Cara Bayar Shopee Pakai BCA Mobile, ATM & Klik BCA

Buat kamu yang sering belanja di Shopee, sebaiknya tahu cara bayar Shopee pakai BCA Mobile yang mudah dan cepat. Pihak Shopee telah bekerja sama dengan BCA dalam menyediakan layanan pembayaran ini. Dengan cara berikut ini kamu bisa membayar tagihan Shopee langsung dari BCA Mobile tanpa repot top up ShopeePay.

Cara Bayar Pesanan Shopee Pakai BCA Mobile

Sebagai salah satu big e-commerce, Shopee memberikan banyak kemudahan bagi para pengguna dengan menyediakan berbagai metode pembayaran. Salah satu yang sedang ramai belakangan adalah dengan menggunakan paylater Kredivo. Kamu membeli sekarang dan membayarnya nanti saat jatuh tempo. Pembahasan selengkapnya bisa kamu lihat disini : cara bayar Shopee pakai Kredivo.

Shopee juga memiliki metode pembayaran resmi yang disebut ShopeePay. Pengguna bisa top up ShopeePay melalui BCA Mobile untuk nantinya digunakan membayar tagihan Shopee. Namun, cara tersebut dianggap kurang praktis karena harus melakukan dua kali transaksi. Kamu bisa melakukan pembayaran Shopee via virtual account BCA sebagai solusinya.

Nomor VA BCA ini yang sangat penting agar kamu bisa bayar Shopee melalui BCA Mobile, ATM, maupun internet banking. Berikut langkah-langkahnya.

tutorial cara bayar shopee pakai bca mobile

1. Cari barang di Shopee

Cara bayar Shopee pakai m banking BCA atau ATM tentu harus ada barang atau pesanan terlebih dahulu. Kamu bisa cari barang di aplikasi atau website Shopee yang ingin dibeli. Manfaatkan fitur filter untuk menemukan barang incaran kamu dengan mudah. 

2. Membuat pesanan

Lakukan check out belanja untuk barang-barang yang sudah kamu kumpulkan di keranjang Shopee. Cukup klik tombol “Checkout” di pojok kanan bawah.

Lengkapi data untuk pesanan kamu, seperti alamat dan layanan ekspedisi atau kurir yang akan mengantar paketmu. Apabila kamu memiliki kode voucher bisa diisikan pada kolom yang tersedia.

Shopee sering memberikan voucher menarik bagi para pengguna, seperti voucher gratis ongkir, cashback, potongan harga, dan lain sebagainya. Voucher ini bisa dipakai untuk menghemat biaya belanja kamu di Shopee.

3. Pilih metode pembayaran

Setelah menyelesaikan pesanan, kamu bisa melihat tagihan untuk barang yang kamu beli dan biaya ongkir (ongkos kirim). Cara bayar Shopee pakai BCA Mobile yaitu memilih metode pembayaran “Transfer Bank” dan pilih opsi “Bank BCA (Dicek Otomatis)”.

Silakan teliti detail pesanan kamu. Jika semua sudah ok, silakan klik tombol “Buat Pesanan” di pojok kanan bawah. Kamu akan diarahkan ke halaman pembayaran dan mendapatkan nomor rekening virtual (virtual account) BCA. Klik tombol “Salin” untuk menyalin nomor VA BCA, lalu klik “OK” di bagian bawah.

4. Lakukan pembayaran di aplikasi BCA Mobile

buka aplikasi m bca

Setelah mendapatkan nomor VA BCA, kamu bisa lanjut ke pembayaran. Pastikan kamu segera membayar tagihan Shopee atau tidak melebihi 1×24 jam agar pesanan tidak dibatalkan.

Cara bayar Shopee lewat BCA mobile tentu kamu harus memiliki aplikasi BCA Mobile yang terpasang di ponsel. Buka aplikasi tersebut, kemudian pilih menu “m-BCA” yang paling atas. Klik pada menu “m-Transfer”.

5. Input nomor rekening virtual BCA

Selanjutnya, pilih opsi “BCA Virtual Account” dan masukan nomor rekening virtual BCA yang sudah disalin sebelumnya. Kamu akan mendapatkan halaman konfirmasi yang memuat beberapa detail transaksi seperti nama merchant (pastikan AIRPRAY/SHOPEE), total tagihan, dan username (nama akun Shopee). 

Jika semua sudah sesuai, klik tombol “OK”. Kemudian akan muncul pop up konfirmasi, silakan masukan PIN m-BCA untuk menyelesaikan transaksi. Terakhir, klik tombol “Send” atau “Kirim”.

6. Selesai

Cara bayar Shopee pakai BCA Mobile selesai dan berhasil. Pembayaran kamu akan otomatis terkonfirmasi di sistem Shopee. Status pesanan kamu akan otomatis diubah menjadi sudah dibayar. 

Cara Bayar Pesanan Shopee Lewat BCA ATM

tutorial cara bayar shopee pakai atm bca

Apabila kamu tidak memiliki aplikasi BCA Mobile, kamu bisa menggunakan ATM untuk membayar tagihan Shopee. Caranya tidak jauh berbeda seperti bayar Shopee pakai BCA Mobile, kamu cukup membuat pesanan di Shopee hingga mendapatkan nomor rekening virtual BCA dan ikuti langkah berikut.

  1. Datang ke ATM BCA terdekat
  2. Masukan kartu debit BCA dan PIN
  3. Pilih menu Transaksi Lain
  4. Pilih opsi Pembayaran
  5. Pilih opsi Lainnya
  6. Pilih opsi VA
  7. Masukan kode 126 dilanjutkan nomor HP yang terdaftar di Shopee
  8. Pilih Benar dan klik Ya untuk konfirmasi
  9. Tunggu beberapa saat dan transaksi 

Cara Bayar Pesanan Shopee Lewat BCA Internet Banking

tutorial cara bayar shopee pakai internet banking bca

Layanan internet banking dari BCA juga bisa menjadi alternatif untuk kamu yang ingin membayar tagihan Shopee. Buat pesanan di Shopee hingga muncul kode VA BCA dan ikuti langkah berikut.

  1. Buka aplikasi browser dan masuk ke klikbca.com
  2. Pilih menu Transfer Dana
  3. Klik opsi Transfer ke BCA VA
  4. Masukan nomor rekening virtual BCA (126 + nomor HP Shopee)
  5. Klik lanjutkan
  6. Masukan respon keyBCA kamu 
  7. Klik kirim
  8. Selesai

Nah, itulah cara bayar Shopee pakai BCA Mobile, ATM BCA, dan Klik BCA. Setelah pembayaran selesai, pesanan kamu akan diproses. Apabila dibatalkan, maka pembayaran kamu akan dikembalikan ke saldo ShopeePay.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar