Kartu Jenius BTPN

Ada 3 jenis kartu Jenius BTPN, masing-masingnya memiliki fungsi dan peruntukkan yang berbeda. Kabar baiknya kamu bisa memiliki ketiga-tiganya.

m-Card Jenius

kartu jenius btpn m-card

m-Card adalah kartu debit utama dari Jenius. Ini adalah kartu utama untuk rekening di Jenius. Saat membuat rekening di bank konvensional, kamu akan mendapatkan kartu ATM setelahnya. Nah, m-Card Jenius inilah kartu ATM dari Jenius. Sama seperti kartu ATM pada bank umumnya, m-Card memiliki fungsi yang sama yaitu untuk melakukan transaksi di mesin ATM. Kartu ATM Jenius bisa kamu gunakan di mesin ATM Prima/Bersama/mancanegara.

m-Card Jenius memiliki pengaturan limit. Dimana limit belanja per transaksi adalah Rp 100.000.000 dan limit penarikan tunai di ATM maksimal Rp 15.000.000 per hari. Terdapat menu Edit untuk mengubah limit tersebut, namun beberapa kali Krediblog mencobanya selalu gagal karena aplikasi tidak merespon. e-Card adalah kartu Jenius BTPN yang utama, jadi jika kamu ingin bisa tarik tunai dana di Jenius maka harus memilikinya.

Untuk mendapatkan m-Card atau kartu ATM Jenius ini kamu terlebih dulu harus melakukan isi saldo minimal Rp 500.000. Kamu bisa mengisinya secara bertahap dengan nominal berapa saja atau langsung lima ratus ribu saat itu juga. Saat akumulasi saldomu sudah mencapai lima ratus ribu, kamu bisa melakukan Request m-Card. Pada menu kartu ajukan permintaan kartu dan tulis alamat tujuan pengiriman. Tergantung lokasimu kartu ATM akan sampai dalam 2-7 hari. Setelah m-Card diterima dan diaktifkan, kartu siap digunakan. Karena terhubung dengan rekening utama, setiap transaksi yang kamu lakukan menggunakan ATM bisa kamu lihat historinya di aplikasi.

e-Card Jenius

kartu jenius btpn e-card

e-Card atau Electronic Card (kartu elektronik) adalah kartu debit nonfisik. Kamu bisa melakukan transaksi online tanpa kartu kredit di semua merchant Visa di seluruh dunia. Ya, e-Card adalah pengganti kartu kredit jika kamu tidak memiliki kartu kredit konvensional. Pada semua merchant yang menerima pembayaran dengan kartu kredit, kamu bisa membayarnya dengan e-Card.

Berbeda dengan kartu kredit yang penggunaan dananya tergantung pemakaian, di e-Card kamu bisa menentukan sendiri berapa limit saldo yang ingin kamu gunakan. Limit saldo yang akan digunakan adalah sejumlah saldo yang kamu isi di e-Card. Jadi kamu isi saldo dulu baru bisa digunakan sejumlah itu. Metode tersebut jelas lebih hemat dan bisa menghindari penggunaan kredit yang melewati batas.

Sebenarnya sebab utama Krediblog tertarik membuat Jenius adalah karena e-Card ini. Sewaktu hendak membayar Facebook Ads, Krediblog terkendala pembayaran karena tidak memiliki kartu kredit. Setelah mengetahui Jenius memiliki fungsi kartu kredit, langsung daftar saat itu juga. Adalah hal yang hebat memiliki sistem yang serupa dengan kartu kredit tanpa perlu memiliki kartu kreditnya. Dan bisa menentukan serta membatasi limit saldonya itu hal keren berikutnya.

e-Card adalah kartu Jenius BTPN yang langsung aktif. Begitu akun Jeniusmu sudah diaktivasi, e-Card sudah bisa langsung digunakan. Tentu saja harus kamu isi saldo dulu sebelum melakukan transaksi.

x-Card Jenius

kartu jenius btpn x-card

X-Card adalah jenis kartu Jenius BTPN yang ketiga. Secara fungsi mirip dengan m-Card dan ada wujud kartunya juga. Bisa dibilag x-Card adalah kartu ATM atau debit tambahan. x-Card ini ditujukan untuk kamu yang ingin memiliki saldo terpisah untuk setiap kebutuhan. Misal saldo khusus untuk belanja, uang jajan sekolah, transportasi atau semacamnya. Jadi jika mau bayar belanjaan kamu pakai x-Card pertama, bayar jajan pakai x-Card kedua dan seterusnya. Di Jenius kamu bisa mengajukan hingga maksimal 3 x-Card.

Untuk mendapatkan x-Card kamu bisa mengajukan dan kartu akan dikirim ke alamat yang kamu tentukan. Karena merupakan kartu tambahan, kamu akan dikenakan biaya pencetakan kartu sebesar Rp 50.000 untuk setiap 1 kartu. Biaya kartu akan diambil secara otomatis dari saldo aktif. X-Card adalah jenis kartu yang tidak harus kamu miliki jika memang tidak membutuhkan. Namun jika kamu tertarik, tersedia x-Card dengan warna yang bisa kamu pilih sesuai kesukaan dan edisi spesial pada momen-momen tertentu.

Card Center

Pada aplikasi Jenius terdapat menu untuk mengelola semua kartu, menu tersebut bernama Card Center (Cards). Pada menu inilah kamu mengurus semua kebutuhan yang berkaitan dengan semua jenis kartu Jenius BTPN.

Yang bisa kamu lakukan di Card Center diantaranya :

  1. Request kartu
  2. AKtivasi kartu
  3. Top up dan Refund
  4. Blokir dan hapus kartu
  5. Ubah PIN dan limit
  6. Cek histori transaksi

Menu pengelolaan kartu milik Jenius ini termasuk fitur yang Powerful. Kamu memiliki kontrol langsung atas segala tetek bengek yang berkaitan dengan kartumu.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram