Cara Bayar Listrik Lewat AstraPay. Tutorial Proses & Biaya Admin

Bayar listrik lewat AstraPay adalah transaksi pertama yang Krediblog lakukan di e-Wallet milik Astra ini. Waktu itu kebetulan ada tagihan listrik PLN yang belum dibayar. Transaksi ini sekaligus mencari tahu berapa biaya admin yang dikenakan. Lebih murah atau sama dengan aplikasi pembayaran atau e-wallet lainnya atau malah lebih mahal.

Kamu yang belum memiliki akun AstraPay bisa mendaftarnya sekarang juga. Proses pendaftarannya cepat dan bisa selesai dalam 5 menit. Jika membutuhkan panduan kamu bisa melihatnya di cara daftar AstraPay.

Tutorial Cara Bayar Listrik Lewat AstraPay

tutorial cara bayar listrik lewat astrapay

Menu PLN di AstraPay memungkinkanmu membayar tagihan listrik dan juga membeli token listrik. Tagihan listrik harus kamu bayar maksimal tanggal 20 setiap bulannya sedang token listrik kamu beli sesuai kebutuhan listrik di rumah. Baik membayar tagihan maupun membeli token prosesnya sama cepat bahkan instan sehingga transaksimu selesai saat itu juga.

Berikut panduan step by step untuk membayar tagihan listrik PLN melalui AstraPay. Langkah dan tampilan di aplikasi kurang lebih akan sama saat kamu mencobanya sendiri. Jika terdapat perbedaan misal karena AstraPay melakukan update tinggal kamu sesuaikan saja karena garis besarnya akan selalu sama.

Waktu yang dibutuhkan: 3 menit

Cara bayar listrik lewat AstraPay :

  1. Buka AstraPay

    Jalankan aplikasi AstraPay dan pilih menu “PLN”.step 1 buka astrapay untuk bayar listrik

  2. Pilih tagihan listrik

    Pada halaman PLN pilih sub menu “Tagihan Listrik”.step 2 pilih tagihan listrik

  3. Masukkan ID pelanggan

    Masukkan ID pelanggan PLN pada kolom yang disediakan. Lanjut dengan mengklik “Cek Tagihan”.step 3 masukkan id pelanggan bayar listrik lewat astrapay

  4. Cek detail

    Akan tertera detail transaksi. Pastikan ID pelanggan, atas nama dan jumlah tagihan sesuai. Lanjut dengan mengklik “Bayar”.step 4 cek detail

  5. Masukkan PIN

    Masukkan PIN AstraPay untuk otentifikasi transaksi.step 5 masukkan pin bayar listrik lewat astrapay

  6. Transaksi diproses

    Tunggu sebentar selama AstraPay memproses transaksi.step 6 transaksi diproses

  7. Transaksi berhasil

    Tagihan listrik berhasil dibayar. Kamu akan mendapatkan struk transaksi.step 7 bayar listrik lewat astrapay berhasil

  8. Cek struk di email

    AstraPay juga akan mengirimkan transaksi pembayaran listrik ke emal terdaftar.step 8 struk di email

Pada pembayaran tagihan digital semacam ini proses verifikasinya langsung. Jadi sesaat setelah kamu mendapatkan notifikasi transaksi berhasil pada saat itu tagihan listrikmu sudah lunas. Jika ragu atau butuh kepastikan hakiki kamu bisa mengulangi langkah pembayaran di atas. Loh kok bayar lagi? Tenang, jika tagihan listrikmu beneran lunas transaksi tidak akan bisa diproses. Untuk ID PLN yang sudah melakukan pembayaran aplikasi akan memberikan notifikasi “Tagihan sudah terbayar”.

Tidak hanya di AstraPay hampir semua sistem platform atau channel pembayaran listrik akan menerapkan hal yang sama. Sistem akan secara otomatis menolak pembayaran dua kali.

Biaya admin bayar listrik di AstraPay

biaya admin bayar listrik lewat astrapay

Berapa biaya admin bayar listrik lewat AstraPay? Kamu akan dikenakan biaya admin sebesar Rp 2.500 untuk setiap transaksi. Biaya admin ini akan ditambahkan ke total tagihan listrik. Jadi jika tagihan listrikmu adalah Rp 500.000 misalnya, maka berikut biaya admin akan menjadi Rp 502.500.

Biaya admin yang ditetapkan AstraPay ini sama dengan pembayaran listrik di aplikasi pembayaran atau PPBO dan minimarket. Namun sedikit lebih murah jika dibandingkan dengan membayar melalui aplikasi mobile banking yang besaran biaya adminnya sekitar Rp 3.000.

Catatan

Kamu yang mendaftar AstraPay khusus untuk pembayaran transportasi (MRT khususnya) kecil kemungkinan akan bayar listrik lewat AstraPay. Tapi tidak menutup kemungkinan kamu akan melakukannya suatu saat nanti. Untuk sekarang yang penting kamu tahu bahwa di AstraPay juga bisa untuk membayar listrik dan sudah mengetahui biaya admin yang dikenakan.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar