Biaya Nikah Sederhana 10 Juta. Rincian untuk Akad dan Resepsi

Apakah mungkin menikah dengan modal minim? Jawabannya adalah mungkin. Yang sulit adalah menikah tanpa modal. Proses pernikahan karena melibatkan orang lain dan menggunakan perlengkapan, pastilah membutuhkan modal. Tapi tidak selalu harus mahal. Biaya nikah sederhana dengan modal 10 juta juga bisa dilakukan.

Jika butuh tambahan modal ada pinjaman 10 juta langsung cair yang bisa dicoba. Namun jelas itu opsional karena kamu tetap bisa melangsungkan pernikahan dengan modal 10 juta yang sudah kamu pegang.

Tips Nikah Sederhana dengan Budget 10 Juta

tips biaya nikah sederhana 10 juta

Kamu bisa melaksanakan pernikahan dengan biaya 100 juta maupun 10 juta. Keduanya sama mungkinnya dan tergantung bagaimana kamu selaku penyelenggara mengatur acara. Ini bukan berarti pesta pernikahan 100 juta akan sama dengan 10 juta karena ketersediaan dana jelas akan memberikan kelengkapan yang berbeda. Melainkan pesta pernikahan bisa didesain sefleksibel mungkin menyesuaiakan ketersediaan Budget.

Biaya nikah sederhana dengan modal 10 juta itu cukup jika beberapa tips ini diterapkan :

1. Atur alokasi dana

Kunci sukses menyelenggarakan acara adalah alokasi dana yang tepat. Setiap kebutuhan harus ada dananya. Jika banyak kebutuhan namun dana tidak mencukupi pilihannya adalah menambah dana atau meniadakan kebutuhan tersebut. Lakukan ini pada daftar kebutuhan pernikahanmu, maka hasil seleksi harusnya hanya akan menyisakan kebutuhan esensial dengan total biaya kurang dari 10 juta.

Setahu Krediblog, pernikahan hanya membutuhkan 2 hal, yaitu akad nikah dan perjamuan. Akad nikah untuk mengesahkan pernikahan secara agama dan negara sedang tujuan perjamuan adalah sebagai deklarasi atau pengumuman kepada masyarakat umum bahwa kedua mempelai sudah sah menjadi suami istri. Acara atau kebutuhan lain sifatnya opsional menyesuaikan tradisi, kebiasaan hingga ketersediaan dana.

Berikut rincian perhitungan biaya nikah dengan biaya minim :

KebutuhanBiayaKeterangan
Akad nikah600.000Penghulu datang ke lokasi
Mas kawin2.000.000Emas 2 gram
Perjamuan5.000.000Makan-makan sederhana
Dekorasi1.000.000Versi minimalis
Tata rias1.000.000Versi minimalis
Rincian biaya nikah sederhana 10 juta

2. Lakukan pernikahan di rumah

Lokasi pernikahan dan perjamuan adalah salah satu kebutuhan yang kerap menghabiskan dana yang besar. Semakin elit tempat yang digunakan maka akan semakin mahal biaya yang harus dibayarkan. Jika kamu menghilangkan kebutuhan lokasi ini maka akan banyak dana yang bisa kamu hemat.

Lakukan pernikahan di rumah atau area lain yang tidak perlu mengeluarkan biaya sewa. Keluarga, teman dan sahabat tetap akan datang meski kamu menyelenggarakan pesta pernikahan di tempat yang jauh dan terpencil.

3. Pilih versi sederhana

Mungkin biaya pernikahan hanya seputar bayar akad ke penghulu, dekorasi, make up dan katering. Tetapi jika kamu memilih gaya ketimbang fungsi, kesan dibanding manfaat maka biaya nikah sederhana dengan modal 10 juta akan sulit terwujud.

Sangat mungkin untuk Over Budget jika menuruti keinginan. Menyadari dana yang dimiliki terbatas maka selalu pilih versi sederhana dibanding mewah. Bagus itu bukan tentang sederhana atau mewah, melainkan keadaan mana yang paling cocok dengan keadaanmu pada saat itu.

4. Undangan secukupnya

undangan secukupnya

Konsekuensi biaya nikah sederhana dengan budget 10 juta salah satunya adalah perjamuan yang disediakan hanya cukup untuk jumlah tertentu. Maka undanglah hanya sebatas itu saja. Utamakan keluarga, tetangga dan teman dekat. Ini bukan berarti kamu tidak menghendaki orang-orang diluar itu untuk datang, melainkan menghindari kekecewaan saat mereka memaksakan datang namun tidak ada jamuan yang bisa dihidangkan.

5. Banyak bersyukur

Keterbatasanmu dalam menyiapkan pesta pernikahan akan hilang seketika saat kamu menutupnya dengan rasa syukur. Ada 2 hal yang harus kamu syukuri. Pertama adalah datangnya jodohmu disaat masih banyaknya diluaran sana yang harap-harap cemas menunggu sang jodoh datang. Dan yang kedua kebersamaan kalian selangkah lagi akan sah dan halal. Maka meski dirasa masih banyak kekurangan dalam menyiapkan acara pada akhirnya ini tentang yang penting kalian bersatu.

Catatan biaya nikah sederhana 10 juta

catatan biaya nikah sederhana 10 juta

Rincian biaya nikah sederhana dengan modal 10 juta di atas mungkin tidak aplikatif dan terkesan mengawang. Itu bisa jadi benar karena harga kebutuhan maupun perlengkapan pernikahan akan terus naik setiap tahunnya. Apa yang bisa dibayar 1 juta pada tahun ini mungkin akan menjadi 2 kali lipat di tahun berikutnya.

Poin yang ingin Krediblog sampaikan adalah bahwa benar menikah membutuhkan modal. Namun itu tidak menjadi penentu kualitas pernikahanmu. Kamu bisa menikah dengan biaya berapapun yang kamu miliki. Akad nikahmu akan selalu sah dan halal selama sesuai dengan rukun agama, bukan tergantung bentuk pestanya. Dan kabar baiknya, itu bagian acara yang paling penting dari semua kemeriahan yang ada.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar