Apakah Tunaiku di Survey? Ini Fakta Sebenarnya

Apakah Tunaiku di survey – Tidak seperti pinjaman online lainnya, pada Tunaiku cukup banyak pengguna yang menanyakan apakah ada survey dalam proses pengajuannya. Loh, pinjol ko di suvey? Bukannya pinjaman online itu prosesnya 100% online melalui aplikasi?

Pertanyaan tersebut muncul mengingat status Tunaiku. Seperti pernah dibahas pada review Tunaiku, ia bukan Fintech Lending layaknya pinjol populer seperti Kredit Pintar, JULO atau UangMe. Tunaiku adalah KTA milik Bank Amar layaknya KTA Danamon, KTA Bank Mandiri, KTA BCA dan KTA BNI. Dimana pada KTA bank umum tersebut mengharuskan survey lokasi untuk kebutuhan Know Your Customer (EKYC). Maka pertanyaan apakah Tunaiku juga di survey dalam proses pengajuannya menjadi bisa dimengerti.

Tunaiku Apakah di Survey?

Tidak, Tunaiku tidak melakukan survey. Semua prosesnya dilakukan 99% online dan 1% sisanya yaitu penandatanganan kontrak dilakukan ditempat yang kamu tentukan. Penandatanganan perjanjian kontrak harus dilakukan secara fisik karena ia menjadi rekapan dari semua formulir online yang kamu lengkapi pada tahap sebelumnya.

Tunaiku tidak membutuhkan survey karena proses analisis data dilakukan secara langsung dan online sesaat setelah mereka menerima data calon pengguna. Mereka memiliki sistem validasi data yang ampuh yang bisa mengetahui data valid atau tidak tanpa perlu melakukan kunjungan lebih lanjut ke lokasi. Meski pada akhirnya proses seleksi data bisa sangat ketat, nyatanya sistem tersebut terbilang bekerja dengan baik karena sudah mapan sejak 2014 lalu.

Jika kamu mengunjungi blog ini hanya untuk mengetahui apakah Tunaiku melakukan survey atau tidak, kamu sudah tahu jawabannya. Kamu boleh pergi sekarang. Tapi jika kamu penasaran bagaimana dan apa saja dokumen yang harus ditandatangani, lanjut pembahasan dibawah.

Tanda Tangan Kontrak Tunaiku

Setelah selesai melengkapi pengajuan pada Kamis sore, Jum'at esoknya dijadwalkan akan ada tim dari Tunaiku yang mengantarkan dokumen perjanjian kontrak untuk ditandatangani. Setelah menunggu setengah harian, Sang Kurir akhirnya datang sekitar pukul 15.30. Katanya ada banyak lokasi yang harus dikunjungi jadi harus menunggu antrian kunjungan.

apakah tunaiku di survey tanda tangan kontrak

Kurir Tunaiku ini To The Point dalam pekerjaannya. Tidak ada basa-basi seperti umumnya tamu dan tidak keberatan menyelesaikan prosesnya meski di luar pintu (di area parkir). Setelah yakin sudah bertemu dengan pihak yang dicari, langsung dikeluarkan semua berkasnya untuk ditandatangani.

Dokumen yang harus ditandatangani diantaranya:

  1. Form pengajuan. Form ini adalah dokumen pengajuan pinjaman yang kamu lengkapi melalui aplikasi/website. Oleh Tunaiku di print kembali dan kamu tinggal menandatanganinya.
  2. Form Specimen. Yaitu form yang harus kamu tandatangani jika tidak menghendaki pembayaran tagihan via autodebit BCA.
  3. Surat Perjanjian Kontrak. Pada surat ini terdapat 3 lampiran diantaranya:
    1. Syarat dan Ketentuan Umum Perjanjian Tanpa Agunan
    2. Skema Pembayaran Angsuran yang berlaku untuk Perjanjian Pinjaman Tanpa Agunan
    3. Syarat dan Ketentuan Khusus untuk Tunaiku Ekspress
  4. Form keterangan kunjungan. Form yang menjelaskan bahwa yang menandatangani adalah benar orang yang bersangkutan.

Untuk Surat Perjanjian Kontrak ditandatangani diatas materai dan dibuat 2 rangkap. Satu kamu simpan dan satu lagi untuk Tunaiku. Dari semua surat yang kamu tandatangani hanya Surat Perjanjian Kontrak yang kamu simpan, diberikan didalam amplop besar Tunaiku. Oh ya sebelum pulang kamu akan diajak foto selfie dengan Sang Kurir sebagai bukti kunjungan.

