Kenapa Kredivo Tidak Bisa digunakan di Shopee? Karena Ini

Kredivo tidak bisa digunakan di Shopee – Kurang lebih 6 bulan bahkan hampir 1 tahun kita tidak bisa melakukan pembayaran di Shopee menggunakan Kredivo. Padahal sebelumnya, lancar-lancar saja membayar dengan sistem cicilan Kredivo. Mau bayar 30 hari, 3 bulan, 6 bulan hingga 12 bulan semuanya terintegrasi dengan mulus di Shopee.

Shopee tidak bisa bayar pakai Kredivo ditandai dengan tidak bisanya menu Kredivo untuk di klik. Karena tidak bisa di klik, maka secara otomatis ia tidak bisa dipilih untuk dijadikan alat pembayaran. Pada beberapa akun, ditandai dengan metode pembayaran Kredivo di Shopee tidak muncul sama sekali. Intinya sama, Kredivo tidak bisa digunakan di Shopee. Lalu apa penyebabnya? Apa sebenarnya yang sedang terjadi diantara 2 pemain besar merchant belanja online tersebut?

Penyebab Kredivo Tidak Bisa digunakan di Shopee

Karena penasaran, Krediblog pun mencari tahu. Dan tidak ada tempat yang paling tepat untuk mencari tahu terkait masalah ini selain Tim Support Kredivo. Hingga kini, tim support Kredivo masih yang terbaik dalam hal pelayanan. Meraka cepat tanggap dan sangat responsif terhadap pertanyaan terlebih keluhan pengguna, baik melalui akun social media resmi ataupun chat via aplikasi. Berikut jawaban mereka ketika Krediblog bertanya, “Mengapa Kredivo tidak bisa digunakan di Shopee?”.

kredivo tidak bisa digunakan di shopee

Seperti yang kamu lihat, penyebab Kredivo tidak bisa digunakan di Shopee adalah, “Karena merchant Shopee sedang dalam peningkatan layanan hingga batas waktu yang belum ditentukan”.

Bagaimana kamu memaknai jawaban tersebut? Apakah ada semacam gangguan yang sifatnya teknis, error sistem, atau ada sebab lainnya?. Mulanya Krediblog mengira ini benar-benar tentang peningkatan layanan khusus di merchant Shopee. Berarti dikemudian hari belanja di Shopee dengan Kredivo akan lebih nyaman. Sampai hari ini “perbaikan layanan” tersebut tak kujung selesai, sehingga menimbulkan kecurigaan adanya sebab lainnya.

Alasan Lain yang Mungkin Jadi Penyebab

Ini sifatnya hanya dugaan dan murni cocoklogi ala Krediblog. Ada beberapa fakta yang jika dikaitkan akan memunculkan dugaan baru yang relevan mengapa Kredivo tidak bisa digunakan di Shopee. Yaitu Kredivo dan Shopee sudah putus kerjasama, alias bercerai. Serius? ya elah, kan sudah dibilang ini cocoklogi. Fakta-fakta berikut akan memperkuat dugaan tersebut:

  1. Kredivo “tidak suka” jika merchant memiliki Pay Later sendiri.
    Dulu Shopee adalah merchant setia Kredivo hingga pada pertengahan 2019 saat Shopee membuat ShopeePayLater dengan menggandeng Lentera Dana Nusantara sebagai partner. Semenjak itu dimulailah pecah kongsi diantara keduanya.
  2. Kredivo sudah lebih dulu pecah kongsi dengan merchant yang memiliki Pay Later.
    Dia adalah Traveloka. Pada awal-awal kemunculan Kredivo, Traveloka merupakan merchant untuk kategori booking online selain Tiket.com. Tak lama nama Traveloka tidak lagi muncul di halaman merchant Kredivo, yang ternyata Traveloka menggunakan Pay Later hasil kerjasama dengan Caturnusa Sejahtera Finance. Jadi sebelum Kredivo tidak bisa digunakan di Shopee, terlebih dahulu terjadi di Traveloka.
  3. Kredivo hanya ingin kerjasama ekslusif atau minimal tidak tumpang tindih.
    Mau bukti? lihat Tokopedia dengan Ovo Paylaternya. Saat Pay Later mulai naik pamor, banyak layanan baru mulai bermunculan, salah satunya OVO Pay Later yang menggandeng Tokopedia saat itu. “Cinta segitiga” tersebut sempat berjalan selama beberapa bulan sampai akhirnya Tokopedia memutuskan OVO Pay Later dan hanya menjalin kerjasama ekslusif dengan Kredivo.
  4. Kredivo Pay Later satu-satunya. Setuju atau gue yang cabut.
    Jika kamu perhatikan, semua merchant yang masih bekerjasama dengan Kredivo hingga kini, mereka tidak memiliki layanan Pay Later ekslusif. Bagaimana dengan eWallet atau dompet digital? tidak masalah karena segmen pasarnya berbeda. Kalau Akulaku? Kredivo tidak keberatan untuk bersaing dengan layanan sejenis selama bukan layanan ekslusif milik merchant.

Bisa dimengerti mengapa Kredivo tidak menghendaki merchantnya memiliki Pay Later sendiri. Karena selain mengurangi pangsa pasar, kerjasama yang terjalin jadi tidak efektif karena layanannya serupa.

Belum punya Kredivo? Daftar sekarang! Gunakan kode referal Kredivo untuk mendapatkan limit hingga 20 juta.

Jadi Kredivo Tidak Bisa digunakan di Shopee Selamanya, Nih?

Bisa ya bisa juga tidak. Dunia bisnis sangat dinamis, selama ada manfaat dan keuntungan yang bisa didapat, kerjasama apa saja (termasuk CLBK) itu mungkin. Kamu yang kebetulan pengguna setia Marketplace Shopee dan merasa terganggu karena Kredivo tidak bisa digunakan di Shopee, kamu bisa menggunakan ShopeePayLater (sekarang bernama SPaylater) sebagai alternatif. Meski tidak sepenuhnya sama dengan Kredivo, setidaknya masih mengusung konsep yang serupa: bayar nanti. Bahkan sekarang Shopee memiliki layanan pinjaman tunai bernama: SPinjam.

Sekali lagi ini hanya cocoklogi dari rasa penasaran mengapa Kredivo tidak bisa digunakan di Shopee. Adapun kebenarannya, mereka berdualah yang lebih mengetahui. Krediblog pribadi juga berharap Kredivo bisa digunakan lagi di Shopee. Karena ada satu toko baju bola favorit yang hanya punya lapak di Shopee. He..he..

guest
25 Komentar
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
EVANZSKO

Mening kredivo.
Masih yg terbaik saat ini menurut gue.

Benz

Kredivo gak ribet kaya akulaku, tetep lumayan lah kredivo

Izul

Spaylater ga bakal laku kalo ada kredivo untuk cic 3/6/12, karena bunga kredivo lebih rendah, mungkin pihak shopeenya sengaja menutup pembayaran pakai kredivo

Mardiana

Gimn saran y
Bisa pinjam lebih dari 2jt

Dodo

Bang kalo pake kredivo pas bli barang di shopee. Itu maksimal limitnya berapa bulan bang buat yg silver atau gold?thx

Yudi Basuki

kalau gitu uninstall aja shopee.. dah beres, toh bukan shopee aja online shop…. masih banyak lagi online shop terpercaya.

ant

entah kenapa saya googling “kredivo shopee cara” ehh dpt jawaban dari sini… hadehhh shopee shopee..

Nata

sampai saat ini pun masih sama, kredivo tidak bisa dipilih saat pembayaran di shoppppeee

Ahmad

Sekarang udah bisa bayar via VA Mandiri.

Tapi kaya ngakalin gitu sih

Khairil

waduh nama saya yang dicantumkan wkwkw
kredivo masih stabil sih dan lebih enak. cuma aplikasi nya sering berat kalau dibuka. gatau kenapa dah

dede ari gunawan

tapi lazada sekarang punya paylater masih bisa pembayaran di lazada via kredivo

Aditya

Aku sih masih setia dengan kredivo

Arul

Bang jika kt kredit melalui kredivo apakah angsuran prtamanya dibyarkan di hari prtama kita transaksi?
Apakah di kredivo memberikan pilihan tanggal pembayaran atau di tentukan langsung oleh kredivo? Mohon di jawab ya bang