Kode iPhone. Daftar Lengkap dan Cara Ceknya

iPhone adalah salah satu jenis smartphone yang kini mulai banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Namun tahukah kamu? Bahwa setiap iPhone memiliki kode yang berbeda untuk membedakan setiap produk yang digunakan pada berbagai negara yang berbeda. Secara umum, kode iPhone mempunyai kegunaan untuk membantu melacak ponsel tersebut diproduksi dari negara mana.

Daftar Lengkap Kode iPhone di Berbagai Negara

Alasan utama mengapa iPhone menggunakan kode khusus untuk menjadi syarat klaim sekaligus menyesuaikan jenis fitur yang akan diinstal di perangkat ponsel tersebut. Karena setiap negara di dunia mempunyai aturan yang berbeda-beda sehingga penting untuk menetapkan adanya kode khusus agar penggunaannya bisa dipertanggung jawabkan dengan benar.

Misalnya untuk produk iPhone yang akan dijual di pasar Jepang tak akan memiliki fitur “diam” pada kameranya karena menerapkan aturan akan larangan pengambilan foto secara diam-diam.

Kode negara iPhone

kode negara kode iphone

Di bawah ini adalah beberapa daftar lengkap dari kode iPhone dari berbagai negara dunia yang memasarkan produk tersebut.

Kode dari ponsel iPhone yang dimiliki setiap negara merupakan nomor seri dari setiap bagian negara yang tersebar. Penjabaran dari kode tersebut adalah sebagai berikut :

  • Asal negara iPhone tersebut diproduksi
  • Daerah tempat distributor melakukan penjualan dan memasarkan produk iPhone
  • Kode garansi iPhone dari negara mana (untuk syarat klaim garansi)
  • Bundling operator

Misalnya pada iPhone dengan kode produksi yang di mulai dengan “C39” menandakan bahwa iPhone tersebut diproduksi di pabrik Foxconn di China pada bulan Maret. Kode LL/A berarti iPhone tersebut di produksi di Kanada dan Amerika.

Berikut daftar kode negara selengkapnya :

KodeAsal negara
ABArab Saudi, Mesir, Uni Emirat Arab, Yordania
AMAmerika Serikat (ponsel dirakit di Vietnam)
BIrlandia, Inggris (juga dipakai untuk unit pengganti)
BRBrasil (ponsel dirakit di Brasil)
BZBrasil (ponsel dirakit di China)
CKanada
CHChina
CLKanada
CZRepublik Cheko
DJerman
DNBelkamu, Austria, Jerman
EMeksiko
EEEstonia
FBLuksemburg, Prancis
FDLiechtenstein, Swiss, Austria
GRYunani
HBIsrael
HNIndia
IPItalia
JJepang
KHKorea
KNNorway
KSSwedia, Finlandia
LAEl Savador, Kolombia, Ekuador, Guatemala, Honduras, Peru
LEArgentina
LLKanada dan Amerika Serikat (untuk beberapa unit pengganti)
LZParaguay, Chili, Uruguay
MGHungaria
MOHongkong, Makau
MYMalaysia
NFLuksemburg, Belgia, Perancis
PLPolandia
POPortugal
PPFiliphina
RORumania
RSRusia
SLSlovakia
SOAfrika Selatan
TItalia
TATaiwan
TUTurki
TYItalia
VCKanada
XSelandia Baru, Australia
YSpanyol
ZASingapura
ZPMakau, Hongkong
Kode iPhone dari berbagai negara

Kode iPhone indonesia

kode iphone indonesia

Mengapa tidak ada negara Indonesia pada tabel diatas? karena untuk saat ini belum ada iPhone yang diproduksi di Indonesia. Namun kode iPhone untuk Indonesia tetap ada karena smartphone tersebut didistribusikan disini.

Jika kamu membeli produk iPhone di Indonesia, ada deretan kode yang bisa dicek apakah iPhone tersebut benar-benar berasal dari negara Indonesia atau bukan. Perhatikan tabel!

KodeRegion
PA/AIndonesia
ID/AIndonesia
FE/AIndonesia
Kode iPhone Indonesia

Jika kamu mendapati salah satu kode seri negara tersebut ada di produk iPhone yang dibeli, maka dijamin produk tersebut merupakan produk yang berasal dari Indonesia.

Selain kode yang disebutkan di atas, ada juga jenis kode lainnya yang penting untuk diketahui. Seperti jenis kode berikut :

Kode ponsel iPhoneKeterangan / Arti
MUnit produk iPhone resmi atau baru
FiPhone Refurbished Unit yang resmi dikeluarkan oleh pihak Apple
NiPhone Replacement Unit khususnya untuk beberapa produk yang diklaim via layanan Apple Store
PiPhone Personalized Unit untuk beberapa produk yang diproduksi bebas melalui layanan Apple Online Store

Kode iPhone iBox

kode iphone ibox

iBox adalah gerai iPhone paling terkenal di Indonesia. Mereka menjual iPhone resmi dengan dukungan garansi jika ditemukan masalah di kemudian hari. Menyediakan seri iPhone lengkap dengan beragam pilihan pembayaran baik tunai maupun kredit. Khusus kamu yang tertarik dengan metode cicilan, iBox menyediakan beragam metode yang bisa dipilih. Selengkapnya baca : Cara kredit iPhone di iBox.

Sebagai distributor resmi produk Apple di Indonesia, sudah barang tentu iPhone yang dijual oleh iBox adalah 100% asli. Kode apa yang digunakan oleh iPhone dari iBox? Karena iBox mendistribusikan iPhone nya di Indonesia maka kode yang digunakan adalah kode distribusi Indonesia seperti yang sudah disebut di atas.

Kode iPhone iBox diantaranya PA/A, ID/A dan FE/A. Kamu mungkin menemukan kode tersebut meski membelinya ditempat lain (bukan di iBox) itu karena baik iBox maupun distributor lainnya sama-sama menggunakan kode distribusi untuk wilayah Indonesia.

Cara Cek Kode iPhone Mudah dan Cepat

cara cek kode iphone

Mengetahui cara cek kode iPhone memiliki kegunaan yang sangat penting yaitu untuk bisa membedakan mana produk iPhone yang kualitas original maupun non-original. Beberapa ahli bahkan menyarankan untuk mengetahui juga kode model iPhone sehingga bisa dijadikan satu teknik untuk mengetahui bagaimana kondisi ponsel iPhone yang akan dibeli.

Salah satunya adalah ponsel iPhone iBox yang menjadi distributor utama dan resmi yang menawarkan produk Apple termasuk di negara Indonesia.

Salah satu keuntungan jika kamu memilih produk iPhone dari iBox adalah bisa menggunakan kartu SIM dengan bebas di negara Indonesia. Kamu juga akan mendapatkan kemudahan untuk klaim garansi di seluruh wilayah negara Indonesia. Selain itu, kualitas produk dijamin bagus dan bisa bekerja dengan normal sesuai fungsinya.

Berikut adalah cara cek kode iPhone iBox dengan menggunakan langkah sebagai berikut :

  1. Akses layanan “Setting / Pengaturan” pada ponsel iPhone
  2. Pilih submenu “General/Umum”, kemudian ketuk opsi layanan “About/Tentang”
  3. Berikutnya akan muncul daftar informasi mengenai deskripsi perangkat iPhone yang sedang dicek. Untuk mengetahui apa kode model iPhone tersebut, kamu bisa mengecek dengan seksama kombinasi angka dan huruf yang ada pada daftar deskripsi yang ditampilkan. Lalu cocokkan kode huruf yang pertama sesuai dengan daftar kode model yang sudah dicantumkan di atas
  4. Kini kamu sudah bisa tahu apa kode model iPhone yang digunakan
garansi resmi

Kemudian ada juga produk iPhone inter, yang bisa dideskripsikan sebagai produk iPhone bekas pakai yang sudah diimpor langsung dari luar negeri ke dalam negeri. Jika kamu membeli produk iPhone dengan istilah ex iPhone inter, maka itu artinya mereka menjual produk iPhone yang merupakan barang bekas dengan kualitas yang sama bagusnya dengan produk iPhone yang dijual resmi.

Adapun keuntungan membeli produk iPhone inter ini adalah bisa mendapatkan produk iPhone dengan harga yang lebih terjangkau daripada harga distributornya. Selain itu, untuk produk inter bisa menyediakan ex iPhone seri terbaru dengan cepat daripada yang dijual di store iBox.

Namun mengingat ponsel iPhone inter adalah produk bekas pakai yang dijual kembali, maka harus disadari bahwa klaim masa garansi dari produk iPhone inter juga tak mudah untuk diproses, berbeda dengan produk iPhone iBox. Sehingga wajar saja ketika ada penjual yang memberikan garansi dalam bentuk penggantian unit, jika pengguna tak ingin repot mengurus klaim garansi yang terlampau rumit.

Nah untuk cara cek kode iPhone inter bisa dilakukan dengan melihat kode ponsel iPhone yang terletak di bagian bawah kotak kardus iPhone yang kamu beli. Seperti misalnya untuk kode ponsel iPhone berikut : MWN22ZA/A. Kode ZA yang artinya produk berasal dari negara Hongkong.

Jika kode tersebut tak terbaca atau sulit dibaca, maka kamu bisa melakukan pengecekan dengan pergi ke bagian pengaturan ponsel iPhone kemudian akses menu “General”, klik “About” dan pilih opsi “Model”. Kemudian akan muncul rincian model dan informasi lainnya dari ponsel iPhone yang sedang dilakukan pengecekan.

Catatan

catatan oleh krediblog

Itulah informasi singkat tentang daftar kode iPhone dari berbagai negara dan cara mudah untuk mengeceknya. Pastikan untuk mengecek kode tersebut untuk bisa mendapatkan produk iPhone yang asli.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar