Gadai STNK Motor. Apakah Bisa dan Dimana Tempat Terdekat?

Pegadaian maupun perusahaan gadai swasta biasanya menerima gadai motor dalam bentuk kendaraannya langsung atau BPKB. Bagaimana dengan gadai STNK motor? Jika motor ingin tetap digunakan dan BPKB belum ditangan apakah bisa menggadaikan motor menggunakan STNK-nya saja? Toh STNK ini adalah bukti yang sah bahwa kendaraan ini adalah motor kita.

Biasanya pengguna yang kesulitan menghadirkan BPKB adalah mereka yang melakukan pembelian motor secara kredit. Mereka baru akan menerima BPKB setelah cicilan motor lunas. Namun bisa juga karena sebab lain seperti BPKB hilang, sudah digadai ditempat lain atau memang tidak mau menyertakannya.

Apakah STNK Bisa di Gadai untuk Mendapatkan Pinjaman?

apakah stnk bisa di gadai

Apakah STNK bisa di gadai? jawaban cepatnya adalah tidak. Objek gadai haruslah memiliki nilai ekonomi dan itu tidak dimiliki oleh STNK karena fungsinya adalah penjelas identitas kendaraan.

Alasan STNK tidak bisa menjadi objek gadai

Berikut 2 alasan utama mengapa gadai STNK motor sulit untuk dilakukan :

1. Bukan barang berharga

Yang dimaksud berharga disini adalah yang memiliki nilai jual. Ambil contoh emas, Handphone atau laptop. Barang-barang tersebut bisa dijual dan memiliki nilai ekonomi sesuai harga pasar. STNK dilain sisi bukanlah tipe barang seperti itu. Tujuan STNK adalah menjelaskan identitas sebuah kendaraan jadi meskipun keberadaannya penting namun tidak memiliki nilai jual.

STNK tidak bisa dijadikan objek gadai karena nilai kendaraan adalah pada unit kendaraannya yang dibuktikan dengan BPKB. Sedang peran STNK adalah penjelas identitas. Menyerahkan STNK saat melakukan gadai berarti menunjukkan identitas kendaraannya dan belum menyerahkan objek gadainya.

2. Dibutuhkan oleh kendaraan

Sebagai penjelas identitas kendaraan, STNK tidak bisa dipisah dari unit kendaraannya. Orang lain bisa percaya motor yang kita kendarai adalah benar milik kita saat bisa menunjukkan STNK-nya. Bahkan pada saat keluar parkir kita akan dicurigai jika mengendarai motor namun tidak bisa menunjukkan STNK-nya.

STNK pada motor ibarat KTP pada manusia. Manusia tanpa KTP tidak jelas identitasnya bahkan bisa menjadi warga ilegal. Ini menjelaskan mengapa kita kalau kemana-mana selalu membawa KTP. Pun begitu dengan motor. Motor yang tidak dilengkapi STNK sering disebut motor bodong. Akan auto ditilang jika bertemu Polantas dijalan. Karena pentingnya STNK bagi kendaraan maka keberadaannya mutlak adanya. Maka menggadaikan STNK adalah hal yang nyaris mustahil jika melihat fungsinya.

Gadai STNK motor di Pegadaian dan Perusahaan Lain

gadai stnk motor di pegadaian

Apakah bisa gadai STNK di Pegadaian? jawabannya adalah tidak. Konfirmasi tidak bisa gadai STNK motor datang dari CS Pegadaian langsung. Mereka memang memiliki layanan gadai kendaraan namun objek gadai yang diterima adalah unit kendaraannya langsung atau jika dalam bentuk dokumen yaitu BPKB.

STNK memang akan diminta pada saat gadai di Pegadaian namun itu dalam rangka verifikasi kendaraan. Setelahnya jika gadai menggunakan BPKB maka STNK akan dikembalikan karena dibutuhkan oleh kendaraan. Pegadaian lebih memilih BPKB karena itulah dokumen yang menunjukkan kepemilikan. Ia memiliki nilai jual karena menjadi bukti pembelian motor atau mobil.

Pembahasan gadai ini bisa dibaca lebih lanjut di : gadai BPKB motor di Pegadaian.

Gadai STNK motor di perusahaan gadai lain

Jika tidak bisa di Pegadaian bagaimana dengan perusahaan gadai lain? Bisakah gadai STNK motor di pegadaian swasta? Krediblog tidak bisa memastikan seluruhnya. Namun jika PT Pegadaian sebagai role model sekaligus pemain utama di bisnis gadai saja tidak menerimanya maka kemungkinan besar ditempat lain juga akan sama.

Ambil contoh di Pusat Gadai Indonesia sebagai pegadaian swasta yang paling populer, disana juga hanya menerima BPKB dan bukan STNK motor. Begitu juga di Raja Gadai sebagai saingan terdekat Pusat Gadai Indonesia. Disana jangankan gadai STNK motor, gadai BPKB juga tidak ada. Raja Gadai hanya menerima gadai dengan jaminan berupa barang-barang elektronik.

Dimana tempat yang bisa gadai STNK motor?

tempat gadai stnk motor terdekat

Lalu dimana tempat yang bisa menerima gadai dengan STNK? Jika yang dimaksud adalah perusahaan gadai resmi baik milik pemerintah maupun swasta, maka tidak ada. Namun gadai STNK masih mungkin diterima jika diajukan pada perusahaan gadai non resmi atau secara personal.

Misal seseorang yang kamu kenal ragu saat hendak memberikan pinjaman dan menjadi lebih yakin saat kamu menyerahkan STNK. Namun itu artinya kamu harus mencari solusi bagaimana berkendara tanpa membawa STNK asli.

Catatan

catatan oleh krediblog

Gadai STNK motor sulit dilakukan bukan karena STNK tidak diakui keberadaannya melainkan memang bukan untuk itu tujuan adanya. Untuk gadai kendaraan yang dibutuhkan adalah BPKB. Bahkan pada gadai dengan objek gadai unit kendarannya tetap mensyaratkan BPKB sebagai verifikasi datanya. Itu artinya tanpa BPKB transaksi gadai akan sangat sulit untuk dilakukan.

Jika hanya memiliki motor dan STNK dan disaat bersamaan sedang membutuhkan pinjaman dana, perusahaan gadai dengan keketatan syarat yang dimilikinya bukan pilihan yang tepat. Solusi lain yang bisa dipertimbangkan adalah menjual motor tersebut atau menjadikannya sebagai jaminan pada teman atau kenalan yang mau berbaik hati meminjamkan dana.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram