Cara Bayar Shopee Pakai Gopay. Belanja dg E-Wallet

Belum tahu cara bayar Shopee pakai Gopay? Buat kamu yang sering belanja online di Shopee ternyata bisa bayar menggunakan dompet digital seperti Gopay. Apabila kamu ingin belanja online dan tidak memiliki rekening bank, pembahasan berikut ini pasti akan sangat berguna.

Syarat Pembayaran Shopee Pakai Gopay

Shopee memiliki beberapa pilihan metode pembayaran seperti transfer bank (BRI, BNI, BCA, MANDIRI), kartu kredit, Shopeepay, Shopee Paylater, Alfamart dan Indomaret. Meski tidak ada pilihan pembayaran menggunakan Gopay, kamu bisa memakai saldo di dompet digital ini untuk bayar Shopee dengan syarat berikut.

  1. Memiliki akun Gopay yang sudah diupgrade (Gopay Plus)
  2. Biaya admin Rp 2.500 untuk setiap transaksi
  3. Minimal transfer Rp 10.000
  4. Memiliki saldo Gopay yang mencukupi

Pada dasarnya bayar Shopee pakai Gopay hampir sama seperti pembayaran menggunakan metode transfer bank. Namun, kamu tidak perlu memiliki rekening bank karena bisa transfer langsung dari Gopay.

Dompet digital (e-wallet) ini tidak hanya dipakai untuk menyimpan uang. Kamu juga bisa melakukan transaksi seperti membayar tagihan hingga transfer bank melalui Gopay. Fitur tersebut dapat dimanfaatkan untuk bayar belanja online kamu di Shopee.

Selain e-wallet, kamu juga bisa membayar dengan metode paylater. Salah satu yang sudah bekerjasama dengan Shopee adalah Kredivo. Kamu bisa membeli barang di Shopee dan membayarnya secara cicilan. Selengkapnya baca : cara bayar shopee pakai Kredivo.

Cara Upgrade Akun Gopay

bayar shopee pakai gopay upgrade

Upgrade akun Gopay ke Gopay Plus diperlukan agar kamu bisa transfer atau bayar Shopee. Caranya pun mudah dengan beberapa langkah berikut.

  1. Buka aplikasi Gopay
  2. Masuk ke menu eksplor
  3. Pilih menu “Upgrade Sekarang” yang ada di bagian bawah
  4. Pilih data diri yaitu “e-KTP” untuk WNI atau “Paspor” untuk WNA
  5. Klik tombol “Ambil Foto e-KTP”
  6. Selfie bersama e-KTP (ikuti petunjuk)
  7. Klik menu “Upgrade Sekarang”

Selanjutnya, kamu tinggal tunggu verifikasi dari Gojek. Proses verifikasi untuk upgrade akun biasanya tidak sampai satu hari asalkan foto selfie dengan KTP jelas.

Cara Membayar Belanja Online Shopee Pakai Gopay

tutorial cara bayar shopee pakai gopay

Mungkin masih banyak pengguna yang belum tahu cara bayar Shopee pakai Gopay karena metode ini tidak muncul di pilihan menu pembayaran. Kamu bisa menggunakan Gopay untuk bayar Shopee jika tahu triknya. Berikut tutorial lengkap untuk pembayaran belanja Shopee pakai Gopay.

1. Buat pesanan di aplikasi Shopee

Langkah pertama tentu saja membuat pesanan di Shopee. Kamu bisa menggunakan aplikasi Shopee atau membuka website resminya. Pastikan kamu memiliki akun Shopee agar bisa berbelanja online di marketplace ini.

Silakan pilih barang yang ingin kamu beli di Shopee. Kamu bisa menggunakan fitur pencarian atau filter untuk memudahkan kamu menemukan barang yang diinginkan.

Jangan lupa baca deskripsi produk agar kamu tidak salah pilih dan menyesal nantinya. Selanjutnya, kamu bisa lanjut check out belanjaan dengan pilih menu “Beli Sekarang”.

2. Pilih metode pembayaran

Setelah melakukan check out, kamu akan dialihkan ke halaman pembayaran Shopee. Ada banyak pilihan metode pembayaran yang disediakan agar pengguna bisa memilih metode pembayaran yang paling mudah.

Cara bayar Shopee pakai Gopay yaitu dengan memilih metode pembayaran menggunakan “Transfer Bank”. Kemudian pilih “BNI (Dicek otomatis)” dan klik tombol “Buat Pesanan”.

3. Copy nomor Virtual Account (VA)

Selanjutnya, kamu akan mendapatkan nomor pembayaran untuk pesanan yang sudah dibuat. Nomor pembayaran yang berupa virtual account ini bisa kamu salin atau copy. Kamu cukup klik tombol “Salin” di sebelah kanan nomor virtual account dan otomatis nomor tersebut tersalin.

4. Buka aplikasi Gojek

Setelah membuat pesanan dan memilih metode pembayaran, langkah selanjutnya adalah membayar Shopee melalui aplikasi Gojek (memiliki akun Gopay Plus). Di halaman pertama, silakan kamu pilih menu “Bayar”.

Kemudian pilih opsi “Ke rekening bank”, lalu klik menu “Transfer instan ke rekening baru”. Pilih BNI (sesuai metode pembayaran Shopee yang sudah kamu buat sebelumnya).

5. Masukan nomor Virtual Account

Input nomor virtual account BNI yang sudah kamu copy, ke kolom nomor rekening dengan cara tahan beberapa detik hingga muncul “Paste” atau “Salin”. Selanjutnya akan muncul nama penerima.

Pastikan nama yang muncul sudah benar sesuai akun Shopee. Klik tombol “Lanjut” untuk melanjutkan transaksi Shopee bayar pakai Gopay di aplikasi Gojek kamu.

6. Masukan nominal pembayaran

nominal pembayaran

Langkah berikutnya yaitu memasukkan nominal tagihan Shopee. Pastikan nominal yang akan ditransfer sesuai dengan total belanja atau pembayaran di Shopee. Jangan lupa klik tombol “Lanjut” di bagian bawah.

Nanti akan muncul detail transaksi transfer Gopay ke virtual account BNI (pembayaran Shopee). Apabila semua sudah benar, tekan tombol “Konfirmasi” untuk melanjutkan pembayaran.

7. Isi PIN Gopay

Terakhir, kamu perlu memasukkan PIN Gopay untuk menyelesaikan pembayaran. Masukan 6 digit PIN Gopay dengan benar dan pembayaran Shopee sudah selesai dilakukan.

Itulah cara bayar Shopee pakai Gopay yang bisa kamu coba. Pastikan kamu memiliki akun Shopee, akun Gopay Plus, dan saldo Gopay yang cukup agar bisa bertransaksi.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar