iPhone vs Samsung. Perbandingan Kualitas & Fitur

Memang sangat sulit memilih antara produk iPhone atau Samsung. Kedua produk memiliki kelebihan masing-masing yang banyak dicari oleh para pengguna ponsel cerdas di Indonesia. Nah agar supaya kamu bisa memilih salah satu ponsel yang terbaik dan sesuai kebutuhan, simak perbandingan kualitas iPhone vs Samsung dalam artikel berikut.

Perbandingan Kualitas Ponsel iPhone dan Samsung

Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan ketika memilih ponsel cerdas yang akan digunakan. Baik itu pertimbangan dari segi harga, spesifikasi, fitur unggulan dan segi lainnya yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Adapun perbandingan yang bisa dilakukan antara ponsel iPhone vs Samsung adalah dari berbagai segi berikut ini.

1. Kamera

perbandingan kamera iphone vs samsung

Pertimbangan yang pertama dilakukan pada segi kamera yang dimiliki oleh ponsel iPhone. iPhone memiliki kualitas kamera yang bagus dan dilengkapi dengan fitur editing yang canggih. Seperti dengan adanya fitur Quad-LED dual-tone flash dan HDR untuk menghasilkan kualitas foto yang bagus dan tetap jernih meski kondisi objek minim pencahayaan.

Untuk kamera selfie yang disediakan iPhone memang terbilang lebih rendah dibandingkan kamera selfie dari Samsung, namun untuk kualitas hasil foto selfie tentunya tak perlu diragukan lagi. Sudah banyak yang mengakui kualitas terbaik dari kamera yang dimiliki ponsel iPhone.

Sedangkan untuk ponsel Samsung memiliki kualitas kamera utama dengan resolusi yang besar dengan dukungan fitur kamera umum seperti auto-HDR, LED flash, panorama, teknologi OIS dan Dual Pixel PDAF. Selain fitur tersebut tersedia juga fitur untuk optical zoom 3x sehingga memungkinkan kamu untuk melakukan pengambilan foto dari jarak jauh dengan kualitas jernih dan tak pecah.

Samsung juga menyediakan kamera depan dengan resolusi besar serta kualitas terbaik sehingga sangat bagus untuk dipilih para penggemar foto selfie. Pastinya bisa memenuhi kebutuhan kamu yang sering mengambil foto selfie untuk eksis di media sosial.

2. Sistem operasi

Pertimbangan iPhone vs Samsung yang kedua adalah dari segi dapur pacu atau sistem operasi yang digunakan ponsel. iPhone mempunyai penggunaan aplikasi yang terintegrasi dengan baik serta stabil. Khususnya dengan menggunakan aplikasi khusus yang didesain untuk perangkat berbasis iOS. Ponsel iPhone menggunakan teknologi iOS yang dikembangkan oleh Apple salah satunya dengan versi iOS 14.1.

Kemudian jenis CPU yang digunakan oleh iPhone adalah CPU Hexa-Core dan menggunakan Apple GPU. Pihak Apple memberikan dukungan pilihan RAM dan ROM yang beragam sesuai kebutuhan penggunanya, dari mulai sebesar 4GB+64GB, 4GB+128GB dan 4GB+256GB. Secara teknologi memang lebih canggih yang diberikan oleh iPhone ketimbang teknologi ponsel Samsung.

Dari segi kecepatan proses, ponsel iPhone memiliki kecepatan untuk menjalankan perintah seperti meluncurkan aplikasi dan lainnya lebih cepat dari ponsel Samsung. Hal itu dikarenakan ponsel iPhone memiliki chip pemrosesan yang paling cepat dengan mengembangkannya sendiri. Sedangkan Samsung dan ponsel lainnya kebanyakan membeli chip pemrosesan dari perusahaan pihak ketiga.

Kemudian untuk dapur pacu dari ponsel Samsung memiliki dukungan penggunaan aplikasi yang baik dan stabil, serta dengan penggunaan aplikasi yang beragam sesuai kebutuhan pengguna. Ponsel Samsung seri terbaru menggunakan sistem operasi versi terbaru yaitu Android 10. Dengan jenis CPU Qualcomm SM8250 dan GPU Snapdragon 865 dan Octa-Core.

Dukungan memori yang dimiliki Samsung juga cukup beragam, tersedia pilihan dari mulai 6GB+128 GB, 8GB+128Gb dan 8GB+256GB. Sedangkan dilihat dari segi teknologi, meski lebih canggih milik iPhone namun untuk ponsel Samsung lebih banyak menggunakan teknologi dengan varian yang lebih banyak sekaligus lebih mudah untuk diaplikasikan sesuai dengan kultur pengguna masyarakat Indonesia.

3. Harga

perbandingan harga iphone vs samsung

Jika dilakukan perbandingan iPhone vs Samsung, maka jelas untuk ponsel iPhone jauh lebih mahal daripada ponsel Android dengan spesifikasi yang sama. Namun untuk ponsel iPhone memiliki desain yang terlihat elegan dan premium sehingga banyak dipilih oleh kalangan masyarakat menengah ke atas. Meski pada beberapa seri iPhone terbaru, juga memiliki harga yang sebanding dengan ponsel Samsung namun hanya bisa ditemukan pada jenis ponsel kelas high level entry.

Untuk harga ponsel Samsung terbilang lebih terjangkau dibandingkan harga ponsel iPhone dengan spesifikasi yang sama. Hanya sayangnya ponsel Samsung memiliki kualitas desain ponsel yang umum sehingga dianggap kurang elegan dan premium desain yang dimilikinya. Jika kamu ingin mendapatkan sebuah ponsel dengan spesifikasi tinggi, fitur lengkap dan kekinian, keamanan canggih dan dengan anggaran biaya yang terbatas maka pilihannya ada di ponsel Samsung.

Namun harga iPhone yang tinggi bisa disiasati dengan pembelian secara kredit atau cicilan. Kamu bisa mendapatkan iPhone dengan cicilan per bulan sesuai kemampuan keuangan. Selengkapnya : cara kredit iPhone di iBox.

4. Desain dan kapasitas baterai

Kemudian pertimbangan iPhone vs Samsung yang berikutnya adalah dari segi desain dan baterai dari ponsel iPhone yang memiliki ukuran layar yang lebih kecil seperti berkisar 6,1 inchi. Layar iPhone memiliki dukungan jenis layar Super Retina XDR OLED yaitu sebuah teknologi modern dari jenis layar ponsel yang bisa menghasilkan warna yang tajam dan jernih.

Untuk kapasitas baterai iPhone pun juga lebih rendah dari baterai Samsung yaitu hanya sekitar di kapasitas 2500-3500 mAh. Pilihannya tentu disesuaikan dengan kebutuhan pengguna apakah lebih banyak menggunakan ponsel atau perangkat lain dalam pekerjaannya. Ponsel iPhone juga memiliki massa yang lebih berat dibandingkan ponsel Samsung.

Untuk desain ponsel Samsung memiliki dukungan layar dengan ukuran yang lebih besar yaitu berkisar 6,5 inchi dengan dukungan jenis layar Super AMOLED. Jenis layar tersebut bisa menghasilkan ketajaman warna dan kejernihan gambar yang ditampilkan di layar ponsel Samsung. Sedangkan untuk kapasitas baterai, ponsel Samsung rata-rata menyematkan baterai dengan kapasitas 4000 mAh lebih sehingga sangat awet untuk digunakan.

5. Fitur keamanan ponsel

Karena ponsel kini sudah menjadi produk penting yang digunakan hampir untuk semua kepentingan seperti untuk menghandle pekerjaan, menyelesaikan berbagai masalah keuangan dan lain sebagainya maka masalah keamanan ponsel pun sangat penting untuk diperhatikan. Untuk ponsel iPhone memiliki fitur keamanan dengan menggunakan Face ID atau metode pengenalan wajah. Fitur tersebut digunakan di semua seri ponsel iPhone yang terbaru.

Kemudian untuk ponsel Samsung menggunakan fitur keamanan sensor fingerprint under display dan ultrasonic. Memiliki metode keamanan yang super akurat dan sangat responsif menjadikan ponsel ini juga patut dipertimbangkan untuk menjadi gadget andalan dengan harga yang terjangkau.

Selain beberapa perbandingan iPhone vs Samsung di atas, perlu diketahui juga bahwa ponsel iPhone tak menawarkan adanya dukungan kartu SIM kamu karena memang menurut banyak penggunanya terbilang kurang penting keberadaannya. Berbeda dengan ponsel Samsung yang memberikan penawaran penggunaan kartu SIM kamu meski harus mengorbankan slot kartu memori di ponsel mereka. Satu hal yang harus dipertimbangkan dengan matang bukan?

Catatan iPhone vs Samsung

catatan oleh krediblog

Itulah beberapa perbandingan spesifikasi dan kualitas dari ponsel iPhone vs Samsung yang bisa menjadi bahan pertimbangan terbaik untuk memilih yang terbaik sesuai kebutuhan kamu. Pastikan untuk memilih jenis ponsel yang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki sehingga bisa lebih berfungsi secara keseluruhan.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar