Contoh Usaha Kecil-kecilan di Rumah Sebagai Inspirasi

Menjalankan bisnis atau usaha sampingan saat ini banyak dilakukan oleh mereka yang pada dasarnya memiliki pekerjaan utama maupun bisnis utama yang lebih besar. Usaha sampingan ini sebagai sarana pemasukan lain dan biasanya dijalankan dari rumah. Contoh usaha kecil-kecilan di rumah dalam pembahasan berikut ini bisa menjadi referensi untuk kamu yang ingin menjalankan usaha sampingan atau usaha kecil-kecilan.

Menjalankan Usaha Kecil-kecilan dari Rumah

Menjalankan sebuah usaha dari nol memang menjadi tantangan tersendiri dan tidak mudah, namun dapat menjadi hal yang menguntungkan. Tidak hanya bisnis atau usaha dalam skala yang besar saja, usaha sampingan atau kecil-kecilan yang dijalankan di rumah pun memiliki potensi dan peluang untuk menjadi bisnis atau usaha yang besar dan mendatangkan keuntungan besar.

Usaha kecil-kecilan di rumah saat ini juga menjadi pilihan banyak orang dengan berbagai alasan dan tujuan seiring dengan perkembangan informasi dan inovasi, terutama pada generasi muda saat ini. Semakin mudahnya penyebaran informasi dan pemanfaatan teknologi yang terjadi di era modern ini, membuat semakin banyaknya anak muda kreatif dan inovatif yang ingin menciptakan peluang usaha atau bisnis sendiri. Usaha yang tidak pernah sepi menjadi jenis yang paling dicari.

Pada dasarnya, jika kamu seorang pemula di dunia usaha, kamu bisa memulai usaha dari rumah dan memulainya dari nol. Banyaknya contoh usaha kecil-kecilan yang menjadi usaha besar dan mendatangkan keuntungan yang juga besar menjadi inspirasi bagi banyak anak muda di era modern saat ini.

Berikut ini, beberapa contoh usaha kecil-kecilan di rumah yang bisa kamu jadikan referensi untuk memulai usaha.

1. Bisnis online

contoh usaha kecil-kecilan di rumah bisnis online

Salah satu usaha atau bisnis yang erat dengan perkembangan teknologi saat ini adalah bisnis online. Bisnis online pada dasarnya menjual produk melalui platform online, contohnya marketplace. Kamu juga bisa mencari produk yang akan kamu cari dari supplier yang tersedia di marketplace dan kamu tidak perlu menghabiskan modal terlalu banyak karena bisnis online tidak mengharuskan kamu memiliki tempat atau toko tempat kamu berjualan, artinya kamu bisa menjalankan bisnis online dari mana saja, termasuk dari rumah saja.

Dengan kelebihannya yang bisa dijalankan dari mana saja, membuat bisnis online sebagai pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin memulai usaha kecil-kecilan dari rumah. Kamu juga bisa menjual banyak jenis produk dalam satu akun toko online-mu. Manfaatkan fitur iklan yang tersedia dalam platform marketplace yang kamu gunakan untuk menaikkan pemasaran produk yang kamu jual.

2. Dropshipper

Contoh usaha kecil-kecilan di rumah berikutnya adalah menjadi dropshipper. Cara bisnis dengan menjadi dropshipper adalah kamu menawarkan produk yang dijual oleh orang lain kepada konsumenmu dengan menaikkan harga jual sebagai keuntunganmu. Jenis usaha ini merupakan usaha yang sangat cocok dijadikan usaha kecil-kecilan karena dropshipper tidak membutuhkan modal awal untuk membeli stok barang atau sewa tempat sebagai toko. Kamu sangat bisa menjalankan usaha ini dari rumah dan bukan tidak mungkin akan mendatangkan keuntungan yang besar.

3. Bisnis afiliasi

Jenis usaha atau bisnis yang satu ini belakangan ini sedang menjadi tren, khususnya di kalangan anak muda, yaitu bisnis afiliasi. Bisnis afiliasi pada dasarnya menawarkan dan mempromosikan produk dari penjual yang membuka kerja sama afiliasi. Contoh yang belakangan menjadi tren adalah afiliasi TikTok dan afiliasi Shopee.

Cara bisnis ini bisa kamu lakukan dengan membuat konten yang berisi promosi tentang suatu produk yang dijual oleh pihak toko penjual. Penghasilan yang kamu dapatkan yaitu melalui komisi dari setiap penjualan produk yang kamu promosikan, sehingga semakin banyak produk yang kamu promosikan terjual, penghasilan yang kamu peroleh akan semakin banyak juga. Dengan cara bisnis tersebut, tentunya sangat cocok untuk dijalankan di rumah sebagai usaha sampingan atau usaha kecil-kecilan yang bisa mendatangkan keuntungan besar.

4. Bisnis tanaman hias

contoh usaha kecil-kecilan di rumah bisnis tanaman hias

Belakangan ini, merawat tanaman hias menjadi tren yang banyak dilakukan oleh orang-orang saat di rumah dan tidak hanya dilakukan oleh orang tua saja, tapi banyak anak muda yang juga memelihara dan merawat tanaman hias. Dengan melihat peluang tersebut, kamu bisa memanfaatkannya dengan budidaya tanaman hias dan menjualnya. Kamu bisa memanfaatkan lahan yang ada di rumahmu untuk memajang dan menata serta membudidayakan tanaman hias yang akan kamu jual.

Namun, bisnis atau usaha ini menuntutmu untuk memahami tentang segala informasi dan seluk beluk tanaman hias. Selain itu, kamu juga harus pintar menentukan target pasar dan selera pasar akan tanaman hias. Jika ditekuni dengan baik, contoh usaha kecil-kecilan di rumah dengan berjualan tanaman hias pun dapat mendatangkan keuntungan yang besar.

5. Katering

Contoh usaha berikut ini sangat cocok untuk dijalankan sebagai usaha kecil-kecilan yang dijalankan dari rumah, terutama jika kamu memiliki hobi memasak, yaitu usaha katering. Kamu bisa memulai usaha ini dengan menawarkan ke tetangga, keluarga, atau teman yang mengadakan acara seperti hajatan, pesta pernikahan, dan sebagainya. Saat koneksi dan namamu semakin meluas, usaha kateringmu bahkan akan berpeluang menjadi usaha besar dan mendatangkan keuntungan yang besar juga.

6. Frozen food

bisnis frozen food

Contoh usaha atau bisnis kecil-kecilan di rumah berikutnya adalah berjualan aneka macam frozen food seperti sosis, daging, nugget, dan sebagainya. Kamu juga bisa menjualnya dengan sistem online melalui marketplace untuk memperluas pasar dan mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Itulah beberapa contoh usaha kecil-kecilan di rumah yang bisa kamu jadikan referensi untuk memulai usahamu.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar