Pinjaman Online Tanpa NPWP dan Slip Gaji. Dimana?

Pinjaman Online Tanpa NPWP dan Slip Gaji – Tahun 2020 yang belum punya NPWP angkat tangan! Tidak perlu galau, bagi kebanyakan orang NPWP belum benar-benar bermanfaat. Masih banyak diluar sana para pemegang NPWP dengan penghasilan yang belum wajib membayar pajak atau dibawah PTKP. Namun, NPWP bukan sama sekali tidak ada manfaatnya, bahkan ia kerap kali ditanyakan setiap kali mengurus kelengkapan administrasi.

NPWP adalah nomor pokok wajib pajak yaitu nomor identitas pembayaran pajak. Meski belum punya NPWP atau masih dalam pengurusan, tidak ada salahnya menambah pengetahuan seputar NPWP. Adapun manfaat memiliki NPWP diantaranya:

  1. Syarat administrasi Bank
  2. Pengajuan dan pembuatan SIUP
  3. Syarat pembuatan paspor
  4. Mempermudah urusan perpajakan

Tidak memiliki NPWP mungkin dialami kebanyakan orang, nah kalo tidak memiliki slip gaji? Emang situ gak kerja sampe gak punya slip gaji? Santai Bro, gak usah ngegas.

Tidak semua pekerjaan dan penghasilan dibuktikan dengan slip gaji. Banyak diluaran sana pekerjaan dan penghasilan yang tidak melibatkan slip gaji di dalamnya. Sebut saja pengusaha (pedagang, asongan, pemilik toko atau jenis entrepreneur lainnya) dan karyawan yang memang sistem pembayarannya tidak menggunakan slip gaji.

Tidak memiliki slip gaji jelas berbeda dengan tidak berpenghasilan. Tidak memiliki slip gaji ia memiliki penghasilan hanya pembayarannya yang tidak melibatkan slip atau surat pembayaran, sedangkan tidak berpenghasilan adalah karena memang belum bekerja alias masih nganggur.

Pinjaman Online Tanpa NPWP dan Slip Gaji, Mengapa Bisa?

pinjaman online tanpa npwp dan slip gaji


Meski tidak memiliki NPWP dan slip gaji, kamu masih bisa mengajukan pinjaman online di Fintech resmi yang terdaftar di OJK. Memiliki NPWP dan slip gaji jelas memiliki nilai tambah dan bisa meningkatkan approval pengajuan pinjaman, namun tanpa kedua syarat itupun masih tetap bisa meski jelas berbeda kualitas kualifikasinya dengan yang memiliki.

Pinjaman Online Tanpa NPWP, Mengapa Bisa?

NPWP bukanlah dokumen utama bagi warna negara Indonesia, melainkan KTP. Pada pengurusan administrasi apa saja, perbankan misalnya, keberadaan NPWP bersifat opsional yang artinya boleh ada dan boleh juga tidak. Berbeda dengan KTP, yang hampir pada pendataan apa saja selalu ditanyakan dan wajib adanya. Ada KTP lanjut tidak ada terpaksa Stop. Kalaupun akhirnya lanjut harus memberikan dokumen lain setara KTP, itupun dengan catatan, “Nanti kalau KTP nya sudah ada bawa kesini!”.

Begitu juga dengan pinjaman online. Hampir semua pinjaman online (pinjol) hanya mengharuskan KTP sebagai dokumen yang wajib adanya dan NPWP sebagai dokumen penguat. Pada proses pendaftaran pinjaman online, pada step Upload KTP, kamu harus dan tidak bisa tidak untuk melengkapi kelengkapan KTP baik NIK-nya maupun foto fisiknya. Yang artinya jika kamu tidak memiliki KTP maka proses pendaftaran tidak dapat dilanjutkan. Berbeda dengan kelengkapan dokumen tambahan yang biasanya tersedia beberapa pilihan. Bisa Kartu BPJS, Kartu Keluarga, Kartu ATM, NPWP atau lainnya.

Pinjaman Online Tanpa Slip Gaji, Mengapa Bisa?

Slip gaji adalah surat tertulis yang menunjukkan dan membuktikan bahwa kamu memiliki penghasilan per bulannya. Yang dengan slip tersebut perusahaan Fintech menjadi yakin bahwa jika pemilik slip ini mengajukan pinjaman, maka ia bisa membayarnya karena memiliki penghasilan bulanan. Slip gaji juga menjadi tolak ukur besar pinjaman atau limit yang akan diberikan, biasanya sebesar sekian persen dari penghasilan perbulannya.

Namun slip gaji bukan satu-satunya tolak ukur penghasilan seseorang. Karena tidak semua orang mendapatkan penghasilannya dari gaji. Pedagang misalnya, setiap harinya dia mendapatkan untung hasil jualan yang tidak tercatat dalam slip gaji. Lalu bagaimana cara Fintech mengetahui seseorang yang benar-benar berpenghasilan dengan yang tidak tanpa slip gaji? jawabannya adalah: Rekening Bank.

Mau dari mana saja sumber penghasilan berasal, kebanyakan orang akan menyimpan uangnya di Bank. Bahkan jumlah saldo dan data mutasi pada rekening Bank lebih meyakinkan bagi perusahaan Fintech dibanding slip gaji. Slip gaji bisa dibuat-buat sedang saldo dan mutasi rekening real nilainya. Karena itu pada kebanyakan aplikasi pinjaman online, slip gaji masuk kategori data penguat atau pelengkap yang sifatnya opsional. Betul sekali, sama seperti NPWP silahkan dicantumkan jika ada namun jika tidak ada boleh diganti dengan dokumen lain yang disyaratkan dan yang kamu miliki.

Daftar Pinjaman Online Tanpa NPWP dan Slip Gaji

Berdasar uraian di atas, pinjaman online tanpa NPWP dan slip gaji? Ya, ada! Ya, kamu bisa!. Keadaan tanpa NPWP dan slip gaji tidak menghalangimu untuk melakukan pinjaman online di Fintech resmi yang terdaftar di OJK. Yang perlu diingat adalah, meski kamu bisa mengajukan pinjaman, kualifikasi yang kamu ajukan akan berbeda kualitasnya dengan pengajuan yang menyertakan NPWP dan slip gaji. Setiap dokumen yang diserahkan pada saat pengajuan pinjaman online, memiliki nilai tawarnya sendiri. Semakin lengkap kamu melengkapi persyaratannya, semakin besar kemungkinan pinjamanmu diterima.

Berikut adalah daftar aplikasi atau Fintech pinjaman online yang menerima peminjam tanpa NPWP dan slip gaji. Krediblog fokus pada 3 nama pertama karena ketiga inilah yang sudah Krediblog coba dan terbukti aman, terpercaya dan bisa menerima tanpa NPWP dan slip gaji. Untuk aplikasi pinjaman online atau Fintech lainnya sifatnya hanya saran karena Krediblog belum sempat mencoba langsung. Namun tetap dilakukan filter dari banyaknya pinjol yang ada guna menghindari pinjol abal-abal.

Berikut daftar lengkap aplikasi pinjaman online tanpa NPWP dan slip gaji :

Kredit Pintar

pinjaman online tanpa npwp kredit pintar

Kredit Pintar adalah Fintech yang fokus pada pinjaman online. Produk utamanya adalah pinjaman uang tunai dengan maksimal pinjaman Rp 5.000.000 dengan pilihan tenor bervariasi dari mulai 28 hari, 3 bulan dan 6 bulan. Merupakan salah satu aplikasi pinjaman online yang prosesnya mudah dan tidak ribet. Keunggulan Kredit Pintar dibanding aplikasi pinjaman online lainnya adalah pinjaman pada Kredit Pintar bisa cair dalam hitungan menit. Krediblog mencatat pinjaman cair 5 menit setelah proses pendaftaran selesai. Silahkan baca review Kredit Pintar jika kamu butuh profil lengkapnya.

Selain KTP ada beberapa dokumen lain yang diminta pada saat pendaftaran, silahkan kamu lengkapi dengan yang kamu miliki. Tidak harus semuanya, minimal 2 dokumen. Berikut dokumen pelengkap yang diminta pada saat pendaftaran Kredit Pintar :

  1. Rekening Bank
  2. Kartu BPJS
  3. Kartu Kredit
  4. Ijazah
  5. Slip Gaji
  6. Kontrak Kerja
Kelebihan Kredit Pintar :
  1. Pendaftaran mudah
  2. Proses cepat
  3. Uang pinjaman langsung di transfer dalam hitungan menit
Kekurangan Kredit Pintar :
  1. Bunga pinjaman tinggi
  2. Biaya layanan besar
  3. Pilihan tenor singkat

Informasi tentang Kredit Pintar selengkapnya : Website Kredit Pintar

Akulaku

pinjaman online tanpa slip gaji akulaku

Akulaku adalah Fintech yang memiliki 2 produk utama kredit online dan pinjaman online. Pada kredit online kamu bisa membeli barang secara kredit di Akulaku maupun di Merchant yang bekerjasama. Sedang pada pinjaman online kamu bisa meminjam uang tunai dari mulai Rp 500.000 hingga Rp 12.000.000. Proses pendaftaran di Akulaku tidak secepat Kredit Pintar karena terdapat 2 langkah dan membutuhkan verifikasi dari Akulaku selama 1-3 hari. Meski begitu pendaftarannya tergolong mudah dan bisa dipahami.

Untuk kelengkapan dokumen, Akulaku hanya meminta KTP namun ada banyak form isian yang harus kamu lengkapi. NPWP baru diminta ketika kamu mengajukan Dana Cicil (pinjaman dengan nominal hingga Rp 12.000.000) itu pun bisa kamu lewati jika tidak memiliki NPWP. Ada banyak sekali varian dari Akulaku yang tidak bisa dijelaskan detail disini, untuk itu silahkan baca review Akulaku untuk informasi selengkapnya.

Kelebihan Akulaku :
  1. Multi guna, bisa kredit online dan pinjaman tunai
  2. Proses pendaftaran mudah
  3. Bunga pinjaman rendah
Kekurangan Akulaku :
  1. Dokumentasi dan sosialisasi produk kurang
  2. Tim Support tidak responsif

Informasi tentang Akulaku selengkapnya : Website Akulaku

Kredivo

pinjaman online tidak menggunakan npwp slip gaji kredivo

Hampir mirip dengan Akulaku, Kredivo adalah Fintech yang memiliki layanan multiguna, yaitu kredit online dan pinjaman tunai. Yang membedakan, pada kredit online Kredivo memiliki lebih banyak jumlah Merchant yang bekerjasama. Bisa dibilang hampir semua toko online ternama di Indonesia bekerjasama dengan Kredivo untuk pembayaran secara kredit. Sedangkan di Akulaku jumlah Merchant yang bekerjasama masih dalam hitungan jari.

Pinjaman tunai yang bisa kamu dapatkan di Kredivo berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 10.000.000. Sebenarnya nominal maksimal bukanlah Rp 10.000.000 tetapi sejumlah saldo 6 bulan yang kamu dapatkan. Bingung? pasti. Sistem di Kredivo menerapkan limit berdasar bulan. Ada limit 30 hari, 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan. Jika kamu berhasil mendaftar di Kredivo untuk akun Premium, kamu akan mendapatkan total saldo sebesar Rp 20.000.000. Jumlah tersebut akan dibagi-bagi kedalam saldo per bulan tadi. Jumlah limit-limit tersebut berbeda satu sama lain dengan nominal terbesar ada di limit 12 bulan. Namun yang bisa digunakan untuk pinjaman tunai hanya limit 6 bulan saja. Jadi nominal maksimal pinjaman tunai yang bisa kamu pinjam adalah sejumlah saldo 6 bulan kamu. Baca review Kredivo untuk mengetahui sistem saldo yang berlaku disana.

Dokumen utama yang dibutuhkan untuk pendaftaran di Kredivo adalah KTP. Sedangkan dokumen pelengkap yang diminta diantaranya BPJS, NPWP, Internet Banking dan slip gaji. Untuk proses pendaftaran tergolong mudah namun butuh 1-2 hari untuk verifikasi dan persetujuannya.

Kelebihan Kredivo :
  1. Multi guna, bisa kredit online dan pinjaman tunai
  2. Limit saldo tinggi
  3. Bunga pinjaman rendah
Kekurangan Kredivo :
  1. Seleksi penerimaan ketat
  2. Tidak mudah untuk di-Acc untuk pendaftaran akun Premium

Informasi tentang Kredivo selengkapnya : Website Kredivo

Aplikasi pinjaman online tanpa NPWP dan slip gaji lain yang bisa kamu coba juga diantaranya:

  • JULO – Pinjaman Online Cepat Cair – Kredit Bulanan
  • Indodana: Pinjaman Online Cepat & Kredit Handphone

Kesimpulan

Belum memiliki NPWP dan tidak punya slip gaji bukan halangan kamu untuk meminjam secara online. Ada banyak pinjaman online resmi yang tersedia yang bisa kamu pilih. Jika kamu kesulitan mendaftar atau ditolak pengajuannya di aplikasi A, silahkan cari dan lanjutkan di aplikasi B, demikian seterusnya sampai kamu menemukan aplikasi yang cocok. Tanpa NPWP dan slip gaji kamu bisa meminjam, namun hal yang tak kalah penting untuk kamu perhatikan adalah, pastikan kamu juga bisa membayarnya.

foto mr. kredi

TENTANG PENULIS

Halo, saya Kredi. Mendadak tertarik menulis tentang Fintech karena saudara bilang saya jago ngutang, jadi sekalian aja ngembangin bakat. He..he.. Ini Blog pribadi, tidak berafiliasi dengan perusahaan manapun.

Tinggalkan komentar