Cara Menabung 10 Juta dalam 3 Bulan. Tips Agar Target Tercapai

Jika kamu terlahir bukan dari anak Sultan, kemungkinan besarnya kamu harus menabung dulu jika ingin membeli atau melakukan sesuatu yang mahal. Jika ingin membeli Hp atau laptop misalnya, kamu harus menyisihkan uang setiap minggu atau bulannya sampai jumlahnya terkumpul sesuai harga barang. Jika kebutuhanmu 10 jutaan, berikut kiat efektif agar bisa menabung 10 juta dalam 3 bulan.

Sebenarnya ada opsi lain yang bisa kamu tempuh, mengajukan pinjaman 10 juta langsung cair misalnya. Namun jika kebutuhannya tidak Urgent, menabung jelas pilihan yang lebih bijak. Terlebih sifat pinjaman adalah asyik menerima tetapi berat dalam pembayarannya. Uang yang berasal dari sumber sendiri (menabung) jelas sebuah kemewahan yang tidak menyisakan beban.

Tips Efektif Menabung 10 Juta dalam 3 Bulan

tips efektif menabung 10 juta dalam 3 bulan

Jika kamu sudah memilih menabung sebagai jalan yang akan ditempuh, siap-siaplah berjuang. Kamu harus komitmen dari awal mula sampai target 10 juta tercapai. Dalam perjalanannya tentu saja akan banyak godaan dan halangan. Namun jika tekadmu sekeras batu tidak akan ada yang bisa menggoyahkannya. Kiat-kiat berikut bisa membantumu melalui itu.

Tips dan cara menabung 10 juta dalam 3 bulan :

1. Hitung kemungkinan

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan bahwa tujuanmu mungkin untuk dilakukan. Apakah dengan penghasilanmu yang sekarang mungkin untuk mendapatkan 10 juta dalam 3 bulan ke depan?. Untuk bisa mendapatkan 10 juta dalam 3 bulan, minimal penghasilanmu adalah 100 ribu per hari. Jika kurang dari itu maka akan butuh waktu lebih lama lagi dari 3 bulan.

Jika setelah dihitung-hitung targetmu sulit terwujud, coba atur ulang rencana. Kamu bisa mengurangi nominal target atau memperpanjang waktu yang dibutuhkan. Benar kamu bebas dan sah-sah saja menabung sesuai uang yang dimiliki, namun jika berbicara target maka harus realistis.

2. Tentukan frekuensi

3 bulan terdiri dari 12 minggu atau 90 hari. Kamu bisa memilih frekeunsi menabung secara harian, mingguan atau bahkan bulanan. Tentukan frekuensi ini sesuai dengan sumber penghasilanmu. Jika gajimu setiap sebulan sekali maka menabung dengan frekuensi bulanan bisa dipilih. Atau jika gajimu dibayar mingguan, menabung seminggu sekali pilihan lebih baik. Tentukan frekuensi menabung dan bertahanlah dengan itu.

Untuk mempermudah, berikut Krediblog sertakan tabel perhitungan tabungan untuk masing-masing frekuensi.

FrekuensiJumlahNominal TabunganTotal
Harian90 kali115.00010.350.000
Mingguan12 kali835.00010.020.000
Bulanan3 kali3.335.00010.005.000
Tabel menabung 10 juta dalam 3 bulan

3. Siapkan lokasi khusus

Kamu harus menentukan tempat untuk menyimpan uang hasil tabunganmu. Jika celengan dianggap terlalu jadul, kamu bisa mempertimbangkan tempan penyimpanan uang yang lebih modern seperti e Wallet atau mungkin membuat rekening bank khusus. Poinnya adalah memisahkan antara uang untuk kebutuhan sehari-hari dan khusus tabungan. Pemisahan ini penting untuk menghindari konflik kebutuhan selama perjalanan.

4. Atur pengeluaran

atur pengeluaran

Jika ingin proses menabung 10 juta dalam 3 bulan mu berjalan lancar, kamu harus mampu mengatur pengeluaran dengan baik. Ini bukan berarti kamu harus ahli atau pandai dalam berhitung. Melainkan cukup dengan mematikan bahwa masing-masing kebutuhan sudah memiliki alokasi dananya. Penghasilanmu hanya datang dari satu sumber sementara kebetuhan bisa sangat banyak turunannya. Batasi kebutuhanmu sesuai ketersediaan dana.

5. Tekun

3 bulan bukan waktu yang sebentar. Akan ada masa dimana kamu malas menabung karena pusing membagi kebutuhan dengan uang yang ada. Atau tergoda mengambil sedikit dari tabungan untuk membeli sesuatu yang tampak menarik. Halangan dan godaan seperti itu atau dalam variasi lainnya akan selalu ada. Jika kamu tekun (berkeras hati dan sungguh-sungguh) perjuanganmu bisa berbuah manis nantinya.

Catatan menabung 10 juta dalam 3 bulan

catatan cara menabung 10 juta dalam 3 bulan

Cara menabung 10 juta dalam 3 bulan di atas juga bisa kamu terapkan untuk durasi waktu yang lebih lama semisal 6 bulan atau 12 bulan misalnya. Durasi yang lebih lama nominal tabungan bisa lebih kecil atau jika jumlahnya sama total tabunganmu bisa lebih besar lagi.

Kunci dalam menabung berapun target dan durasinya adalah terus menerus. Bukan menabung jika kamu hanya melakukannya sewaktu-waktu. Terus menerus yang kamu lakukan saat menabung itulah yang akan mengejutkanmu di akhir perjalanan nanti.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar