Aplikasi Cek BI Checking. Pengecekan Skor Kredit SLIK OJK Online

Menjaga reputasi keuangan sama pentingnya dengan menjaga nama baik. Jika nama baik seseorang dilihat dari bagaimana ia diperlakukan, reputasi keuangan bisa dilihat melalui skor kredit. Orang menyebut pengecekan skor kredit ini dengan istilah BI Checking. Kamu yang peduli dengan status BI Checking harus melakukan pengecekan skor kredit minimal setahun sekali. Jangan takut repot karena sekarang tersedia aplikasi cek BI Checking dengan proses dan metode yang praktis.

BI Checking Sudah Menjadi SLIK OJK

bi checking sekarang menjadi slik ojk

Sebelum menyebut apa saja daftar aplikasi cek BI Checking terbaik, ketahui bahwa BI Checking sendiri sudah tidak ada lagi. BI Checking yang merupakan pengecekan skor kredit oleh Bank Indonesia (BI) sudah berhenti karena BI tidak lagi melakukannya. Sejak Januari 2018 pengelolaan Sistem Informasi Perkreditan diambil alih oleh OJK. OJK-lah yang sekarang melakukan pengecekan skor kredit pengguna.

Aktifitas BI Checking yang kita kenal sebelumnya sudah berubah menjadi SLIK OJK. BI Checking dan SLIK OJK Checking secara fungsi dan tujuan sama. Penamaannya saja yang dirubah karena mengikuti sistem dan pengelola baru. Jika ada yang menyebut BI Checking yang dimaksud adalah SLIK OJK Checking.

5 Aplikasi Cek BI Checking Online

Berikut adalah daftar aplikasi cek BI Checking terbaik. Mereka bisa memberimu report credit scoring dengan proses online baik via website maupun melalui aplikasi Smartphone.

1. iDebku

aplikasi cek bi checking idebku

Jika kamu membutuhkan BI Checking untuk profil keuanganmu tempat pertama yang harus kamu kunjungi adalah iDebku. Merupakan platform resmi dari OJK untuk tujuan pelaporan informasi debitur. Dari iDebku ini kamu akan mendapatkan iDeb dalam bentuk PDF yang berisikan riwayat seluruh transaksi kredit dan pinjamanmu selama 2 tahun terakhir. Pengajuan skor kredit via iDebku dilakukan melalui website.

iDebku adalah BI Checking resmi sehingga datanya digunakan sebagai rujukan oleh lembaga keuangan formal yang ada di Indonesia. Namun kekurangan dari IDebku ini adalah antrian yang kerap penuh karena ada banyak sekali pengguna yang sudah mengantri.

ItemDetail
Nama aplikasiiDebku
PengembangOJK
AntarmukaWebsite
BiayaGratis
Websiteidebku.ojk.go.id

2. MyIdScore

aplikasi cek bi checking myidscore

MyIdScore adalah sistem BI Checking milik perusahaan swasta. Ia dimiliki oleh PT Pefindo yang merupakan biro kredit dengan izin resmi sebagai Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan atau LPIP. Sumber data MyIdScore berasal dari SLIK OJK dan dilengkapi dari data Non SLIK lain. Jadi jika berbicara kelengkapan, MyIdScore ini yang paling komprehensif jika dibanding aplikasi cek BI Checking lain di daftar ini.

Mengajukan skor kredit di MyIdScore bisa dilakukan via website atau melalui aplikasi Android. Karena dikelola oleh perusahaan swasta ada biaya yang harus dibayarkan. Besarannya mulai Rp 49.000 sampai Ro 99.000 tergantung jenis layanan yang dipilih. Kelebihan MyIdScore adalah ia lengkap dengan proses pengajuan yang cepat. Sedang kekurangannya adalah terdapat biaya yang harus dibayarkan.

Krediblog sudah mengulas lebih detail tentang MyIdScore ini. Kamu bisa membaca ulasannya disini : MyIdScore.

ItemDetail
Nama aplikasiMyIdScore
PengembangPT. PEFINDO Biro Kredit
AntarmukaWebsite dan aplikasi
BiayaRp 49.000 – Rp 99.000
Websitemyidscore.id

3. IdTelcoScore

aplikasi idtelcoscore

Pengecekan skor kredit hanya bisa dilakukan jika terdapat riwayat transaksi. Jika seseorang tidak pernah mengajukan kredit atau pinjaman di lembaga keuangan formal maka tidak ada yang bisa dinilai darinya. Credit scoring tidak bisa dilakukan jika tidak tersedia cukup data. IdTelcoScore adalah score credit alternatif untuk tipe pengguna seperti ini.

IdTelcoScore tetap bisa melakukan credit scoring menggunakan data agregasi layanan telekomunikasi atau telco services. Pengguna mungkin tidak atau belum memiliki riwayat transaksi kredit atau pinjaman tetapi kemungkinan besarnya ia adalah pengguna telpon seluler. Data layanan telekomunikasi inilah yang dianalisa oleh Pefindo untuk melakukan credit scoring. Dengan IdTelcoScore semua pengguna bisa melakukan pengecekan atas profil keuangannya.

ItemDetail
Nama aplikasiIdTelcoScore
PengembangPT. PEFINDO Biro Kredit
AntarmukaWebsite
BiayaRp 49.000 – Rp 119.000
Websitemyidscore.id

4. SkorLife

aplikasi cek bi checking skorlife

Aplikasi cek BI Checking berikutnya adalah SkorLife. Layanan ini milik perusahaan keuangan berbasis teknologi (fintech) PT Skortech Karya Indonesia. SkorLife sendiri adalah layanan credit builder yang memungkinkan pengguna untuk memeriksa skor kredit mereka dari lembaga kredit nasional, mendapatkan tips bagaimana meningkatkan skor kredit dan mendeteksi penyalahgunaan identitas.

Untuk sekedar mengecek histori kreditmu SkorLife boleh dicoba. Namun jika membutuhkan rujukan BI Checking yang valid sebaiknya menggunakan aplikasi yang berafiliasi langsung dengan SLIK OJK.

ItemDetail
Nama aplikasiSkorLife
PengembangPT Skortech Karya Indonesia
AntarmukaAplikasi Android dan iOS
BiayaGratis
Websiteskorlife.com

5. CekAja

aplikasi cekaja

Yang terakhir ada nama CekAja atau CekAja.com. Merupakan Financial Marketplaces yang merekomendasikan beragam layanan kredit dan pinjaman. Mereka memiliki sistem kredit skor untuk menilai kelayakan kredit pengguna. CekAja bukanlah aplikasi cek BI Checking yang dimaksud orang kebanyakan. Karena tidak disebutkan bahwa mereka mengambil sumber datanya dari SLIK OJK.

ItemDetail
Nama aplikasiCekAja
PengembangPT Cekaja Merdeka Keuanga
AntarmukaWebsite
BiayaGratis
Websitecekaja.com

Catatan aplikasi cek BI Checking

catatan aplikasi cek bi checking

Dari daftar aplikasi cek BI Checking yang disebutkan di atas yang Krediblog rekomendasikan adalah iDebku dan MyIdScore. Data keduanya valid karena bersumber langsung dari SLIK OJK dan bukan dari data pihak ketiga. Ini bukan berarti data pihak ketiga meragukan melainkan jika yang dimaksud adalah BI Checking maka pengecekan harus dilakukan di BI (sekarang OJK).

Melakukan pengecekan skor kredit secara rutin akan membuat reputasi keuanganmu terkontrol. Kamu tahu sedang berada di level mana dan sadar terhadap langkah yang harus ditempuh selanjutnya. Seringnya yang memiliki nama baik adalah mereka yang menjaga dengan hati-hati reputasi keuangannya.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar