Pinjol Ilegal di Google Play Store. Ini Cara Mengenalinya

Pinjol ilegal di Google Play Store memberikan sumbangan cukup banyak atas banyaknya pengguna yang terjebak kasus pinjol. Iseng-iseng menginstal sekedar untuk melihat simulasi pinjaman, ternyata dalam sekejap kontak dan data tersalin. Berharap dapat pinjaman yang bisa dicicil selama 3 bulan, malah tertipu karena harus dikembalikan dalam 7 hari.

Pinjol Berbeda dengan Game dan Aplikasi Lain

Kebiasaan kita dalam menggunakan Google Play Store adalah dengan mengetikkan kata kunci pada kolom pencarian lalu melihat hasilnya satu persatu. Jika dirasa menarik kita akan menginstalnya, membuka sesaat dan kemudian langsung menghapusnya jika dirasa tidak sesuai. Dilanjut dengan hasil berikutnya dan terus seperti itu sampai ditemukan aplikasi yang menurut kita bagus.

Tidak ada yang salah dengan kebiasaan tersebut untuk aplikasi semisal game atau aplikasi umum lainnya. Namun itu menjadi berbahaya jika aplikasi yang kamu cari adalah pinjaman online. Aplikasi pinjol melibatkan data pribadimu dalam prosesnya. Maka jika kamu sembarangan mensubmit data sensitif seperti itu, privasimu terancam.

Ada Banyak Pinjol Ilegal di Google Play Store

Google Play Store adalah platform pihak ketiga yang bersifat umum. Artinya siapa saja bisa menaruh aplikasinya disitu, termasuk pinjol ilegal. Maka jangan heran jika sampai saat tulisan ini ditulis ada banyak sekali pinjol ilegal di Google Play Store. Sekilas kamu tidak akan tahu jika ia ilegal, karena secara tampilan dan format sama persis dengan versi yang legal.

aplikasi pinjol ilegal di google play store

Perhatikan gambar diatas. Betapa profesional tampilannya (screenshot Aplikasi), padahal ia adalah pinjol ilegal. Dari mana bisa diketahui bahwa ia ilegal? Coba perhatikan pada bagian deskripsi, tidak satu kalipun ia menyebuk OJK (screenshot Deskrispsi). Lihat pada bagian akhir deskripsi dimana tidak ada kontak jelas disana. Tidak ada nomor telpon, alamat website atau akun sosial media. Dan selanjutnya yang paling membuktikan bahwa ia pinjol ilegal, yaitu ia meminta izin akses yang melanggar privasi, yaitu kontak, penyimpanan hingga akses melanggar lainnya (screenshot izin akses). Diluar itu semua ia memang pinjol ilegal karena namanya tidak ada di dokumen pinjol resmi OJK.

Pertanyaanya kemudian, berapa banyak dari pengguna yang berfikir itu adalah pinjol legal kemudian menginstal dan mengajukan pinjaman? Aplikasi tersebut jelas muncul pada hasil pencarian untuk kata kunci “pinjaman online”. Dan itu baru satu, ada puluhan atau mungkin lebih pinjaman abal-abal nan cantik seperti itu. Jika begini situasinya, maka terbuka lebar bagi siapa saja untuk terjebak di dalamnya, termasuk kamu, temanmu atau saudaramu.

Cara Mengenali Pinjol Ilegal di Google Play Store

Tentu saja kita tidak bisa menyalahkan Google karena telah “menyediakan” pinjol ilegal di Google Play Store, karena dari sudut pandang mereka aplikasi tersebut tidaklah ilegal, melainkan hanya aplikasi saja. Adapun status ilegal adalah dari sisi OJK karena mereka tidak memiliki izin dalam menjalankan usaha fintech lending. Kontradiktif memang, disatu sisi kita dihimbau untuk tidak meminjam di pinjol ilegal, tapi disisi lain tersedia banyak sekali penyedia dan bahkan terkesan dibiarkan. Kita seperti domba ditengah hutan yang menunggu untuk disantap serigala.

Sampai pemerintah benar-benar memiliki waktu untuk melindungi kita, kamu bisa melindungi dirimu sendiri agar tidak terjebak pinjol ilegal di Google Play Store. Berikut beberapa tipsnya.

Cara mengenali pinjol ilegal di Google Play Store:

  1. Cari OJK

    50% ilegal jika pada bagian deskripsi tidak menjelaskan statusnya di OJK. Meskipun bisa saja mereka mengaku-ngaku, nomor pendaftaran palsu mudah dikenali.

  2. Cek identitas

    75% ilegal jika tidak ada jati diri yang jelas. Tidak menyebut nama perusahaan, alamat dan nomor telpon kantor, tidak memiliki website resmi, support email gratisan dan tidak menyertakan akun sosial media.kontak pinjol ilegal dan legal

  3. Cek perizinan

    Pada halaman aplikasi klik “Tentang aplikasi ini”, scroll ke bagian paling bawah dan klik pada “Izin aplikasi”. Aplikasi legal hanya akan meminta izin akses CAMILAN, yaitu Camera, Mikropon dan Location. Jika ia meminta lebih dari itu terlebih kontak dan file penyimpanan, 90% ia ilegal.izin akses pinjol ilegal dan legal

  4. Cek OJK

    Ini pengecekan paling valid. Kunjungi publikasi OJK terkait fintech lending berizin dan terdaftar disini, jika nama pinjol tersebut tidak ada di dokumen tersebut maka 100% ia ilegal.

Catatan

Jika sudah mengetahui bahwa suatu pinjol itu ilegal, tandai dan jauhi. Tidak ada satupun alasan yang dibenarkan untuk berurusan dengan pinjol ilegal, kecuali kamu punya misi khusus. Bukan pada tempatnya menyalahkan Google dan akan memakan banyak korban jika menunggu pemerintah bertindak, jika benar kita adalah domba di tengah hutan, gunakan kompas untuk menghindari dimana serigala berada.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
18 Komentar
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Putra

Min, saya mau tanya klo kita pinjam dipinjol didata nya legal, trus sy masuk aplikasinya ternyata hasilnya ditolak pengajuannya, tp ada dana masuk, dan tidak ada info ttg dana trsebut, baru stelah beberapa hari kemudian ada voice note mengatakan bahwa sy ada angsuran yg hrs sy byar tnpa menjelaskan detailnya sama bayarnya ke mn, tp setelah jatuh tempo mereka mengatas namakan pinjol yg sdh pernah sy masukkan data sy, yg ditolak pengajuannya, mohon pencerahannya ya admin…

Poetra

Easycsh min katanya

Siti

Maaf saya mau tanya pinjaman nasional itu ilegal pa legal..Uda terdaftar blum di OJK..krna saya ngecek tidak ada…

Citra

Kalau pinjol 360 kredit itu ilegal apa legal ya

Asry Patang

Saya terjebak di pinjol ilegal yg meminta uang deposit/jaminan sebelum pencarian.. saya tidak membaca dengan seksama surat perjanjian kontrak dan sudah tanda tangan.. saya tidak punya kemampuan membayar uang deposit.. takutnya nanti saya ditipu seandainya saya bayar..jadi solusi masalah saya ini bagaimana.?

Newbie

Keren ni ,Bang ,gaya jawab sama tulisannya 👍😀
Saya yg newbie di perpinjolan jadi lebih tau gimana2nya.
Masalah saya adalah kmrn2 tuh saya install2 aplikasi di playstore ,kirim data lengkap ke aplikasi yg di insyall.
Dan sudah saya cek ,sptnya semuanya yg legal.

Tapi karena tenor nya pendek2 dan bbrp tidak acc ,saya uninstall lagi dan lupa log out.
Kira2,bisa disalahgunakan gak ya data saya itu?
Doakan semoga cepat bisa keluar dari semua ini ya 😭😅

Last edited 2 years ago by Newbie
Newbie

aamiin yra ….
Satu lagi ,Bang.
Saya baca artikel krediblog tentang Julo.
Saya coba,tapi ko harus ada no tlp kantor ya?
Usaha saya mandiri,tapi ga pasang no tlp rumah/kantor.
Cukup pakai no handphone saja.
Apakah bisa?
Dan jika kita masih punya cicilan ke tempat lain tapi lancar,apa tetap akan ditolak?
Makasiih 😀

astiakim95@gmail.com

Saya mau bayar tp apk nya gak bsa di buka, cuman muncul layar putih ajaa

Faries

Asalamualaikum bang…
Mau tanya nih bang…kalo pinjol bantu saku itu ilegal apa legal bang…..kalo ilegal saya mau bales dendam…karena saya pernah ktipu sama pinjol ilegal…
Mohon di jawab bang……