Modal 300 Ribu Bisa Usaha Apa? Ini Pilihan Bisnisnya

Saat kamu memiliki keinginan untuk menjalankan usaha atau bisnis pertamamu, sebagai pemula tentu belum banyak pemahaman mengenai seluk beluk dunia usaha. Sebelum memulai usaha, banyak hal yang dijadikan pertimbangan dan perhitungan, salah satunya adalah modal usaha. Lalu, modal 300 ribu bisa usaha apa? Berikut pembahasannya.

Usaha Modal Kecil

Jenis usaha atau bisnis dengan berbagai perkembangan dan kemajuan yang terjadi saat ini menjadi semakin beragam. Pandangan awam saat dulu kala memandang bahwa menjalankan usaha membutuhkan setidaknya modal awal yang besar dan tempat yang luas. Namun seiring dengan perkembangan dan kemajuan berbagai bidang saat ini, peluang seseorang membuka usaha baik itu usaha perorangan maupun usaha dengan mitra atau kerja sama semakin besar dan jenisnya semakin beragam.

Semakin beragamnya peluang jenis usaha juga membuat semakin banyak orang yang ingin mulai membuka usaha atau bisnis. Perkembangan dan kemajuan teknologi pun semakin menambah beragamnya jenis usaha mulai dari usaha dengan modal besar hingga usaha yang tanpa modal sekalipun. Karena memang ada jenis-jenis usaha yang tidak pernah sepi.

Saat ini, bahkan bisnis dengan modal dibawah 500 ribu pun bisa dijalankan dan menghasilkan keuntungan bagi yang menjalankan usaha tersebut. Beragam strategi bisnis yang diintegrasikan dengan kemajuan teknologi digitalisasi juga semakin membuat usaha modal 300 ribuan memiliki peluang menghasilkan keuntungan yang sama besarnya dengan usaha dengan modal yang lebih besar.

Modal Usaha 300 Ribu

Ketika kamu ingin memulai menjalankan usaha atau bisnis tapi hanya memiliki modal 300 ribuan saja, kamu tidak perlu khawatir. Modal 300 ribu bisa usaha apa dan memiliki keuntungan berapa, itu tergantung dari bagaimana kamu memanfaatkan kreativitas dan penerapan strategi bisnis yang tepat. Sebenarnya, banyak jenis usaha yang bisa kamu mulai dengan modal yang hanya 300 ribu. Oleh karena itu, berikut ini beberapa ide usaha atau bisnis dengan modal 300 ribu.

1. Usaha snack kiloan

modal 300 ribu bisa usaha snack kiloan

Modal 300 ribu bisa usaha apa? Salah satu jawabannya adalah usaha snack kiloan. Belakangan ini, usaha snack kiloan yang dikemas ulang dengan menggunakan brand atau merek sendiri menjadi tren di kalangan anak muda yang ingin memulai usaha dengan modal minim. Bahkan, kamu bisa memulainya hanya dengan satu jenis snack dan menjualnya melalui beragam platform jualan online yang gratis untuk mendaftarkan produk jualan. Pada dasarnya, bisnis snack kiloan ini membutuhkan modal untuk pembelian stok snack, dan plastik kemasan. Jadi, dengan modal Rp 300.000 kamu bisa memulai usaha ini.

Contoh inspirasi dari usaha snack kiloan ini yaitu snack basreng yang dimulai dari modal hanya beberapa kilo basreng yang dibeli dari supplier dan menjualnya di marketplace seperti TikTok Shop, Shopee, dan sebagainya. Usaha basreng tersebut kemudian seiring waktu semakin berkembang dengan mulai memproduksi sendiri, hingga memiliki gudang stok dan sejumlah karyawan. Ini membuktikan bahwa modal 300 ribu usaha apa saja itu bisa menjadi usaha yang besar jika dijalankan dengan strategi yang tepat.

2. Reseller online

modal 300 ribu bisa usaha reseller online

Ide usaha atau bisnis yang bisa kamu mulai dengan modal 300 ribu berikutnya adalah usaha dengan metode reseller online. Reseller online menjalankan usaha dengan membeli stok produk tertentu dari penjual yang menyediakan kemitraan reseller kemudian kamu menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi agar mendapatkan keuntungan.

Dengan modal usaha yang hanya 300 ribu, kamu bisa memulai menjadi reseller produk, contohnya adalah mainan anak – anak. Temukan supplier yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik serta produk yang berkualitas, kamu bisa banyak menemukan di berbagai toko online. Banyak dari mereka yang menjual produk mereka dengan sistem reseller.

Kemudian kamu jual kembali melalui platform marketplace dengan menerapkan strategi – strategi pemasaran yang dapat meningkatkan penjualan. Penghasilan dari usaha reseller online ini berasal dari keuntungan yang kamu ambil dari selisih antara harga jual yang kamu tetapkan dengan harga khusus reseller dari supplier atau penyedia barang. Dengan ketekunan dan penerapan strategi yang tepat, bukan tidak mungkin usaha reseller online yang kamu jalani ini akan memberikan keuntungan yang besar.

3. Berjualan gorengan

modal 300 ribu bisa usaha gorengan

Salah satu jawaban dari pertanyaan modal 300 ribu bisa usaha apa adalah dengan berjualan gorengan. Gorengan merupakan salah satu makanan yang paling digemari dan dicari oleh banyak orang. Selain itu, bahan dan cara membuatnya relatif mudah, sehingga berjualan gorengan bisa menjadi salah satu usaha yang potensial menghasilkan keuntungan besar dengan modal hanya 300 ribu.

Pada dasarnya, kamu bisa memanfaatkan teras atau halaman depan rumah kamu sebagai tempat atau lapak berjualan. Lalu, peralatan masak seperti kompor, wajan, dan lain-lainnya kamu bisa memanfaatkan yang ada di rumah. Jadi, modal yang kamu miliki akan kamu pakai untuk membeli bahan baku gorengan yang beragam.

Meskipun hanya berjualan gorengan, jika kamu bisa menerapkan strategi bisnis dan menuangkan kreativitas dalam menjalankan usaha tersebut, kamu bahkan berpeluang untuk memperoleh keuntungan yang besar dari berjualan gorengan ini.

4. Minuman teh dalam kemasan

bisnis minuman kemasan

Satu lagi ide usaha yang bisa kamu mulai dengan modal 300 ribuan adalah berjualan minuman teh dalam kemasan yang kamu buat dan desain serta labeli sendiri. Modal yang kamu miliki tersebut pada dasarnya hanya akan kamu gunakan untuk pembelian bahan baku seperti teh, es batu, kemasan, dan lain-lain.

Itulah beberapa ide usaha yang menjawab pertanyaan di awal tentang modal 300 ribu bisa usaha apa? Semoga bisa menginspirasi kamu semua untuk memulai usaha.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar