Nomor Darurat Akulaku. Bisakah Dilihat, Diganti atau Dihapus?

Saat kamu mendaftar aplikasi pinjaman atau kredit seperti Akulaku, itu adalah 100% urusanmu. Orang lain meski itu tetangga, teman, saudara atau bahkan orang tua tidak ada urusannya dengan itu. Enaknya kamu yang ngrasain dan tidak enaknya kamu yang menanggung. Namun karena sistem pembiayaan semacam ini mensyaratkan kontak darurat maka kamu dipaksa untuk melibatkan orang lain. Kamu akan diminta nomor darurat saat mendaftar di Akulaku.

Untuk kamu yang ingin mengenal profil Akulaku lebih detail bisa membaca ulasan lengkapnya di review Akulaku. Sebagai pengguna lama sudah banyak transaksi yang Krediblog lakukan di Akulaku. Dari mulai belanja di marketplace, bayar tagihan, kredit Hp sampai pinjam uang sebesar 12 juta.

Nomor Darurat Akulaku Sifatnya Wajib

nomor kontak darurat akulaku wajib

Di Akulaku, informasi nomor kontak darurat akan diminta pada proses pengajuan limit kredit. Ini adalah proses dimana jika di acc kamu akan mendapatkan limit saldo yang bisa digunakan untuk kredit barang atau pinjaman tunai. Kamu akan diminta untuk memasukkan nomor Hp, nama dan hubunganmu dengan kontak darurat. Langkah ini tidak bisa kamu lewati atau dengan kata lain kamu harus melengkapinya.

Dibutuhkan untuk penagihan

Mengapa Akulaku membutuhkan data kontak darurat? Tidak cukupkah data diri kita sebagai pihak yang berurusan langsung?. Sebenarnya Akulaku juga tidak membutuhkan kontak darurat. Selain kontak tersebut tidak ada urusan juga datanya belum tentu akan digunakan. Kontak darurat hanya sebagai Emergency Button yang mungkin suatu saat akan berguna.

Nomor darurat Akulaku atau kondar adalah nomor alternatif jika suatu waktu disengaja atau tidak si pemilik akun tiba-tiba tidak bisa dihubungi. Utamanya dalam hal penagihan. Saat nomor pengguna tidak bisa dihubungi, tim Desk Collection akan menghubungi ke nomor darurat guna mencari kejelasan.

Bijak memilih kondar

Karena akan dihubungi untuk urusan penagihan yang kerap menimbulkan emosi, maka bijaklah menentukan kontak darurat. Pilihlah seseorang yang kamu kenal dengan baik dan pastikan dia tahu apa yang kamu lakuan. Sayangnya Akulaku termasuk yang tidak melakukan verifikasi terhadap nomor kondar. Jadi meski pengguna memasukkan nomor asal, palsu atau bahkan nomor orang lain sekalipun sistem tidak mengenalinya.

Melihat, Mengganti dan Menghapus Kontak Darurat

melihat mengganti menghapus nomor darurat akulaku

Nomor darurat Akulaku hanya diminta sekali saja pada saat pendaftaran. Setelahnya ia akan tersimpan di database Akulaku. Bagaimana jika pengguna ingin melihat atau melakukan revisi terhadap kondar, adakah cara untuk melakukannya?

Melihat kontak darurat Akulaku

Seperti nama, alamat dan tangga lahir, informasi nomor kontak darurat tersimpan di Back end. Ia ada tapi tidak terlihat oleh pengguna. Tidak ada alasan untuk menunjukkannya di antar muka karena informasi kondar ini hanya berguna bagi tim Akulaku dan bukan pengguna.

Sampai tulisan ini ditulis, Krediblog tidak menemukan menu di aplikasi dimana kita bisa melihat informasi kontak darurat yang dulu pernah kita masukkan.

Mengganti kontak darurat Akulaku

Jika melihat saja tidak bisa bagaimana akan mengganti kontak darurat dengan yang baru? tentu tidak bisa dilakukan. Sepertinya Akulaku memang tidak mendesain informasi kontak darurat untuk bisa diganti secara mandiri (editable). Itu bisa dilakukan namun dengan melalui bantuan CS.

Sampai tulisan ini ditulis, Krediblog tidak menemukan menu di aplikasi dimana kita bisa mengganti nomor darurat Akulaku. Ia pernah ada di menu “Pusat Kenaikan Limit” namun sekarang menu tersebut sudah tidak ada lagi di aplikasi.

Menghapus kontak darurat Akulaku

Pengguna yang bermaksud menghapus kontak darurat besar kemungkinan adalah mereka yang salah memasukkan nama atau yang ingin menghindari kontak dengan DC Akulaku. Sayangnya itu tidak bisa dilakukan. Karena jika dilihat dan diganti saja tidak bisa apalagi dihapus.

Sampai tulisan ini ditulis, Krediblog tidak menemukan menu di aplikasi dimana kita bisa menghapus kontak darurat. Bahkan meski tersedia fitur untuk mengganti kondar misalnya, menu untuk menghapus rasanya mustahil akan ada. Kondar adalah informasi penting karenanya tidak boleh dihapus.

Catatan

catatan kondar akulaku

Nomor darurat Akulaku adalah back up jika Akulaku kehilangan jejak pengguna. Saat tidak tahu lagi kemana harus mencari, menghubungi kontak darurat bisa menjadi kompas penunjuk arah.

Seperti Emergency Button, kita berharap untuk tidak pernah menekannya (karena itu berarti bahaya terjadi). Akulaku pun demikian. Mereka berharap semua tagihan lancar dan terbayar secara tepat waktu sehingga tidak pelu menekan nomor darurat yang tidak saja menunjukkan bahaya tetapi juga merepotkan bagi mereka.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar