee pinjam tanpa bunga sesuai perjanjian

Semua transaksi pinjaman yang terjadi di Shopee Pinjam tercatat dan terikat oleh Surat Perjanjian Pinjaman. Surat perjanjian menjelaskan hubungan antara peminjam dan pemberi pinjaman serta segala perkara diantaranya. Termuat disana nama peminjam, alamat, besar pinjaman, nominal cicilan, tanggal jatuh tempo, denda keterlambatan hingga penyelesaian jika terjadi sengketa.

Karena ditandatangani oleh kedua belah pihak maka surat perjanjian ini sah dan memiliki kekuatan hukum. Semua kesepakatan yang tertulis harus dijalankan baik oleh peminjam maupun pemberi pinjaman. Termasuk kesepakatan mengenai bunga pinjaman. Peminjam sudah sepakat dan setuju untuk mengembalikan pinjaman berikut dengan bunganya. Melakukan sebaliknya akan dianggap melanggar perjanjian yang sudah dibuat.

Baca juga : Resiko pinjam uang di Shopee

2. Shopee butuh profit

melunasi shopee pinjam tanpa bunga karena butuh profit

Shopee adalah perusahaan profit dengan tujuan utama mencari keuntungan (laba). Semua produk dan layanan yang mereka sediakan memiliki tujuan akhir yang sama : menghasilkan profit. Tidak terkecuali Shopee Pinjam. Pada layanan ini Shopee mengharapkan profit dari bunga pinjaman. Dimana dari setiap transaksi yang terjadi Shopee akan mendapatkan untung dari bunga.

Mengizinkan pengguna melunasi Shopee Pinjam tanpa bunga jelas berlawanan dengan prinsip perusahaan. Maka itu tidak boleh terjadi dan tidak diizinkan untuk dilakukan. Selama Shopee masih ingin terus menghasilkan profit dari layanannya, maka pengguna SPinjam harus tetap membayar bunga mereka.

3. Tersedia opsi restrukturisasi

melunasi shopee pinjam tanpa bunga dengan restrukturisasi

Bagaimana jika pengguna beneran tidak bisa membayar? Jika tidak diperbolehkan membayar tanpa bunga, bisa-bisa mereka tidak akan membayar sama sekali. Bukankah itu menjadi kerugian bagi Shopee?

Menyiasati kondisi tersebut Shopee menyediakan restrukturisasi pinjaman bagi pengguna yang membutuhkan. Shopee memberikan keringanan dalam bentuk tenor yang lebih lama atau nominal cicilan yang menjadi lebih kecil. Silahkan membayar lebih lama asal tetap dengan bunga, begitu kira-kira konsepnya. Restrukturisasi pinjaman ini bisa pengguna ajukan dengan cara menghubungi CS Shopee baik melalui Live Chat di aplikasi maupun telpon langsung.

Baca juga : Shopee Pinjaman belum lunas pinjam lagi

Catatan melunasi Shopee Pinjam tanpa bunga

catatan krediblog

Melunasi Shopee Pinjam tanpa bunga meski mustahil secara prosedural tetapi masih mungkin terjadi. Ia bisa terwujud jika ada kesepakatan khusus antara pengguna dengan Shopee. Shopee bisa saja berbaik hati dengan menghilangkan bunga pinjaman dan denda keterlambatan. Namun karena sifatnya yang khusus pengguna akan butuh 2 hal, yaitu kebaikan (Shopee) dan keberuntungan.

Konsultasikan masalahmu dengan Shopee selaku pemberi pinjaman. Bicarakan opsi pembayaran alternatif yang memberikan keringanan kepada pengguna namun tidak merugikan Shopee. Mediasi semacam ini tidak selalu berhasil tetapi layak dicoba sebagai upaya mencari keringanan. Apapun akhir yang didapat berkomitmenlah dengan itu. Kamu tetap harus membayar pinjaman dengan atau tanpa keringanan.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram