Cara Melunasi Hutang 10 Juta. Tips agar Giat Bayar Sampai Lunas

Karena termasuk jumlah yang besar, cara melunasi hutang 10 juta jelas tidak mudah. Tetapi juga bukan hal yang mustahil karena jika dananya sudah ada bisa dilunasi saat itu juga. Hutang hingga mencapai 10 juta seringnya berasal dari pinjaman yang terakumulasi. Tambah terus menerus tanpa disadari jumlah hutang sudah menggunung.

Meski tersedia pinjaman 10 juta langsung cair, menutup hutang dengan hutang baru adalah jalan tercepat untuk mencapai masalah finansial. Mungkin hutangmu di A bisa lunas, tetapi hutang baru di B akan melanjutkan kesusahan dikejar hutang yang sebelumnya sudah kamu rasakan. Terus saja seperti itu. Maka dalam hutang sering ada istilah lingkaran setan untuk menunjukkan putaran yang nyaris tiada akhirnya.

Tips untuk Melunasi Hutang 10 Juta

tips dan cara cara melunasi hutang 10 juta

Bagaimana cara melunasi hutang 10 juta? tentu saja dengan membayarnya. Mencari uang yang untuk membayar itulah letak masalah sebenarnya. Kamu harus mencari sumber dana baik yang berasal dari diri sendiri maupun pihak luar. Dalam prosesnya akan dibutuhkan usaha yang ekstra karena halangan dan rintangan pasti adanya. Berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan dalam usaha untuk melunasi hutang tersebut.

Cara melunasi hutang 10 juta :

1. Niat sepenuh hati

Alasan membayar hutang disamakan dengan jihad adalah karena tanpa kesungguhan kamu tidak akan bisa melakukannya. Membayar hutang itu sulit. Semakin sulit jika jumlah yang harus dibayar kian besar. Usaha yang dilakukan tidak akan maksimal jika sedari awal tidak ada kesungguhan. Bahkan meskipun sudah ada dananya akan terus menghindar jika belum ada niat membayar.

Niatilah sungguh-sungguh untuk membayar hutang. Kamu tidak bisa membayar hutang 10 juta hanya dengan niat, tapi tanpa niat hutang sepeserpun akan sangat sulit membayarnya. Mulai langkah pertamamu dengan niat dan sempurnakan dengan usaha maksimal.

2. Alokasikan dana

Jika tidak bisa menyipakan 10 juta dalam 1 hari, coba kumpulkan dalam 1 bulan atau 1 tahun. Kamu harus mengalokasikan dana yang dimiliki khusus untuk kebutuhan membayar hutang. Berfikirlah seperti orang yang sedang memiliki beban sehingga kamu akan selalu fokus untuk segera menyelesaikan beban tersebut.

Kamu bisa membayar hutang dengan cara mencicil setiap periode waktu tertentu. Atau jika tidak memungkinkan kumpulkan sendiri lalu bayar saat dana sudah terkumpul. Kuncinya adalah terus mengurangi jumlah hutang dengan cara menyiapkan dana khusus untuknya.

3. Atur ketat pengeluaran

Rencana pembayaran hutangmu akan berjalan lancar jika memiliki management keuangan yang baik. Tidak akan ada yang namanya gali lubang tutup lubang karena setiap pos pengeluaran sudah kamu atur menyesuaikan dana yang tersedia. Penghasilanmu boleh saja pas-pasan, namun jika pengeluaran bisa dibatasi kamu bisa menyimpan alih-alih mengeluarkan.

4. Menjual aset

menjual aset berharga

Ini opsi yang bisa ditempuh jika kamu memiliki aset berharga. Melunasi hutang 10 juta butuh ekstra perjuangan. Jika penjualan aset tidak bisa sekaligus melunasi semua hutang setidaknya bisa dijadikan Starting Point agar perjuangan bisa lebih ringan nantinya. Fokus utama pada kewajiban membayar hutang, jika ada waktu dan kesembatan aset bisa didapatkan kembali.

5. Cari tambahan penghasilan

Cobalah untuk mencari penghasilan tambahan. Semua rencana yang sudah kamu susun dan jalankan akan sangat terbantu jika ada penghasilan tambahan ini. Jangan terlalu muluk diawal tapi mulailah dari hal produktif di sekitar yang penting bisa menghasilkan. Konsisten dalam melakukannya sampai ada harapan yang bisa ditumbuhkan. Tujuan jangka panjangnya penghasilan tambahan inilah yang nanti akan menjadi sumber dana untuk membayar hutang.

Catatan cara melunasi hutang 10 juta

catatan melunasi hutang 10 juta

Cara melunasi hutang 10 juta di atas terlihat sederhana jika hanya dibaca namun terasa berat saat dijalankan. Ngomong lebih mudah daripada melakukan. Kamu ikuti atau tidak tips diatas, hutang yang ada harus tetap dibayar. Jadi anggap saja tulisan diatas sebagai bentuk dukungan moril.

Krediblog sendiri pernah memiliki hutang hingga 10 juta lebih dan sempat tak tahu lagi dengan apa atau bagaimana akan membayarnya. Karena pusing jika harus dipikirkan maka dibiarkan berjalan. Saat ada uang bayar 1 juta. Ketika dapat rezeki lebih langsung kasih 3 juta. Satu-satu dan pelan-pelan dijalani sampai akhirnya hutang tersebut lunas.

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar