Berantas Pinjol Ilegal, SWI Perkuat Penegakan Hukum

Berantas pinjol ilegal – Kurang lebih 3 hari yang lalu Krediblog menulis cara melaporkan pinjol, panduan singkat bagi pengguna pinjol yang memiliki masalah baik dengan tim DC maupun dengan perusahaannya langsung, baik pinjol resmi maupun yang ilegal. Hari ini melalui halaman Instagram resmi OJK, Satgas Waspada Investasi mengumumkan bahwa mereka sudah memperkuat penegakan hukum dalam rangka memberantas pinjol ilegal hingga ke akar-akarnya. Sebuah kabar baik bagi korban pinjol ilegal khususnya dan masyarakat Indonesia umumnya.

SWI Sudah Berantas Pinjol Ilegal Sejak 2018

swi berantas pinjol ilegal

Satgas Waspada Investasi (SWI) yang beranggotakan 12 Kementerian dan Lembaga sepakat meningkatkan upaya pemberantasan pinjol ilegal untuk melindungi masyarakat. SWI melalui Kepolisian RI akan selalu berupaya untuk mengungkap kasus-kasus pinjol ilegal. Hal yang selama ini masih menjadi keluhan para korban pelapor. Mereka yang pernah mengadukan masalah penyebaran data oleh pinjol ilegal ke Polda atau Polres, menyebut seolah tidak ada optimisme bahwa pelakukanya bisa ditangkap. Mereka hanya disarankan mengabaikan saja atau mengganti nomor Hp.

SWI sendiri sejak tahun 2018 sampai Juli 2021 tercatat telah menutup sebanyak 3.365 entitas pinjol ilegal. Jumlah yang sangat banyak mengingat pinjol yang legal saja tidak sampe 200 perusahaan per Juni 2021 ini. Namun pendekatan yang selama ini dilakukan adalah memblokir langsung aplikasi dan website terkait. Cara yang diakui oleh SWI sendiri kurang efektif dan tidak memberikan efek jera terbukti dengan masih adanya bahkan tetap banyak pinjol ilegal sampai hari ini.

Bersatu Berantas Pinjol Ilegal

Beberapa lembaga berikut berkomitmen lebih serius untuk memberantas pinjol ilegal dan menghilangkan keresahan yang ditimbulkannya. Mereka dengan segenap kewenangan yang dimiliki berjanji akan lebih responsif dalam upayanya untuk melindungi masyarakat dari jerat rentenir online ini. Berikut langkah-langkah yang akan dilakukan:

Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

  • Kerja sama dengan perbankan untuk memblokir rekening pinjol ilegal.
  • Melarang Industri Jasa Keuangan agar tidak memfasilitasi pinjol ilegal.
  • Memperluas edukasi kepada masyarakat.

Bareskrim Polri

  • Membuka akses penyampaian laporan pengaduan pinjol ilegal di Polda dan Polres seluruh Indonesia atau melalui website https://patrolisiber.id dan email ke info@cyber.polri.go.id.
  • Menindaklanjuti laporan informasi pinjol ilegal dari SWI.
  • Melakukan edukasi waspada pinjol ilegal melalui anggota Bhayangkari.

Kementerian Komunikasi Dan Informastika RI (Kominfo)

  • Melakukan Cyber Patrol
  • Pemblokiran rutin situs dan aplikasi pinjol ilegal.
  • Menyebarkan pesan waspada pinjol ilegal melalui SMS kepada masyarakat.
  • Melakukan edukasi perlindungan data pribadi kepada masyarakat.

Kementerian Koperasi dan UKM RI

  • Menertibkan Koperasi Simpan Pinjam tanpa izin yang menawarkan pinjaman online kepada non anggota.
  • Melakukan edukasi waspada pinjol ilegal kepada Dinas Koperasi dan pengurus koperasi.

Bank Indonesia

  • Melarang Payment Gateway dan Perusahaan Transfer Dana bekerjasama atau memfasilitasi pinjol ilegal.
  • Melakukan edukasi waspada pinjol ilegal kepada Payment Gateway dan Perusahaan Transfer Dana.

Kementerian Dalam Negeri RI

Melakukan edukasi waspada pinjol ilegal kepada lurah dan kepada kepala desa seluruh Indonesia.

Kementerian Agama RI

Melakukan edukasi waspada pinjol ilegal kepada pondok pesantren, madrasah dan pemuka agama di seluruh Indonesia.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI

Melakukan edukasi waspada pinjol ilegal kepada akademisi di seluruh Indonesia.

Kementerian Perdagangan RI, Kejaksaan RI, Kementerian Investasi/BPKM dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK)

Mengedarkan konten edukasi waspada pinjol ilegal di media sosial masing-masing.

Catatan

ayo berantas pinjol ilegal

Kampanye berantas pinjol ilegal ini akan jauh lebih efektif saat sudah ada payung hukum semisal UU Financial Technology yang memuat ancama pidana bagi pelaku pinjaman online ilegal dan UU Perlindungan Data Pribadi. Dengan begitu mereka yang mencoba maen-maen atau mencari celah akan berfikir seratus kali karena jelas sangsi dan konsekuensinya.

Sampai itu terwujud, kampanye berantas pinjol ilegal ini menjadi tanggungjawab bersama. Selain lembaga yang sudah disebutkan diatas, aktor penting yang harus aktif terlibat adalah kita para pengguna pinjol. Kesuksesan usaha lembaga tersebut akan sangat tergantung kita dalam mematuhinya. Jika setelah semua cara dikerahkan dan kita tetap menjadikan pinjol ilegal sebagai pilihan, maka akan sia-sia belaka. Kenali ciri-ciri pinjol ilegal dan jauhi. Karena berurusan dengan pinjol ilegal hanya 1% untungnya (yaitu dapet pinjaman), sedang 99% sisanya adalah kerugian karena datamu akan terus disalahgunakan sepanjang masih tersimpan di database mereka. Ayo berantas pinjol ilegal!

guest
46 Komentar
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Dini andriani

Kak mau tanya, klo sblm pengajuan pinjol ilegal kita ganti semua contact kita, trs kita gagal byr, bakal sebar data ga ya kak? Bisrpun sudah ganti no hp? Mohon pencerahannya kak

Dini andriani

Trs bakal sebar data ke fb atau ig pribadi ga ya kak?

Dini andriani

Data kosong maksutnya apa ya kak? Ini

Sukmawati Ningsih

Selamat pagi KK saya mau tanya pinjaman online yg saya download aplikasi nya.rupiah , saku cerdas, sumber tunai.pinjam cepat.kredit tunai.kredit kita itu.termasuk ilegal nggak yah KK?saya bingung untuk membayar nya bunga nya gede banget.awalnya aku pinjam satu aplikasi untu keperluan mendesak.berhubung saya belum bisa bayar saya gali lobang tutup lobang.dengan meminjam apl berapa aplikasi.dan itu juga bunga nya gede banget sampai saya nggak sanggup membayar nya.aku harus bagaimana KK. aku selalu di teror melulu dc.tolong aku KK.bagaimana solusinya aku udh lelah dan capek sampai saya nggak bisa tidur beberapa hari ini.rasanya aku takut banget.bukan nggak mau bayar solnya uang nya saya belum ada.

Komang

Assalamualaikum kak krediblog… sy sudah membaca beberapa artikel menarik tentang pembahasan kakak dan kebetulan itu menimpa saya bahkan sudah sampai ratusan juta rupiah di pinjol ilegal ini…. sy pun sudah mengemail kak krediblog untuk diskusi terkait hal ini kak…mohon pencerahannya dan balasannya

Komang

Terima kasih banyak mas…. sy terpaksa memilih menahan malu dan tidak membayar ke pinjaman online ilegal tersebut walaun jadinya susah makan dan susah tidue

Hikmah

Maaf mau gabung. Sayabjuga terjerat pinjol ilegal ada sekitar 20 ksp didalamnya . Sekarang mas gimana kabarnya dg pinjol” tsb ?

Dwi

Saya jg mengalami hal serupa..pengajuan cuma klik d 1 aplikasi,masuk malah 4 transferan dana..ini pembiayaan kredit rupiah😩
Kira2 sslusinya gimana kak,bunganya mencekik banget..

Dwi

Sy sdh mengajukan tp mereka menolak..ktnya sy harus mmbayar bunganya smntara sy tdk merasa prnah melakukan pengajuan

Nuella

Saya mendapatkan transfer dana yang tidak tahu asalnya saya cek ternyata dari PT A dimana sebuah platform pembuat VA kmd saya dapat telp kalau saya ditransfer dana supaya mengembalikan dengan VA yang dikirim kemudian saya kirim dana ditambah beban bunga karena ancaman dari si penelepon saya transfer sesuai permintaannya dengan pertimbangan selesai tetapi setelah saya tranfer ada dana lagi yang masuk berulang2 kemudian saya mendapat teror pengembalian lagi, ini modus pinjol menjerat saya dengan ancaman setelah saya sadar dan uang sudah saya transfer saya matikan no hp ternyata teror pada semua kontak dengan penyebaran data saya, data saya sudah 2 minggu diaebar ke semua kontak sampai berapa lama teror akan dilakukan biarpun saya sudah lapor kepada pihak2 berwenang itu pengalaman saya

Aming

Selamat malam kak aku telat bayar di aplikasi bunga anggrek karna aku lg dirumah sakit urus operasi caesar istriku dan slalu meneror di kontak yang ada dihpku dan ingin menyebarkan data
Apakah bunga melati bunga anggrek bunga matahari q dana prima plus termasuk legal apa ilegal
Dan gimana kalau suda menyebarkan data apa aku harus tetap melunasinya kak

Aming

Gimana cara hadapi depkolektor yang slalu neror dan sebar data kak

Yusuf. M

Gabung diskusi

Hikmah

Total tagihan saya di pinjol sudah sekitar 58jt. Saya tidak ada dana sama sekali . Skrg saya tawarkan bunga pokoknya saja tidak bisa . Bagaimana ya ka solusiny ? Apa semua yg ada dikontak akan di teror ? Atau hanya random saja ?

Hikmah

Aplikasi uangku . Saya sudah di teror awakllnya cuma beberapa juta sekarng jd 58jt saya ga ada dana segitu

Helda

Kak sy mw tny..
Sy instal aplikasi INDOCASH
Sy cb isi data smpi slsi
Tapi pd saat isi data bagian akhir dsruh ttd stlh it muncul konfirmasi informasi dan lngs dsruh tunggu sedang ditinjau
Pdhl sy blm memilih nominal pinjaman
Tau tau lngs berhasil dan dpt dana 20jt selama 18bln trs dana it dmsukn di saldo dan kita dsruh Withdraw sndri

Trs kontrak pinjmnx itu baru ad stlh dana d masukan dlm dompet saldo
Dan mengharuskan sy deposit 10% dr pinjaman dng mentransfer, stlh sy transfer jaminan deposit bru mreka trf dana pinjmn it beserta deposit..
Krn sy merasa sdh tidak benar cara sy putus kn u tdk WD dana it
Dan mereka bilang nti pmbyrnx ttp di autodebet dari rekening sy tiap blnx..

Jd solusi u sy gmn kak?

Hany kartini

Assalamualaikum kak mau tanya tentang apk Tunai rupiah kalo boleh tau apk tersebut ilegal atau legal masalah nya saya di teror di SMS terus di tlf terus saya punya tagihan kak mba” nya ngomong gtu terus sama browsing apk tersebut sudah tidak ada play store terus di YouTube itu ilegal apa benar kak tolong kak bantu saya semoga Kaka baca pesan dari saya terimakasih kak.

Last edited 1 year ago by Hany kartini
Hany kartini

Berati benar yah kak dia pinjaman online ilegal,tapi dia maen transfer rekening saya kak senilai 1 juta 300 terus saya suruh balikin dengen senilai 2 juta saya ga mau kak karna saya tidak merasa meminjam di situ apa apk tersebut akan mendatangi rumah saya kak? Mohon bantuan nya dari kakak kejadian nya ini sebulan kemarin.

Hany kartini

Baik kak terimakasih banyak atas informasinya, saran Kaka sekarang saya sudah mengerti makasih yah kak sudah membalas komentar saya.sekali lagi terimakasih semoga Kaka sehat selalu Aaamin.

Hany kartini

Maaf yah kak sudah mengganggu kalo boleh tau misalnya ganti kartu ATM lagi gimana itu aman atau tidak apa pinjol ilegal akan tau kalo kita ganti kartu ATM nya masalahnya saya takut nya pinjol ilegal tersebut membobol kartu ATM saya yang baru, saya berharap kakak membantu saya terimakasih kak.

Hany kartini

Oh iya kak, maaf kak terus aku boleh tau ga apk ada kami itu sebenernya legal apa ilegal terus aman ga kak kalo boleh tau

Rudy

Selamat malam min.maaf mau tanya.saya udah 167 hari galbay di pinjol ada modal.trus baru kemaren ada yg dtg ke rumah.bkn nya galbay udh lewat dari 90 hari.pihak pinjol tidak boleh dtg atau menagih ya.terima kasih

Dwi

Halo kak mau tanya, beberapa hari lalu banyak pinjaman online yang ditangkap. Dari Daftar pinjaman online yg ditangkap, ada 4 aplikasi yang saya pinjam. Hari ini ada jatuh tempo dan saya mau bayar. Cm aplikasi nya ga ada di app store. Lalu gimana cara saya bayar? Saya takut data saya disebar kalo saya telat bayar. Mohon solusinya terima kasih ya

Dwi

Iya itu yg saya takutnya adalah data saya di sebar padahal saya mau bayar dan saya ga pernah telat dan ga pernah di maki atau berantem sm debt coll nya.. tp ini saya mau bayar mau liat nomor virtualnya aplikasinya ga bs dibuka dan cari di app store ga ada. Saya udah coba ubek2 cari call centre nya yg bs saya tanya krn Saya takut sekali data saya di sebar. Apakah pinjol ilegal sebar data otomatis by sistem? Atau yg sebar data itu debt coll? Mohon bantuan nya terima kasih.