Kredit Pintar

Bunga Kredit Pintar dan pembahasan lainnya :

Bunga Kredit Pintar

Bunga Kredit Pintar adalah hal pertama yang harus kamu pertimbangkan saat hendak mengajukan pinjaman di platform ini. Bunga yang dikenakan terbilang besar meski bukan yang paling besar dibanding platform sejenis.

Di deskripsi Google Play Store mereka menyebut suku bunga tahunan tidak lebih dari 11%. Pada halaman depan website dengan huruf besar mereka juga menulis, “Bunga rendah untuk setiap pinjaman Anda”. Namun setelah kamu coba mengajukan langsung, kamu akan tahu bahwa rendah yang mereka maksud ternyata terasa tinggi buatmu.

Berapa Bunga Kredit Pintar Per Bulannya?

Mereka menetapkan bunga berbeda untuk setiap tenornya. Pinjaman dengan tenor cepat dikenakan bunga yang lebih tinggi dibanding tenor yang lebih lama. Bunga untuk tenor 28 hari adalah 16,3%, sedangkan untuk tenor 3 bulan kamu akan dikenakan bunga 9% per bulan.

Tinggikah bunga di Kredit Pintar? jika ia berdiri sendiri, besaran bunga seperdelapan lebih dari nominal pinjaman jelas tinggi. Dan bunga tersebut akan terasa lebih besar lagi saat kamu membandingkannya dengan pinjol sejenis. Meski ada juga yang mengenakan bunga jauh lebih besar, kita tidak bisa mengaburkan fakta bahwa bunga Kredit Pintar memang tinggi.

Ada Biaya Admin yang Dikenakan

Bunga yang tinggi ternyata bukan akhir dari cerita karena mereka juga mengenakan biaya admin atau biaya layanan. Biaya layanan ini merupakan biaya administrasi yang dikenakan atas terjadinya transaksi peminjaman. Besaran yang dikenakan yaitu 5% dari pinjaman untuk tenor 28 hari dan 15% dari pinjaman untuk tenor 3 bulan. Biaya admin Kredit Pintar akan dipotong langsung dari dana pinjaman yang kamu ajukan. Dengan kata lain, dana yang kamu terima nantinya tidak akan penuh karena sudah “disunat” untuk biaya administrasi.

Simulasi Pinjaman

Untuk memberi gambaran utuh tentang bunga Kredit Pintar dan biaya admin yang dikenakan, berikut simulasi pinjaman yang diambil dari perhitungan di aplikasi :

Tenor 28 hari

NominalBiaya AdminBungaPengembalian
900.00045.000146.5001.046.500
1.200.00060.000195.3001.395.300
1.800.00090.000293.0002.093.000

Tenor 3 bulan

NominalBiaya AdminBungaPengembalian
2.600.000390.000234.1003.302.100

Catatan Krediblog

bunga kredit pintar

Seperti yang kamu lihat pada bagian simulasi, ongkos dan biaya untuk meminjam di Kredit Pintar terasa mahal. Meminjam dengan tenor cepat, kamu berhadapan dengan bunga yang tinggi, sedangkan memilih tenor 3 bulan lebih lama kamu akan disikat oleh biaya layanan yang tidak main-main.

Ongkos dan biaya inilah yang menjadikan KreditPintar bukan pilihan favorit Krediblog. Hanya pernah sekali mengajukan dan belum terfikir untuk melakukannya lagi. Saat mencari pinjaman tentu saja kamu dalam kondisi kurang, bagaimana ceritanya jika dana yang dipinjam sudah terlebih dulu “habis” oles biaya lain-lain dan dibebani oleh bunga tinggi saat mengembalikannya?

Bunga Kredit Pintar dan biaya admin yang dikenakan adalah area mereka mencari keuntungan. Meski besar, kita tidak menyalahkan memang, karena sebagai perusahaan fintech lending sah-sah saja itu dilakukan. Malah kita perlu mengapresiasi transparansi yang mereka lakukan. Semua informasi terkait besaran bunga dan biaya admin tertera dengan jelas dan tidak ditutup-tutupi. Kita dibebaskan memilih pada produk mana yang palik cocok dengan perhitungan kita.

Semua ongkos yang mahal tersebut akhirnya sepadan dengan layanan prima yang ditawarkan. Mereka memiliki teknologi yang handal dan manajemen yang rapi. Namun jika semua perhitungan biaya diatas masih juga memberatkanmu, jangan dipaksakan. Benar mereka cepat dan bisa diandalkan, namun jika pinjol murah yang kamu cari, lanjutkan pencarianmu.

foto mr. kredi

TENTANG PENULIS

Halo, saya Kredi. Mendadak tertarik menulis tentang Fintech karena kata saudara, saya jago ngutang. Jadi sekalian aja ngembangin bakat. He..he.. Ini Blog pribadi, tidak berafiliasi dengan perusahaan manapun.

Kalau kamu punya pertanyaan atau komentar, tulis dibawah ya! Saya coba bantu jawab.