Catatan

Mengajukan KTA pada bank umumnya memang memerlukan survey. Hal tersebut penting untuk memeriksa latar belakang calon pengguna, melakukan penyelidikan tentang kondisi keuangan dan kepemilikan properti serta dalam rangka lebih mengenal konsumen. Jika kamu keberatan atau menghindari proses tersebut, carilah KTA bank yang tidak menggunakan survey seperti itu, Tunaiku satu diantaranya.

Jika kamu berniat meminjam di Tunaiku, silahkan gunakan referensi milik Krediblog. Kamu berkesempatan untuk mendapatkan pinjaman hingga 20 juta dan tenor hingga 20 bulan. Selengkapnya baca di: kode referral Tunaiku.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
69 Komentar
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Dede

Mau tanya ka kalo saya punya tagihan akulaku dana cicil yg 22hari jatuh tempo masih lama .. tapi kalo saya pas jatuh tempo blm bisa bayar full gmna ka .. conto pengen bayar 100rb dlu ap denda maju terus apa tidak trima kasih mohon penerangan nya ..

Nisa

Aku mw tanya ka , aku kan baru mengajukan pinjaman tunaiku apakah aman dan bisa di percaya mohon penjelasan nya

Triwanti

Mau tanya kalau untuk tanda tangan kontrak ga harus di rumah kan ?misal kita lagi ada di luar apa bisa janjian di luar ?

Triwanti

Kalau pas nanti tanda tangan dokumen nya hanya ktp sama kk saja bagaimana

Lily

Cara untuk nego supaya tidak bertemu di rumah bagaimana ya kak? Saya sudah coba nego dengan kurir katanya bisa hanya dirumah maupun dikantor.

Vio

kak saya mau membatalkan pinjaman apakah bisa sebelum ttd kontrak saya mengajukan pembatalan?

Vio

saya sudah hubungi lewat email blm ada balasan

Vio

Alhamdulillah kak saya pembatalan via call center lngsung di batalkan saat itu jugaa terimakasih infonyaa🙏🏻🙏🏻

Akeew

Kak saya Bru di terima kerja, dan butuh uang utk 1 bln ke depan kira” 4jutaan. Jika saya mengajukan pinjol di tunaiku. S & K apa saja agar bisa di ACC? ( Tentunya sdh memasukan kode ref KK )

Andini

Kak, mau tanya. Apa bisa tanda tangan kontrak tunaiku secara digital? Tanpa kurir. Soalnya pernah baca d artikel lain, ada tanda tangan kontrak secara digital

Tio

1. Kak apakah tunaiku akan menelpon tempat kerja atau mengsurvei tempat kerja kita?

Akeew

Kak saya punya tunggakan di Kredit Pintar, Krn gaji saya di kantor ada trouble. Jika saya mengajukan pinjaman di tunaiku, apakah akan menjadi pertimbangan di ACC atau autol?

Mytha

Hai kak, mau tnya dong aq kmrn kamis mlm ud proses tanda tangan, mlm hari di aplikasi sttus ud berubah jd proses pencairan dana. Tapi jumat pagi knp berubah lg jadi pengesahan kontrak ya dan ada pilihan penjadwalan ulang. Tp blm saya klik lg

Ade

saya juga mengalami hal yang sama, tanda tangan kontrak sudah, malam hari sudah berubah menjadi proses pencairan dana, pagi ini sy cek berubah menjadi pengesahan kontrak, selanjutnya sy tdk bs cek lewat aplikasi karena tidak bs kirimkan OTP (sebelumnya 2x salah input nomer), apakah ada kemungkinan kredit ditolak?

Ade

Maksud pertanyaan sy, apakah kontrak perjanjian pinjaman yang sudah di tanda tangani tiba tiba bisa menjadi batal atau tidak disetujui? adakah kemungkinan tsb? karena sy tidak pernah melakukan hal seperti ini sebelumnya .

Zzzz

saya sudah ttd diatas materai siang hari, dan sudah diberikan file oleh kurir dimana tertera jelas rincian cicilan yang harus dibayarkan. namun saat malam saya buka di aplikasi berubah menjadi penjadwalan ulang tersedia. apakah pinjaman tersebut ditolak?

Sumarni

Halo kak saya mau tanya, klo udh ada jadwal dteng kurir udh pasti hari itu apa bisa ketunda dan satu lagi klo udah tanda tangan kontrak brapa lama pencairan nya?

Rosmalia

Apa saja yg d tanyakn k kami stlh penanda tanganan

Fina

Ia keluhhan sebagai calon nasabah Tunaiku adalah sebuah kehawatiran yg wajar di karenakan… Lamanya pencairan dana yg sudah menandatangani kontrak pertemuan yg sudah di sepakati di luar from apk Tunaiku ke khawatiran nya bagaimana ya pastinya dengan adanya data penagihan sudah tersedia di apk tgl pembayaran nya sedang kan uang saja blm di cairkan bagaimana itu cerita nya aneh kan…

Sukarto

Bang apakah sebelum mengunjungi ketampat lokasi apa diberi kabar terlebih dahulu dari pihak tunaiku

Endah

Ka saya mau tanya . Pas pihak tunaiku datang ke rumah atau kantor minta npwp gak ? Soalnya di aplikasi di suruh di siapkan

Christina

Sampai sekrang kurir tunaiku belum mengubungi juga padhaal sudah tiap hari telpon cs dan selaly dijadwalkan ulang.. Apakahitu wajar? Approve dari tangval 10 januari 2022

dn1212

Halo saya mau bertanya, apa cara pengajuan hanya melalui aplikasi atau ada cara lain seperti web? karena saya liat proses pengajuan lewat web dan aplikasi banyak perbedaannya. di web untuk bagian pengusaha ada pilihan offline atau online, sedangkan di aplikasi tidak ada. di web juga di proses akhir ada verifikasi klik bca dengan memasukkan user id dan pin klik bca, tapi di aplikasi tidak ada.

Diar

Mau bertanya sya sudah kelakukan tanda tangan kontrak tadi siang. Kok malam hari ini aplikasi kembali penjadwalannulang tanda tangan kontrak ya kak? Lalu bagaimna dgnnkontraknyg sudah saya tanda tangani?

Kikuy

Mau tanya dong , saya kan kerjanya diluarkota , apa bisa pengajuan ? utk penanda tangan kontrak apa yg di alamat ktp ?

Raini Ramadhian Pohan

Bg mw tanya,,saya menunggak 1 bln ditunaiku tapi setiap hari ada 10 org yg wa saya,,dan mengancam2,,saya takut sendiri,,apakah akan DTG debt colector ke kantor saya

Ika

Saya mau pinjam tunaiku.tapi blm pinjam sih itu ada biaya admin gak.trus jadwal pembayaran tunaiku sesuai pada saat kita pinjam atau gmn?misal pinjam tgl 20 nt byr tgl brp?kalo pinjam 10jt pinjaman segitu di potong atau gak misal 10 jt jd 9jt?

kusnadi

bos kt lau nanya2 masalah pinjl tunaiku,jk orang yg prnh pinjm dibank lain,msh bs oinjm di tuniku bos

angle

kak mau tanyaa tunaiku caraa menghubungi janjian untuk ttd berkas melalui apaa? telfon atau ada wa?

Eko Misjar

Saya mau bertanya ,saya seorang kontraktor ada kurang dana sedikit apakah bisa

Bagus

Ka mau tanya..angsuran tunaiku hari ini sudah lunas dan lancar semua..jika mau top up LG apakah langsung di acc?..secara saya ada tagihan d sopi at kredivo yg belum di bayar?..apakah berpengaruh?

Bagus

Saya td mlm pinjam yg kedua,paginya di aplikasi pinjaman di tolak..ditlp saja belum..lucu tunaiku padahal angsuran lancar

Dheniz

malam kak….apakah bs kita rubah nominal pinjamannya yg awalnya 5 jt jadi 10 jt…

Siti makripah

Kak kemarin sy ngajuin pinjaman di tunai ku tapi disalah gunakan saldo masuk ke rekening orang lain trs apa sy hrs tetap bayar kak. Yang sy heran kenapa di data pribadi sya no rekening di rubah pdhal sy tdk merasa mengganti no rek mohon solusinya kak klo ky gini sy gk mau byr

Nur kholis

Kak cara tanda tangan lewat online gmn y kak ? Biar kagak tanda tangan d rumah