Kenalan Sama Rojak OJK, Robot Penjawab Kontak OJK

Rojak OJK – Pada Januari 2021 lalu, OJK mencatat sebanyak 2.274 pengaduan terkait pinjol ilegal. Bukannya menurun, bulan berikutnya yaitu Februari pengaduan bertambah menjadi sebanyak 3.673. Dan seperti tidak mau berhenti jumlah pengaduan justru melonjak drastis pada Maret menjadi 5.421. Tren yang terus meningkat tersebut menunjukkan semakin banyak pengguna yang menggunakan jasa pinjol ilegal dan bahwa upaya pemerintah untuk mengedukasi masyarakat sekaligus memberantas pinjol ilegal belum efektif.

Untungnya pihak OJK secara umum tidak mudah menyerah. Meski semua upaya yang dilakukan belum menunjukkan progres positif, mereka tidak berhenti berinovasi. Setelah menyediakan berbagai sarana penunjang untuk pengaduan melalui telpon, email hingga portal pengaduan, kini OJK mempermudah alur pertanyaan pengguna dengan menyediakan robot penjawab.

Siapa Rojak OJK?

Rojak OJK adalah robot penjawab kontak OJK. Bukan robot dalam artian sebenarnya melainkan Bot penjawab Chat berdasarkan keyword yang ditanyakan. Melalui Rojak OJK, kamu bisa bertanya apa saja seputar industri keuangan secara umum dan pinjaman online khususnya.

Jika kamu berfikir, “Ah, hanya Bot Chat otomatis, apa hebatnya?”. Coba dulu baru komentar, karena sejauh yang Krediblog coba Si Rojak ini boleh juga. Berikut beberapa kelebihan Rojak OJK yang Krediblog catat :

  1. Respon cepat. Ia akan membalas dalam 2 detik setelah kamu mengirim pertanyaan.
  2. Database lengkap. Terkait Fintech (karena baru itu yang Krediblog coba), semua yang ingin kamu tanyakan mereka memiliki datanya. Dari mulai statusnya di OJK, perusahaan dibelakangnya hingga info terkini tentang platform tersebut.
  3. Data Update. Rojak menyediakan data yang sangat update. Krediblog pernah bertanya tentang Kontak Koin pada 1 September 2021, Rojak menjawab bahwa fintech tersebut sudah dicabut tanda terdaftarnya alias tidak lagi terdaftar. Dan ternyata benar, saat mengecek di dokumen publikasi OJK Kotak Koin sudah tidak lagi terdaftar OJK per 31 Agustus 2021.

Nomor WA Rojak OJK Online

Rojak OJK bisa kamu akses melalui WhatsApp di nomor 081 157 157 157. Silahkan Save nomor tersebut dan kirim pertanyaan seputar Fintech atau industri keuangan lainnya, Rojak akan langsung menjawab pertanyaanmu sesuai keyword yang ditanyakan.

Nomor WA Rojak OJK :

081 157 157 157

Karena berbasis Bot WhatsApp, maka untuk bisa menggunakannya kamu harus memiliki WhatsApp. Hampir semua orang memiliki WA sekarang ini dan karena alasan itulah aplikasi chat WhatsApp yang dipilih.

Cara Menggunakan Rojak OJK

Ada 2 fitur utama Rojak OJK, yaitu Chat dan Hubungi petugas. Pada Chat kamu tinggal mengetikkan pertanyaan dan Rojak akan membalasnya. Namun jika jawaban Rojak tidak memuaskanmu atau kamu butuh tipe konsultasi lainnya, kamu bisa lanjut dengan Hubungi petugas untuk menanyakannya lebih detail.

Chat Rojak

Jika kamu ingin mengetahui apakah pinjol tertentu legal atau ilegal, Rojak OJK bisa sangat membantu. Yang kamu lakukan hanya mengetikkan nama pinjolnya dan akan mendapatkan balasan tetang statusnya.

Cara mencari informasi dari rojak :

  1. Ketikkan kata kunci. Bisa berupa nama platform atau nama perusahaanya.
  2. Kirim pesan.
  3. Tunggu balasan.
  4. Jika tidak mendapatkan balasan coba ubah penulisannya, atau gunakan kata kunci lainnya.
  5. Coba berulang kali sampai kamu paham alurnya.
chat rojak ojk

Hubungi Petugas

Tidak semua pertanyaan dimengerti Rojak, untuk pertanyaan yang terlalu luas, yang belum tersedia datanya di database atau yang sifatnya konsultasi, Rojak OJK tidak akan bisa menjawabnya. Pada jenis pertanyaan seperti itu kamu akan diarahkan untuk menghubungi petugas agar bisa lebih detail dijawab.

Kamu bisa langsung terhubung dengan petugas OJK dengan mengetikkan #hubungipetugas. Dari situ sesi konsultasi privat langsung dengan petugas OJK bisa dimulai. Layanan konsultasi dengan petugas langsung ini dibuka setiap hari dan jam kerja, Senin – Jum’at pukul 07.40 s/d 15.45 WIB.

Kamu bisa menghubungi petugas untuk kebutuhan berikut :

  • Penggunaan Aplikasi Portal Perlindungan Konsumen (APPK)
  • Permohonan informasi debitur melalui SLIK Online
  • Pengeceka legalitas perusahaan
  • Perilaku Debt Collector
  • Pengajuan keringanan pembayaran (restrukturisasi)
  • Keberatan atas tagihan/biaya/denda
  • Kesulitan klaim/pencairan polis asuransi
  • Pengurusan izin melalui aplikasi SPRINT
  • Penipuan
  • Lain-lain
hubungi petugas rojak ojk

Catatan Rojak

Rojak OJK adalah inovasi kesekian kalinya dari OJK dalam memberikan kemudahan kepada masyarakat yang ingin mengajukan pertanyaan seputar industri keuangan. Topik-topik yang dapat dijawab antara lain gambaran umum tentang OJK, SLIK, legalitas pelaku usaha, fintech lending, proses pengaduan, istilah-istilah seputar jasa keuangan dan hal lainnya tentang jasa keuangan.

Hal paling Urgent yang bisa diselesaikan adalah pengguna bisa mengetahui langsung mana pinjol ilegal dan mana yang legal, sehingga bisa dengan cepat dihindari. Rojak OJK ini hanya alat yang disediakan, pada akhirnya pengguna yang menentukan apakah alat ini akan menjadi Tool yang efektif atau tidak. Jika untuk mencari tahu legalitas suatu pinjol saja kamu malas, maka jangan salahkan OJK jika hidupmu menjadi berantakan setelah berurusan dengan pinjol yang salah.

guest
4 Komentar
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Misa

Apakah kotak koin pinjol legal atau ilegal

Agus

Hallo bang ..apakah Rupiah cepat dan Uku SDH ijin atau terdaftar OJK?
Trm ksh saat sdh menjawab..