Cara Bayar Listrik Lewat myBCA atau PLN Pascabayar. Bisa!

Pada saat Krediblog melakukan pendaftaran myBCA pada 10 Oktober 2023, aplikasinya belum bisa digunakan untuk membayar tagihan listrik. Pada menu Bayar dan Isi Ulang tidak tersedia pilihan PLN maupun pembayaran tagihan listrik. Pengguna tidak bisa bayar listrik lewat myBCA karena ketiadaan menu tersebut.

Selama rentang waktu tersebut Krediblog melakukan pembayaran listrik melalui aplikasi satunya yaitu BCA mobile. Jadi semua transaksi keuangan dilakukan full di myBCA namun khusus untuk bayar tagihan listrik mendadak menggunakan aplikasi versi lama. Itu berlangsung sampai artikel ini ditulis.

Ketentuan dan Tutorial Bayar Listrik Lewat myBCA

ketentuan bayar listrik di mybca

Menyadari itu hal yang aneh, Krediblog secara rutin mengecek apa sudah bisa bayar listrik lewat myBCA atau belum. Dan pada pengecekan awal Februari 2024 sudah ada menu baru yaitu PLN, Pascabayar Signal dan beberapa menu pembayaran baru lainnya. Itu berarti sekarang sudah bisa bayar listrik di myBCA.

Bisa bayar beragam jenis produk PLN

Ada 4 jenis tagihan listrik yang bisa dibayarkan melalui aplikasi myBCA. Keempat jenis tersebut mengikuti variasi produk yang dimiliki oleh PLN. Diantaranya :

  • PLN Nontaglis
  • PLN Pascabayar
  • PLN Prabayar
  • PLN Prabayar Manual Advice

Untuk pengguna listrik umum biasanya menggunakan jenis PLN Pascabayar atau yang Prabayar. Jika kamu biasa melakukan pembayaran listrik secara bulanan dan dibayarkan sebelum tanggal 20, itu berarti kamu menggunakan PLN Pascabayar. PLN Pascabayar adalah penggunaan listrik tanpa pembayaran langsung, dan tagihan dikeluarkan setelah pemakaian.

Tutorial step by step cara bayar listrik di myBCA

tutorial cara bayar listrik lewat mybca

Tutorial berikut benar dilakukan oleh Krediblog untuk membayar tagihan listrik pascabayar di rumah orang tua. Kamu bisa mengikutinya langkah demi langkah karena tahapannya sama.

Waktu yang dibutuhkan: 3 menit

Cara bayar listrik lewat myBCA :

  1. Buka myBCA

    Buka aplikasi myBCA sampai ke halaman Beranda.step 1 bayar listrik lewat mybca buka aplikasi

  2. Pilih PLN

    Pada daftar menu BAYAR & ISI ULANG pilih menu PLN. Jika tidak ada klik “Selengkapnya” untuk menampilkan semua menu.step 2 bayar listrik lewat mybca pilih pln

  3. Pilih PLN Pascabayar

    Pada pilihan Jenis Produk PLN, pilih PLN Pascabayar. step 3 pilih pln pascabayar

  4. Pilih jenis produk PLN

    Pada halaman berikutnya pada pilihan “Jenis Produk PLN” kembali pilih PLN Pascabayar.step 4 bayar listrik lewat mybca pilih produk pln

  5. Masukkan ID Pelanggan

    Pada kolom yang disediakan masukkan ID Pelanggan untuk listrik yang akan dibayarkan.step 5 bayar listrik lewat mybca masukkan id pelanggan

  6. Cek detail

    Cek baik-baik detail transaksi yang akan diproses. ID Pelanggan, atas nama dan nominal tagihan yang akan dibayarkan.step 5 cek detail transaksi

  7. Masukkan PIN

    Masukkan PIN untuk otentikasi transaksi.step 7 masukkan pin transaksi

  8. Pembayaran sukses

    Pembayaran listrik berhasil dilakukan dan kamu akan mendapatkan struk pembayarannya.step 8 bayar listrik lewat mybca sukses

Tutorial lainnya : Cara beli token listrik di myBCA

Biaya admin bayar listrik di myBCA

Berapa biaya admin bayar listrik lewat myBCA? BCA mengenakan biaya admin sebesar Rp 3.000 untuk setiap kali melakukan pembayaran tagihan listrik melalui aplikasinya. Jadi jika tagihan listrikmu adalah Rp 200.000 misalnya, maka total pembayaran yang dilakukan adalah Rp 203.000.

Biaya admin ini sama dengan yang dibebankan di BCA mobile atau aplikasi m Banking BCA versi lawas. Jadi dengan dengan aplikasi baru yang membawa beragam fitur baru, BCA masih menggunakan harga lama.

myBCA VS Bank dan platform bayar listrik lain

Mahalkah biaya admin atau biaya transaksi untuk pembayaran tagihan listrik di myBCA? Jawabannya akan tergantung dengan siapa kamu membandingkannya. Setiap mobile banking membebankan biaya transaksi yang berbeda-beda tergantung kebijakan bank penerbit. Begitu juga untuk platform pembayaran listrik lainnya.

Sebagai pembanding kamu bisa melihat perbandingan biaya transaksi untuk pembayaran tagihan listrik di masing-masing bank dan platform pembayaran.

Jenis PlatformBiaya Transaksi
myBCARp 3.000
BCA mobileRp 3.000
Livin' by MandiriRp 3.500
BRImoRp 3.000
BNI mobile bankingRp 3.000
IndomaretRp 2.500
AlfamartRp 2.000

Berdasarkan tabel di atas bisa disimpulkan bahwa biaya admin myBCA itu standar. Masih lebih murah dibanding Livin by Mandiri meski masih kalah murah dari Alfamart dan Indomaret. Namun jika menghitung untuk pembayaran di minimaket ada bensin dan parkir, maka myBCA jelas pilihan yang lebih nyaman.

Tutorial lainnya : Cara ambil uang di ATM BCA tanpa kartu

Catatan

catatan bayar listrik lewat mybca

Nasabah yang kemarin sempat heran karena tidak bisa bayar listrik lewat myBCA sekarang sudah terbayar penantiannya. Masa myBCA yang diproyeksikan sebagai Super Apps dari BCA untuk bayar listrik saja tidak bisa? Kalah dong sama aplikasi PPOB yang menjamur di Google Play Store.

Sulit bagi BCA untuk mengabaikan lezatnya fee dari kue dari transaksi pembayaran listrik. Mungkin tidak semua orang memiliki rumah, tapi hampir semuanya memiliki kebutuhan untuk membayar listrik. Baik rumah pribadi, rumah sewa maupun bangunan bentuk lainnya yang tagihan listriknya tetap harus dibayarkan. Dan sebagai salah satu bank dengan nasabah terbanyak rasanya mustahil melewatkan peluang pendapatan tersebut.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram