Cara Hapus Daftar Rekening di myBCA. Ternyata Mudah & Cepat

Berbeda dengan m BCA, myBCA tidak menyediakan menu khusus untuk menghapus daftar rekening atau daftar transfer. Silahkan cek satu per satu setiap menu yang ada, kamu tidak akan menemukannya. Cara hapus daftar rekening di myBCA tidak dilakukan di menu terpisah melainkan langsung di rekening tersebut. Ternyata caranya sangat mudah dan sederhana. Kita bingung karena sudah terbiasa dengan antarmuka m BCA selama bertahun-tahun sebelumnya.

Meski sama-sama berstatus aplikasi mobile banking, m BCA dan myBCA memiliki cukup banyak perbedaan. Utamanya pada fitur-fitur baru yang pertama kali dibawa oleh myBCA. Kamu bisa melihat daftar perbedaan lengkapnya disini : perbedaan myBCA dan BCA mobile.

Hapus Daftar Transfer agar Lebih Rapi

Keharusan menyimpan nomor rekening sebelum melakukan transfer berdampak pada daftar transfer yang terus bertambah. Mungkin belum terasa pada fase-fase awal penggunaan tetapi seiring waktu daftar nomor rekening tersebut akan kian panjang karena penambahannya konsisten dan terus menerus.

Menghapus daftar rekening di myBCA perlu dilakukan untuk penghindari penumpukan nomor rekening sampah (tidak lagi digunakan). Memilah untuk hanya menyisakan daftar transfer yang aktif atau yang masih rutin digunakan sebagai tujuan transaksi.

Menghindari salah transfer

Alasan penting lain mengapa kita harus menghapus daftar rekening di myBCA adalah untuk menghindari resiko salah transfer. Setiap akan melakukan transfer kita terlebih dahulu melakukan pencarian dengan mengetikkan nama pemilik rekening. Resiko salah pilih rekening akan meningkat jika terdapat atas nama yang mirip. Misal Akhmad dengan Akhmal, Ruslan dengan Kuslan, Ratna dengan Retno atau variasi kemiripan lainnya.

Ada beberapa teman yang melakukan salah transfer dengan penyebab kemiripan nama seperti dijelaskan di atas. Hati-hati itu pasti tetapi kita tidak pernah tahu kapan akan terpeleset. Maka menyingkirkan resiko adalah cara terbaik untuk menuju aman.

Tutorial cara hapus daftar rekening di myBCA

tutorial cara hapus daftar rekening di mybca

Berikut step by step tutorial cara hapus daftar rekening di myBCA. Prosesnya sendiri mudah dan bisa kamu lakukan meski tanpa melihat tutorial. Namun tutorial ini berikut screenshotnya tetap disertakan untuk yang membutuhkan.

Waktu yang dibutuhkan: 3 menit

Cara hapus daftar rekening di myBCA

  1. Login myBCA

    Buka aplikasi myBCA dan lakukan login dengan password atau sidik jari.step 1 login mybca

  2. Pilih Transfer

    Pada halaman Beranda pilih menu “Transfer”.step 2 pilih transfer hapus daftar rekening di mybca

  3. Pilih jenis rekening

    Pilih jenis rekening yang ingin dihapus. Sesama BCA, rekening bank lain atau virtual account.step 3 pilih jenis rekening

  4. Pilih rekening yang akan dihapus

    Pada daftar transfer yang tertera cari nomor rekening yang ingin dihapus.step 4 pilih rekening yang akan dihapus

  5. Lakukan penghapusan

    Geser (swipe) ke kiri tepat di atas rekening yang akan dihapus. Akan muncul pilihan, ‘Ubah' atau ‘Hapus'. Pilih “Hapus”.step 5 lakukan hapus daftar rekening di mybca

  6. Konfirmasi penghapusan

    myBCA akan meminta konfirmasi perihal rekening yang akan dihapus. Pilih tombol “Hapus”.step 6 konfirmasi hapus daftar transfer di mybca

  7. Masukkan PIN Transaksi

    Masukkan PIN untuk finalisasi transaksi. Nomor rekening sudah berhasil dihapus.step 7 masukkan pin transaksi

  8. Ulangi untuk rekening lain

    Jika ada banyak nomor rekening yang akan dihapus, ulangi langkah di atas sebanyak yang dibutuhkan.step 8 ulangi hapus daftar rekening di mybca

Cara hapus daftar rekening di myBCA sama untuk semua rekening

Cara hapus daftar transfer di myBCA sama saja baik untuk rekening BCA, rekening bank lain (BRI, BNI, Mandiri, dll) maupun rekening virtual acoocunt. Pilih nomor rekeningnya dan lakukan swipe kiri. Cara ini lebih mudah dan sederhana dibanding harus membuka menu m-Admin seperti pada BCA mobile.

Catatan hapus daftar rekening di myBCA

catatan hapus daftar rekening di mybca

Namun terdapat kekurangan pada cara hapus daftar rekening myBCA ini. Meski langkahnya mudah tinggal swipe kiri dan hapus, namun karena harus satu per satu maka akan merepotkan untuk pengguna yang ingin menghapus dalam jumlah yang banyak. Jika daftar transfer yang akan dihapus ada sekitar 30 rekening, maka kamu harus 30 kali melakukan swipe dan memasukkan PIN transaksi. Betapa membosankannya.

Dari desainnya yang mengharuskan menghapus rekening satu per satu, ada pendekatan berbeda yang ingin myBCA hadirkan. Yaitu myBCA menghendaki merapikan daftar transfer sejak dini. Jadi jangan menunggu numpuk dulu baru dihapus melainkan hapus saat itu juga saat kamu tahu rekening tersebut sudah tidak lagi dibutuhkan.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar