Cara Daftar myBCA, Aktivasi dan Verifikasi Online Tanpa ke Bank

Menyadari masih banyak pengguna yang mengalami kesulitan dalam prosesnya cara daftar myBCA ini dibuat jelas dan detail. Harapannya pengguna bisa mengikuti dari awal sampai akhir dan menemukan sendiri solusi dari masalah yang dihadapi. Krediblog mendaftar myBCA dan langsung berhasil dalam percobaan pertama menggunakan aplikasi versi 1.12.0. Itu artinya kamu yang juga mendaftar versi tersebut atau versi terupdate seharusnya lebih atau minimal sama lancarnya.

Ulasan lengkap tentang aplikasi perbankan terbaru dari BCA ini sudah Krediblog tulis disini : review myBCA. Kamu yang masih penasaran dengan apa sebenarnya aplikasi myBCA itu dan haruskah kita menginstalnya silahkan merujuk kesana.

Syarat dan Prosedur Pendaftaran myBCA

syarat daftar myBCA

Agar proses pendaftaran lancar tanpa interupsi kamu harus mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan dalam prosesnya nanti. Dan yang juga tidak kalah penting adalah memahami alur atau prosedurnya secara garis besar. Gagal memahami step ini akan membuatmu bingung di tengah jalan.

Syarat atau persiapan daftar myBCA

Dari komentar pengguna yang gagal melakukan pendaftaran, beberapa diantaranya disebabkan karena kurangnya persiapan. Salah satu contohnya adalah tidak tersedianya pulsa dalam jumlah yang cukup. Sehingga ditengah jalan proses terhenti karena sistem tidak bisa melakukan verifikasi. Hindari melakukan kesalahan yang sama, lengkapi dan persiapkan beberapa hal berikut.

Syarat dan persiapan daftar myBCA :

  • User ID
    Siapkan Username untuk BCA ID dengan 6 sampai 21 karakter. Boleh menggunakan huruf, angka atau kombinasi keduanya.
  • Pulsa
    Kamu membutuhkan pulsa minimal Rp 3.000 dan bisa lebih jika proses verifikasi dan OTP dilakukan lebih dari sekali.
  • Kartu ATM BCA
    Nomor pada kartu ATM BCA perlu diinput untuk menghubungkan rekening.
  • Area tenang dan terang
    untuk kebutuhan memfoto KTP dan melakukan foto selfi.
  • Koneksi internet yang stabil
    Menghindari koneksi putus ditengah proses.

Prosedur pendaftaran myBCA

prosedur pendaftaran myBCA

Ada 3 tahapan dalam pendaftaran myBCA. Setiap satu tahapan selesai akan langsung dilanjut dengan tahapan berikutnya. Pahami tahapan ini dengan baik agar jika terjadi kendala ditengah proses kamu tahu tahapan mana yang harus diulang.

Tahapan atau prosedur daftar myBCA :

1. Membuat BCA ID

Semua pengguna baik yang sudah memiliki rekening BCA maupun belum harus memiliki BCA ID sebagai identitas, karenanya langkah pertama adalah membuat BCA ID ini. Dalam prosesnya akan ada verifikasi via SMS.

2. Menghubungkan rekening

Setelah BCA ID selesai dibuat akan ada proses menghubungkan rekening ke BCA ID tersebut. Dalam prosesnya dibutuhkan aktivasi dengan mengklik link yang dikirimkan via email. Bagi yang belum memiliki rekening BCA pada tahapan ini akan dipandu untuk membuat rekening secara online.

3. Verifikasi myBCA

BCA ID sudah berhasil disambungkan ke rekening BCA milikmu, langkah selanjutnya adalah melakukan verifikasi akun. Ini adalah proses untuk memastikan bahwa benar kamu pengguna aplikasi myBCA ini. Dalam prosesnya akan ada foto KTP, pengisian data diri, foto selfi dan verifikasi via OTP.

Untuk nasabah BCA yang sama sekali baru maka ketiga tahapan di atas perlu dilakukan dari awal sampai akhir. Namun untuk yang sudah memiliki BCA ID atau yang pernah mendaftar namun gagal ditengah jalan, tinggal melanjutkan sesuai tahapannya.

Tutorial Cara Daftar myBCA

tutorial cara daftar myBCA

Berikut adalah dokumentasi pendaftaran myBCA yang Krediblog lakukan. Step by stepnya beneran seperti itu dan kemungkinan besar akan sama juga saat kamu mencobanya. Jika ada perbedaan misalnya karena ada versi update tinggal kamu sesuaikan saja karena garis besarnya akan selalu sama.

Total keseluruhan ada 20 langkah. Langkah 1-5 adalah tahapan 1, langkah 6-10 tahapan 2 dan sisanya mulai langkah 11 sampai 20 adalah tahapan 3. Kamu bisa menggunakan panduan tutorial berikut sesuai kebutuhanmu.

Waktu yang dibutuhkan: 15 menit

Cara daftar myBCA tanpa ke bank :

  1. Mulai pendaftaran

    Download dan instal aplikasi myBCA. Jalankan aplikasi sampai halaman untuk memulai. Pilih “Buat BCA ID”.step 1 mulai pendaftaran myBCA

  2. Lengkapi form

    Tulis BCA ID, alamat email dan password BCA ID. step 2 lengkapi form

  3. Setujui ketentuan

    Ceklis pada Syarat dan Ketentuan. Klik “Setuju” pada halaman detail Ketentuan. Klik “Lanjut”.step 3 setujui ketentuan daftar myBCA

  4. Verifikasi SMS

    Pada pop up verifikasi SMS klik “Kirim”.step 4 verifikasi sms

  5. Kirim SMS verifikasi

    Aplikasi SMS akan otomatis terbuka dengan isi pesan yang sudah terisi. Klik tombol kirim SMS.step 5 kirim sms verifikasi daftar myBCA

  6. Hubungkan rekening

    Setelah SMS terkirim kembali ke aplikasi myBCA. Jika verifikasi sukses myBCA akan lanjut ke halaman hubungkan rekening. Lanjut dengan klik “Sudah”.step 6 hubungkan rekening

  7. Verifikasi kartu ATM

    Masukkan nomor kartu ATM pada kolom yang disediakan. Klik “Lanjut”.step 7 verifikasi kartu atm daftar myBCA

  8. Verifikasi m-BCA

    Masukkan PIN BCA mobile untuk verifikasi m-BCA.step 8 verifikasi m-bca

  9. Aktivasi BCA ID

    BCA akan mengirimkan link aktivasi ke alamat email terdaftar.step 9 aktivasi bca id

  10. BCA ID aktif

    Cek email dan klik link yang dikirimkan untuk melakukan aktivasi BCA ID.step 10 daftar myBCA bca id aktif

  11. Verifikasi diri

    Selanjutnya verifikasi pengguna. Klik “Lanjut”.step 11 verfikasi diri

  12. Foto KTP

    Lakukan foto KTP sesuai garis bantu yang disediakan.step 12 foto ktp

  13. Konfirmasi data diri

    Konfirmasi data diri sesuai data pada KTP. Klik “Lanjut”.step 13 konfirmasi data diri daftar myBCA

  14. Foto selfi

    Lakukan foto selfi di area yang sudah disediakan.step 14 foto selfi

  15. Verifikasi diproses

    Tunggu proses verifikasi oleh BCA. Jika verifikasi berhasil klik “Lanjut” untuk melanjutkan.step 15 daftar myBCA verifikasi diproses

  16. Verifikasi OTP

    Masukkan OTP yang dikirimkan via SMS.step 6 verifikasi otp daftar myBCA

  17. Personalisasi BCA ID

    Ceklis menu apa saja yang ingin muncul di myBCA. Klik “Lanjut”.step 17 personalisasi bca id

  18. Buat PIN transaksi

    Buat PIN baru untuk otentifikasi transaksi.step 18 buat pin transaksi daftar myBCA

  19. Login ke myBCA

    Lakukan login ke myBCA untuk memastikan semua berfungsi.step 19 login mybca

  20. Pendaftaran berhasil

    Daftar myBCA sudah selesai dan sukses.step 20 daftar myBCA berhasil

Kendala yang sering terjadi saat daftar myBCA

Mengingat langkahnya yang cukup panjang bisa dimengerti mengapa banyak pengguna mengalami kendala dalam prosesnya. Biasanya kendala yang sering terjadi saat daftar myBCA secara online diantaranya :

  • Gagal pada SMS verifikasi
    Proses pembuatan BCA ID gagal diproses karena SMS verifikasi tidak terkirim. Penyebabnya beragam dari mulai pulsa tidak mencukupi, SMS terkirim dari SIM Card yang salah, aplikasi SMS error dan sebagainya.
  • Gagal aktivasi BCA ID
    Proses aktivasi BCA ID tidak bisa dilanjutkan karena link aktivasi yang dikirim tidak masuk ke email yang terdaftar. Penyebabnya bisa penulisan alamat email yang salah, email masuk SPAM atau email yang tidak terkirim karena gangguan jaringan.
  • Gagal verifikasi wajah
    Ini terjadi saat aplikasi tidak bisa mendeteksi wajah. Biasanya dikarenakan ruangan terlalu gelap atau terdapat gangguan pencahayaan.
  • Kode OTP tidak terkirim
    Seringnya yang menjadi penyebab adalah pulsa tidak mencukupi atau aplikasi SMS yang error.

Jika kamu mengalami salah satu dari kendala di atas coba lakukan kebalikan dari penyebabnya. Misal jika pulsa tidak mencukupi berarti lakukan pengisian pulsa, gangguan pencahayaan dengan mencari tempat yang lebih terang dan bentuk solusi lainnya sesuai dengan jenis kendala yang terjadi.

Catatan

catatan cara daftar myBCA

Cara daftar myBCA yang panjang dan cenderung ribet ini menjadi salah satu penyebab mengapa rating aplikasi myBCA jeblok baik di Google Play Store maupun App Store. Tidak biasanya aplikasi buatan bank sebesar BCA mendapatkan rating 4 ke bawah. Padahal jika pengguna sudah melewati proses pendaftaran tersebut mereka akan disambut tampilan, fitur dan menu di myBCA yang lebih menarik dari BCA mobile.

Jika kamu mengalami kesulitan saat daftar myBCA saran yang bisa Krediblog berikan adalah cari tahu kendalanya dimana. Dengan mengenali masalah kamu akan bisa menemukan solusinya. Entah pendaftaran myBCA akan menjadi lebih simpel atau tidak, tetapi untuk saat ini cara inilah yang harus kamu tempuh.

FAQ Cara daftar myBCA

Apakah daftar myBCA, aktivasi dan verifikasi menggunakan pulsa?

Ya. Untuk amannya siapkan pulsa sebanyak Rp 5.000 atau lebih.

HP saja yang bisa menggunakan My BCA?

Aplikasi my BCA tersedia untuk smartphone dengan sistem Android dan iOS.

Berapa lama proses pendaftaran myBCA secara online?

Normalnya kurang lebih 15 menit bisa selesai.

Saya kesulitan untuk melakukan pendaftaran myBCA

Cobalah untuk meminta bantuan CS BCA atau daftar myBCA melalui kantor cabang BCA.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar