Biaya Tunangan 5 Juta. Sederhana Tanpa Mengurangi Makna

Tunangan atau lamaran adalah proses memberitahukan keinginan untuk menikahi wanita tertentu. Jika kamu melamar Si Y, maka kamu meminta persetujuan secara resmi kepada orang tua Y untuk menjadikannya calon istri. Sebagai bentuk penyampaian maksud, pada proses lamaran lebih dibutuhkan kekhidmatan dibanding kemewahan. Karenanya meski dengan biaya tunangan 5 juta atau bahkan kurang dari itu prosesi yang penuh makna tetap bisa dilaksanakan.

Ada pinjaman 5 juta cicil 12 bulan jika kamu butuh tambahan dana. Tapi modal 5 juta yang sudah kamu pegang sudah cukup untuk memulai acara. Hal penting yang akan sangat menentukan adalah bagaimana kamu melakukan Budgeting. Dana besar sekalipun bisa jadi Over Budget jika kamu sembarangan dalam mengelola. Sebaliknya dana pas-pasan bisa jadi beneran pas jika bisa membaginya dengan tepat.

Tips dan Rincian Biaya Tunangan 5 Juta

tips dan rincian biaya tunangan 5 juta

Kamu bisa mengadakan lamaran dengan biaya 10 sampai 50 juta juta dan acaranya seru dan sukses. Kamu juga bisa menyelenggarakan proses tunangan dengan modal 5 juta dengan acara yang sama suksesnya meski mungkin tidak seru. Benar sekali, kamu bisa membuat acara menyesuaikan dana yang dimiliki. 50 juta Yes, 5 juta juga It's oke. Berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

Tips dan rincian biaya tunangan 5 juta :

1. Tentukan konsep lamaran

Buatlah konsep tunangan yang sederhana dengan pertimbangan utama kebutuhan dan bukan keinginan. Kembali ke tujuan awal bahwa lamaran adalah bentuk penyampaian maksud, maka acara utamanya adalah pertemuan kedua keluarga. Pemberian cincin, dokumentasi hingga hantaran adalah proses opsional yang bisa kamu pilah dan pilih menyesuaikan budaya, kebiasaan hingga ketersediaan dana.

2. Pilih versi sederhana

Selalu ada 2 versi yang bisa dipilih. Kamu bisa membangun dekorasi yang menghabiskan seluruh dana 5 juta atau cukup 500 ribu sekedar mendesain interior agar tampak manis. Kamu juga bisa memilih antara memberi cincin tunangan 10 gram agar terlihat mampu atau cukup 1 gram sekedar simbol ikatan. Acara akan semewah atau sesederhana apa, akan sangat tergantung kamu selaku penyelenggara acara.

Rincian biaya tunangan 5 juta versi sederhana :

KebutuhanBiaya
Cincin lamaran1.000.000
Dekorasi500.000
Pakaian dan tata rias1.000.000
Katering2.000.000

3. Fokus ke esensi

fokus pada esensi

Tunangan adalah langkah pertama dari dua yang akan dijalankan. Setelah acara lamaran yang mewah atau sederhana ada fokus yang harus diarahkan ke hal besar berikutnya, yaitu pernikahan. Maka menjadi sangat baik untuk tidak kehabisan baik modal, tenaga hingga perhatian hanya di langkah pertama ini. Tunangan bisa dan mungkin untuk dilakukan sesederhana, “Besok aku akan ke rumah untuk melamarmu”.

Catatan biaya tunangan 5 juta

catatan biaya tunangan 5 juta

Alasan lain mengapa acara tunangan sebaiknya dibuat sederhana adalah karena bertunangan bukan jaminan ke pelaminan. Berapa banyak pasangan bertunangan yang putus di tengah jalan? berapa banyak cincin lamaran yang dikembalikan karena tidak sampai ke pernikahan?. Ini bukan berarti kita harus pesimis atau pelit modal, melainkan berfikir jauh ke depan.

Acaramu bisa sukses dengan biaya tunangan 5 juta. Makna lamaran tidak ditentukan dari berapa banyak modal yang dikeluarkan. Melainkan dari kesungguhanmu dalam merencanakan hidup bersama Si Dia.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar