Cara Melaporkan Pinjol Legal dan Ilegal ke OJK dan Polisi

Cara melaporkan pinjol – Bagi pengguna pinjaman online, seringnya memiliki pengalaman yang tidak mengenakan saat berurusan dengan Debt Collector. Dari mulai cerewet, ngomong tidak mau kalah sampai perbuatan menyebalkan semisal pelecehan secara verbal, intimidasi hingga ancaman penyebaran data. Menghadapi masalah tersebut, cara terbaik untuk menyelesaikannya adalah dengan melaporkan mereka ke pihak yang bertanggungjawab. Itu jauh lebih efektif sekaligus menghemat tenaga daripada harus adu mulut via telpon.

Melaporkan pinjol juga bisa dilakukan jika ada satu atau dua prosedur perusahaan Fintech yang menyalahi ketentuan. Mengenakan bunga terlalu besar, denda tanpa batas atau aplikasi yang secara diam-diam meminta akses ke area yang dilarang. Tidak mempan kalau kamu ngomong langsung ke mereka, “Siapa eloh?” mungkin itu jawabnya. Tapi kamu bisa memiliki kekuatan lebih dengan mengadukannya ke lembaga penaung.

Melaporkan Pinjol Legal

Pinjol legal adalah perusahaan fintech yang sudah terdaftar dan mendapatkan izin resmi dari lembaga penanggungjawab (OJK) dan tercatat di asosiasi penaung (AFPI). Karena jelas datanya, Fintech resmi ini lebih bisa dikontrol karena mereka sudah terikat dengan peraturan yang sudah ditetapkan. Kalau tidak mau dicabut izinnya harus nurut, kalau masih ingin dinaungi jangan macem-macem. Maka, jika kamu memiliki masalah dengan pinjol legal, laporkan mereka ke OJK dan AFPI. Berikut cara melaporkan pinjol legal:

Per 1 Januari 2021 lalu, OJK mempermudah arus pelaporan pinjol dengan membuat Aplikasi Portal Perlindungan Konsumen atau APPK. Melalui portal ini pengguna akan dipermudah dalam bertanya, melaporkan, serta menyampaikan pengaduan terkait masalah yang berhubungan dengan sektor jasa keuangan. Tidak itu saja, melaporkan pinjol melalui APPK juga mempermudah meneruskan sengketa yang terjadi ke Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Sektor Jasa Keuangan (LAPS SJK). Perhatikan langkah-langkah berikut jika kamu ingin melapor.

Cara melaporkan pinjol legal ke OJK:

  1. Akses APPK

    Kunjungi portal pengaduan di alamat ini: https://kontak157.ojk.go.idcara melaporkan pinjol legak ke ojk

  2. Pilih menu Pengaduan

    Pada bar menu Pilih “Tiketing” lalu pilih “Form Pengaduan Online” atau akses langsung dari link: Form Pengaduan.

  3. Lengkapi form

    Isi form sesuai jenis permasalahanmu. Pastikan kamu mengetahui nama perusahaan pinjol yang ingin kamu laporkan (screenshot Lengkapi Form).

  4. Lanjut lengkapi detail lainnya

    Ceritakan masalahmu, lengkapi data pelapor dan perkuat laporan dengan bukti yang kamu miliki.

  5. Kirim

    Jika semua form telah terisi dengan lengkap, lanjut dengan mengklik tombol “Kirim Pengaduan” (screenshot Kirim Laporan).

  6. Simpan PIN

    Kamu akan mendapatkan nomor layanan dan PIN yang berguna untuk menelusuri status pengajuanmu.

  7. Tunggu proses

    Pelaporanmu selesai. Tunggu sampai laporanmu diproses oleh tim OJK.

KONTAK OJK

Telpon : 157
WhatsApp : 081 157 157 157
Email : konsumen@ojk.go.id

cara melaporkan pinjol legal ke afpi

Kamu bisa melanjutkan pelaporannya ke AFPI selaku asosiasi penanung. Tidak harus sih, tapi laporkan saja karena bukankah lebih banyak tangan yang bekerja akan lebih cepat selesai? lagipula tidak sampai 5 menit untuk melakukannya.

Cara melaporkan pinjol legal ke AFPI:

  1. Akses portal pengaduan AFPI di link: https://afpi.or.id/pengaduan.
  2. Lengkapi data diri.
  3. Ceritakan kronologi.
  4. Sertakan bukti.
  5. Jika sudah, klik tombol “Kirim Pengaduan”.
  6. Tunggu laporanmu diproses oleh tim AFPI.

KONTAK AFPI

Telpon : 150 505
Email : pengaduan@afpi.or.id

Melaporkan Pinjol Ilegal

Pinjol ilegal itu seperti anak hilang. Dikatakan demikian karena tidak ada “orang tua” yang akan bertanggungjawab jika “anak” ini membuat ulah. Dampaknya sangat jelas terasa tetapi hingga kini belum ada lembaga yang ditunjuk sebagai penanggungjawab resmi. Kamu laporkan ke OJK bukan ranah mereka, dilaporkan ke Polisi urusan pinjam meminjam adalah wilayah perdata. Maka tidak jarang banyak yang kebingungan mau lapor kemana saat berurusan dengan pinjol ilegal.

Jika kamu memiliki masalah dengan pinjol ilegal, 2 tempat yang bisa kamu datangi adalah Polisi dan Satgas Waspada Investasi. Kamu bisa melaporkan pengaduanmu ke Polisi jika pinjol ilegal sudah melakukan tindak pidana. Yang sering adalah mereka menyebarkan data dengan tujuan membuatmu malu. Itu sudah termasuk pelanggaran UU ITE dan bisa dipidanakan. Namun bisa juga jenis tindak pidana lainnya. Melaporkannya ke kepolisian agar pelakunya (oknum) bisa ditangkap, sedangkan untuk pemblokiran medianya (aplikasi, server dan website) kamu bisa melaporkannya ke Satgas Waspada Investasi.

Melaporkan ke Polisi

cara melaporkan pinjol ilegal ke polisi

Pasal 27 ayat 3 UU ITE menyebut melarang setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik. Hukuman bagi pelaku penyebaran data adalah kurungan penjara maksimal 6 tahun atau denda maksimal Rp1 miliar.

Silahkan laporkan tindak pidana yang kamu alami oleh pinjol ilegal dengan cara mendatangi Polres atau Polda di wilayahmu. Pastikan kamu membawa serta bukti-bukti tindak kejahatannya. Atau untuk pertolongan pertama, kamu bisa melaporkannya terlebih dahulu melalui portal Patroli Siber. Patroli Siber adalah satuan kerja yang berada di bawah Bareskrim Polri dan bertugas untuk melakukan penegakan hukum khusus untuk kejahatan siber (yang menggunakan komputer).

Berikut cara melaporkan pinjol ilegal ke Polisi:

  1. Kunjungi porta Patroli Siber di link: https://patrolisiber.id.
  2. Klik pada tombol Laporkan dan daftar akunmu menggunakan Google.
  3. Tulis laporanmu dan kirim.
  4. Tunggu sampai laporanmu di proses.

Perlu dipahami, Patroli Siber adalah pertolongan pertama untuk kasusmu. Setelah laporanmu diterima dan diselidiki akan ditentukan langkah selanjutnya. Maka jika diperlukan kamu masih harus melaporkannya dengan mendatangi kantor Polisi.

Melaporkan ke Satgas Waspada Investasi

Satgas Waspada Investasi (SWI) adalah wadah koordinasi antar regulator, instansi pengawas, instansi penegak hukum dan pihak lain yang terkait dalam hal penanganan dugaan tindakan melawan hukum di bidang penghimpunan dana masyarakat dan pengelolaan investasi. SWI tidak memiliki kewenangan untuk menangkap oknum pinjol ilegal, yang bisa mereka lakukan adalah membatasi hingga memblokir media atau alat yang digunakan.

Melaporkan pinjol ilegal ke Satgas Waspada Investasi tidak dimaksudkan agar pelakunya ditangkap, melainkan agar aktifitas ilegal tersebut segera dihentikan sehingga tidak memakan korban yang lebih banyak lagi. Kamu bisa mengadukan laporanmu ke kontak berikut atau cukup dengan melaporkan via email:

Sekretariat Satgas Waspada Investasi
Otoritas Jasa Keuangan, Gedung Soemitro Djojohadikusumo
Jalan Lapangan Banteng Timur 2-4. Jakarta 10710

Email : waspadainvestasi@ojk.go.id

Catatan Cara Melaporkan Pinjol

Laporanmu akan lebih cepat diproses jika melaporkannya ke lembaga yang tepat. Ingat, jika ia legal laporkan ke OJK selaku regulator dan AFPI selaku asosiasi pengatur kode etik. Jika ia ilegal, laporkan ke Polisi dan SWI. Khusus untuk laporan ke Polisi harus terlebih dahulu terjadi tindak pidana karena jika masih berupa ancaman, teror tagihan atau perbuatan lain yang belum menimbulkan kerugian yang jelas, itu belum bisa dilaporkan.

Sampai detik ini, pinjol memang belum bisa menjadi pilihan sempurna karena masih terdapat lubang yang berpotensi menjadi sumber masalah. Maka jauh lebih baik kamu tidak berurusan dengan pinjol jika tidak tahu apa yang kamu hadapi. Namun jika pemerintah dan lembaga lain yang bertanggungjawab mau serius menggarapnya, maka meminjam di pinjol bisa menjadi alternatif ideal dibanding Bank konvensional.

guest
168 Komentar
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Lihin

Bagaimana cara nya saya disuruh Deposit untuk pencairan pinjaman , alasannya karena saya salah mengisi nomor rekening bank , padahal saya sudah benar memasukan no rekening saya, setelah itu uang tidak saya terima keterangan nya widraw gagal .
Mereka mengancam saya ? Nama aplikasi pinjolnya Fast Loan.

Ujang Risman

Dana koin apakah ilegal?
Tidak ada di playstore

Aida

Apakah mengganti no tlp..bisa menghindari pijol2.ilegal yg menyalahgunaan data…saya khawatir data2 saya di ambil dn dinsalah gunakan..krn sy permah pinjam dn saya baru tau kalo ternyata pijol ilegal

Buyung

min saya saya dapet WA dari DC KREDITEMAS, padahal saya tidak minjam di sana saya chek di rekening jg ga ada uang masuk… tapi saya ga sengajan instal aplikasi dan login dan tau2 udah ada tagihan sebesar 2,8 jt min…. saya bales WA DC nya ga ada jawaban sama sekali saya cari alamat kantor nya KREDIT EMAS jg ga ketemu… saya harus bagaimana min?

Buyung

iya min udah saya blok nomornya… saya instal cuma sebentar dan kaget sudah ada tagihan saya buru-buru edit kontak di hp dan uninstal itu aplikasi.. saat ini belom ada tanda diri pelaku pinjol tersebut…

miom

saya pinjam di aplikasi ilegal kemudian saya hapus aplikasinya. pas saya download lgi untuk melihat tgl jatuh tmpo krna memang niat untuk bayar kemudian ada tulisan untuk mengisi info rekening lagi. tp saya tidak isi karena takutnya malah ditf lagi dgn bunga yg besar. lalu saya liat riwayat penagihan tidak ada penagihan kmrn pdhl dana sudah ditf ke rek saya. lantas saya harus bagaimana

Athallah Razqa

Malam kak, ini saya di tagih hutang apliaksi rupiah kas, pada hal saya tdk pernah instal aplikasinya, terus waktu saya mau transfer tp nama di rek tagihannya bukan nama saya, solusinya bagaimana ya kak soalnya penagihnya tau kontak di HP saya

Feby

Apakah pinjol ilagal tidak perlu di bayar gpp? Karena sebagian kontak di saya komplen ada yg telpon, dan dia juga menyebarkan data diri saya dengan kata kata kasar?

Palos

Halo perkenalkan saya palos.. saya saat ini dalam hutang pinjol ilegal. Pinjam karna terpaksa utk biaya sehari² karna efek drumahkan dan tdak dapat gaji sama sekali. Saya harus gali lobang tutup lobang. Kini jumlah hutang di pinjol hampir mencapai 45jt pada hal pinjaman yang saya trma tidak sebesar itu. Dengan tenor yang sangat singkat 7 hari s/d 15 hari. Dan saya sudah tidak sanggup utk terus gali lobang tutup lobang seperti ini. Sekarang ini saya dalam ketakutan yang amat besar. Bisa di bantu solusinya bagaimana?? Apabila saya di teror DC pinjol² ilegal ini…

Adinda

Klo tidak dibayarkan bunganya semakin banyak kk. Mreka sdah meneror dan sudah menyebarkan data. Kira2 klo gak dibayarkan bisa tidak mrek laporkan kita ke polisi?

Aida

Ka..apakah dana darurat yg di dalamnya terdpt aplikasi kredit Now…Danaku.dan.kontak koin terdaftar di OJK…di.aplikasi.nya terdpt logo OJK dan AFPI…tp tenor nya dari 91 hari malah jd 7 hari…

Last edited 1 year ago by Aida
Epa Ariyani

Sebelumnya saya memang melakukan pengajuan di pinjol biasa lancar dan saat pengajuan di pinjamIndo saya di tolak malah di alihkeun ke pinjol lain saya tidak merasa mengelik anu sekaligus 3 akun saat dalam waktu 4 hari ada penagihan harus dibayarkan 1jt 400 ke 3 akun sedangkan dana yg cair saya print out hanya ada uang 910rb dari setiap akun pas saya mau buka akun pinjamIndo tidak bisa pas ada penagihan namanya dananow,kotak dana dan onedana udah jatuh tempo neror segala data di sebarkan ke kontak sedangkan saya tidak bisa melihat akun yg 3 itu

Epa Aryani

Yg saya maksud pinjol saat pengajuan itu saya di aplikasi pinjamindo status nya waktu itu di tolak nah tiba2 muncul dialihkan ke yg lain yg klik lansung cair saya tidak melihat nama aplikasinya tiba2 ada pemberitahuan dari pinjamindo dana dicairkan di 3 akun,,,saya penasaran saya print ya masuk 910rb 3 akun tgl pinjam tgl 4 agustus pas ada penagihan di 9 agustus bukan maksud tidak bayar waktu itu saya keberatan gede banget pengembalian nya hampir 4jt 200 dari tiga akun saya diamkan dulu dari situ tidak ada penagihan lagi sampai sekarang bingung untung saya simpan nomor yg pertama nagih yg mengatasnamakan itu dananow kotakdana dan pinjamindo kalau dari pinjamindo ada buktinya saya screenshot sedangkan mau bayar kemana saya coba hubungi ke kontak yg penagihanvdi tgl 9 yaitu dananow katanya kalau mau di bayarkan di buatkan kode VA biasanya kan kode VA afa di aplikasi tidak melalui WA saya urungkan lagi niat bayarnya takutnya penipuan di pinta data saya ktp katanya sudah tidak ada datanya tidak terdeteksi itu gmn maksudnya tolong pencerahan nya saya masih waswas takutnya nanti ada penagihan jadi membesar

Epa Aryani

Sama PT serba Digital tekhnologi bahkan sampai sekarang saya masih pasang aplikasinya saya ada bukti2 nya penagihan dari pinjamindo di screenshot

Ana Qhoirotun nisar

Saya mau laporkan pinjol legal yg selalu meneror sebar data dll
Bunga gede pencairan sama pinjaman jauh banget
Tolong dong ditindak lanjuti

Ana Qhoirotun nisar

Sudah TPI gk ada respon
Bagaimana

Ana Qhoirotun nisar

Ada kah nomere Bareskrim ya bisa dihubungi

Andi wandijar

Cm ingin bertanya. Teman saya ada yg menagih dr 5 aplikasi sekaligus, dan dia sempet tercengang dia blm terima apapun tp udah adatagihan di 5 aplikasitesebut yg jumlahnya 6,8 jt, dan selang betapa lama ada yg sms silahkan cek dana udah masuk tanpa menyebutkan jumlahnya, dan ternyata ada masuk 4 jt, dia bingung aplikasi yg mana semenara ditagihan 5 aplikasi, solusinya gmn? Tolong pencerahanya,, itudlm waktu 1 mg trimakasih

Andi wandijar

Nama pinjol pinjam yok, di play store yang ada pinjam yuk

Lala

Gan, 2 minggu lalu kmrn ada dari tunai tepat nagih hutang ke saya. Saya minta bukti tf mrk ga bs kasi.. Katanya akan kirim kan tp saya tunggu ga kiri, jd saya hiraukan krn saya memank tidak ada pinjaman app ini,

Semalam mulai lagi dari dana kami, suru saya byr hutang.. Saya minta bukti tf malah dy kirim data dan ft saya ke saya, dy blg itu sudah bukti dan saya bersikeras minta bukti tf, mrk blg tersedia, saya ga mau byr dy ancam mau sebarkan data saya, saya blg silakan krn saya uda lapor polisi saya mau tau penerima uang itu siapa krn bank sudah bersedia kerja sama, mrk ngeyel blg saya ga mau byr, saya blg anda bs tunjukin bukti saya akan byr.. Krn saya uda bw2 nama polisi dan ancam ke mrk kalian sudah melanggar UUD yang ada.. Saya blg capek urusin urusan kayak gt mau sebarin sebarkan la.. (Krn saya uda info ke semua kontak no yg ada di HP saya) lgsg ft saya di edit blg penggelapan uang perusahaan dan krm ke saya dy blg selangka lagi data saya tidak akan bisa di make lagi ini maksud nya apa ya?
Saya blg iya lgsg sebar aja krn saya uda ada surat polisi
Dengan kata terakhir blg makan la duit perusahaan kami, ga tunggu aku jawab mereka duluan ngeblok no HP aku.. Cm ga tau kapan akan mereka sebarin .
Maksud data ku ga akan bisa di pake lgi itu maksud nya ancaman apa ya?

Lala

Berarti mereka cuma bisa edit data saya untuk ancam share ke data kontak saya ya atau mengedit kan data saya agar di black list di BI ? Saya kira mrk mau blaklist saya di pinjol illegal gt.. Mana tau ga bs di salah gunakan lagi data saya.. Kebetulan saya juga serahkan ke pihak polisi, begitu mrk mencemar nama baik saya.. Akan di tindak lanjut ke pihak cyber crime.

Lala

Makasi gan atas info yang berharga,
Mudah mudahan mereka memblack list ku, di sistem pinjol illegal mrk.. Krn data kita uda di salah gunakan.. Dan semoga bs cepat di basmi ,sangat meresahkan..

Weni

Selamat siang ka sy mau tanya bagaimn cr menghadapi pinjol yg seperti itu apakah mereka mendatangi rumh atw kantor

Weni

Ka sy mau tau kl kita di intimidasi dengan pinjol ilegal lalu sdh di atasi dengan alasan bahwa kita pun sdh melaporkannya kpd pihak berwajib dan mencantumkn no tlp swi atw kepolisian ….apakah dia masih meneror kita dan itu berapa lama

Feby

Saya ada yag teror terus, tpi saya abaikan apakah itu cara agar dia cepat tidak meneror lgi?

Zelda

Gan, mw tanya..
Untuk pinjol legal, KTA Bank, kartu kredit apabila macet bayar bakal brpa lama, ya sampai “dikunjungi” DC?

Saya planing mw sengaja menunggak bbrpa bulan agar bisa mengajukan restruktur. Krna saya sdh tlp ke bank tpi ditolak trs pengajuan restruktur saya krna saya masih dlam status lancar.

Jdi saya mw sengajain nunggak tpi sblum DC datang gtu..

Zelda

Penagihan melalui Desk Collection mksudnya hanya by phone, ya?
Klw dri crita teman2 saya, mengingat skrg sdg pandemi dan jg ada peraturan OJK, jdi bank dilarang menggunakan Debt Colletor / Field Collector yg datang mengunjungi. Apa itu benar?

Klw pun dikunjungi, jaman skrg udh tdk seperti dlu. Jaman skrg sdh lbh “manusiawi”. Itu yg saya dengar dan baca2.

Jdi saya memang mw melunasi pinjol legalnya dlu utk bbrpa bulan. Bru stlah itu lunasi cicilan KTA.
Krna klw stiap bulan dibayarkan semua, nanti bisa2 gaji lubang tutup lubang, gtu aja terus gk kelar2 😭

Afied

permisi izin bertanya mas. saya memang memiliki beberapa tagihan di aplikasi pinjol. namun ada penagihan mengatasnamakan Pinjaman KIta, sedangkan saya tidak pernah meminjam di flatform tersebut, dan mereka mengancam saya akan menyebarkan data saya. saya juga sudah melakukan prosedur yang mas tulis di artikel tersebut.apakah akan ada tindaklanjut dari laporan saya ? terima kasih

Luthfiana Achadiyah

Kak….. Pinjaman flash (saku pinjaman, Mari KTA, Fulus Rezeki, Ini uang), Dana Bull (Cash Hut) itu pinjol ilegal ato legal? Sy sudah terjebak di pinjol ini….Mereka sudah menyebarkan data saya kak ke seluruh kontak saya, mereka juga sudah bobol database hp sy..hingga disebarkan siber USA +1 … Sementara sy kmrin sudah transfer tagihan saya ke 2 aplikasi 2280 krn kemrin jujur sy tidak bisa login aplikasinya terus saya di tagih mulu hingga sy disuruh bayar pake kode yg dikirim mereka trs besoknya di aplikasinya tidak ad tulisan pelunasan dan sampai sekarang mereka terus meneror dan menagih sy kak, bilangnya itu bukan pihak aplikasi kami begitu. Terus tagihan saya sampai sekarang masih belum sy bayarkan kak..sy bingung mw bayar pake apa lagi..uang sy sudh habis krn pinjol ini😭….apa yg hrus sy lakukan kak? Minta saran.

Luthfiana Achadiyah

Pinjol ilegal melakukan peneroran sampai kapan min? Pinjol ilegal apa akan mengirimkan DC datang ke lokasi rumah sy?

Rudi

Min apakah pinjol UATAS itu resmi???

Joko

Saya sering dapet tagihan dari kredtemas padahal saya tidak pernah meminjam tapi begitu saya telpon penerima mengatakan nmrnya abis di sadap sama orang,apa benar begitu?,terima kasih

HambaAllah

Saya pinjam di aplikasi cashcahnow dan di dalamnya bnyak aplikasi pilihan lagi, tp prtma kali saya belum menyetujui pinjaman yg saya ajukan, tp bbrp menit sudah cair dan ada tagihanny, 1400, di TF cuma hampir sekitar 900, di hari jatuh tempo (7hr) saya di wa untuk melakukan pmbyran max jam.10 dan posisi hanya punya uang separuhnya aja, dan ga berani dong balas wa.nya untuk konfirmasi, smpe sekitar jm 1 siang, tim DC dah nyebar data saya ke kontak saya. Terus udah aku lunasi karena takut + malu, no kontak saya lgsg semua kuhapus, izin aplikasi kuubah, 2hr kemudian saya ajukan lagi 1600, ga ada 5mnt di TF 1.088 .. jadi prtnyaan saya, data saya di pinjman tsb sama sprt pengajuan yg prtma atau yg udah ku.ubah no.kontak saya, untuk data no.darurat masih sama, hanya no kontak yg kuubah, habis pengajuan ke2, izin apl pun kuubah juga

HambaAllah

Jadi kemungkinan sebar data akan dilakukan lagi kalau ga bayar tagihan ke.2 meskipun sudah diubah?

Jurnas

Berarti kalau uda lunas pun itu gax bakal di hapus ya data nya

Asti

Halo min .. Saya Sudah galbay di aplikasi Ilegal Dana now .. dan setelah 1 dan 2 minggu kemudian saya Diteror Terus bahkan Penyejuk DATA pun sudah Mereka lakukan dan hingga saat ini Katanya dia mau Ke kantor dimana tempat saya Bekerja .. mohon solusinya min 🙏

Asti

Mereka Telah melakukan Penyebaran DATA Bahkan saya Dianggap DPO

Rida

Saya dalat teror dari aplikasi tunai cepat, pinjaman teman, pinjaman now, dan aplikasi pinjam uang
Apakah mereka itu aplikasi terdaftar ojk atau tidak kak

Jurnas

Min kalau saya ganti akun hp apakah data saya ttp ada pada pinjol itu,,, karna posisi saya kan waktu itu kurang dana nya tinggal hitungan beberapa menit tapi dia uda repot nyebarin ke semua,,, dan apabilah kontak saya uda di hapus apakah dia masih biaa nyadap kontak saya,, tolong bantuan nya

Kris

Min.. Td pagi sy ad gak sengaja isi data di aplikasi uang besar.. Malah gak Ada konfirmasi ad 5 aplikasi d dlm nya transfer k nmr rekening saya.. Sy liat bunga nya tinggi sekali.. Sy tlp k nmr tlp nya g aktif Dan sy mau kembalikan semua Dana dengan trf pake virtual account malah notifikasi nya system sedang gangguan.. Gmn nih min sy gak mau jd pinjamm… 😭😭

Nur maya sari

Permisi gan, saya memang ounya taguhan di brpa apk pinjol tp di apk kredtem@s saya tidak prnah meminjam, dan saya coba cari apk nya di playstore pun ga ada tp saya terus di teror lewat WA dengan nomor yg berbeda apakah Apk kredtem@s ilegal?
Lalu saya harus bagaimana gan?

Nur maya sari

Oke terimakasih jawabannya.lumayan buat saya tenang

Srisugiarti

Kak saya sudah capek menghadapi pinjol2 karna belum jatuh tempo sudah ngancam2,sudah mengedarkan data2,apakah q harus bayar klo sudah begitu ,dan tagihan sangat membengkak,dan saya sudah kehabisan barang untuk di jual buat bayar hutang 😢😢

Srisugiarti

Kak saya sudah tidak sangup untuk membayarny ,dan setiap hari dapat banyak teror sampek tidak bisa tidur ,dan setiap hari bungaya bertambah banyak,dan data sudah tersebar ke semua kontak tolong kak solusinya ,🙏

Asmarita

Maaf sbelumnya,,,beberapa hari ini saya selalu diteror oleh aplikasi ADAKAMI,mereka mengancam saya dan keluarga saya,dan mengatakan saya anjing jga…apa yg harus saya lakukan,krna saya belum bisa bayar

Anto

Dear
Saya pernah pinjam di apk Dana Cepat, Kantong kas, Duit Kita, dan semuanya sdh saya lunasi dan aplikasi sdh saya uninstal, tiba2 ada pemberitahuan dana sdh cair, padahal 1 hari sebelumnya aplikasi tersebut sdh saya hapus dan logout, dan saya cek di rek saya tdk ada dana yg masuk. Mhn penjelasannya. Thx

Anto

Terus apa itu bisa dilaporkan

Anto

Hallo ka bisa edit nama saya diatas

Feby

Bang kalo di tagih pinjol ilegal biasanya brpa lama dan apakah akan datang ke rumah, karena saya udh gx sanggup bayar, apakah ada cara nya?

Ria

Bang saya terjerat pinjaman online di beberapa tempat dengan nominal kisaran dari 1jt s/d 4jt per aplikasi, jika di total jumlahnya sudah mencapai 70jtan…saat ini HP dan no saya sudah tidak saya gunakan lagi dengan kata lain saya menggunakan HP dan no lain. Hanya saja pada saat pengisian data, saya mencantumkan nama Perusahaan tempat saya bekerja lengkap dengan no telp kantor, yang ingin saya tanyakan apakah mungkin mereka mendatangi alamat kantor saya bang ?
Bagaimana caranya agar mereka tidak meneror saya lagi bang ? Karena saat ini mereka sudah meneror telp kantor saya bang, terima kasih bang

Ria

Tapi bang mereka sudah menyebar data2 saya ke seluruh kontak2 yang ada di HP lama saya, saya juga sudah tidak sanggup untuk membayar tagihan pinjaman online tersebut bang, karena gali lobang tutup lobang, yang akhirnya hutang2 saya menumpuk sudah mencapai 200jtan bang.
Saya malu bang….atasan saya, teman2 kantor dan group sekolah anak2 saya yang ada di HP semua di hubungi bang

Nur maya sari

Hallo kak kredi saya mau tanya lagi
Pinjol legal biasanya dateng kerumah setelah telat bayar brpa lama ya, dan biasanya kalo datang ke rumah apa saja yg mreka lakukan?

Cibaduyut

Min..saya sudah tak sanggup bayar diaplikasi Kredit Rupiah,tapi dia wa dan sms trus..dan data saya sudah di sebar.bagus nya gimana min.dia Pinjol ilegan kan Min..dalam satu aplikasi sudah 18 pinjaman..padahal saya cuma klik di dua pinjaman aja.Dalam kredit rupiah itu ada namanya Duit Go,Komodo,Majapahit,Dana Tiba dan macam2 Min..data saya sudah di sebar bagus nya gimana Min

Feby

Ka kalo Galbay di pinjol legal tu konsekuensinya apa ya?

Nurmala

Hallo kak ,saya mau nanya kak ,saya kan di apk kredit pintar itu udah gak punya hutang ,udah semuanya di bayar dan itu di bayarnya udah lama,pas saya buka email ada penagihan yg lewat jatuh tempo . Dengan ancaman mau menyebar data ,pas saya buka lagi itu apk ternyata di situ gak ada tagihan apapun dan GX ada tagihan yg lewat jatuh tempo ,,tapi sangat di sayangkan sekali operator kpintar memaksa saya untuk bayar .padahal saya ngga punya hutang sama sekali .jadi saya itu sangat tdak nyaman dan merasa terganggu .minta solusi nya ka

Ari utomo

Hari ini saya di telpon dari aplikasi dana cair, dan suruh membayar 352rb karena sudah telat seharu, saya bingung langsung saya cek aplikasi tersebut, ternyata saya ada pinjaman di situ dan telat, yg masuk ke rekening 200rb, dari pinjaman 300rb tenor 7 hari, gilanya lg telat sehari 52rb. Apa yg harus saya lakukan? Dia sudah menyebar data saya, saya sudah tawarkan saya hanya akan bayar pokoknya saya tetapi dia menolak dan mengancam semua data lu udah gue sebar, gue gak butuh pinjaman receh lu. Tolong di bantu 🙏

Ari utomo

Apakah mereka akan datang ke rumah? Atau mencari tau saya dan membuntuti saya dan benar akan membunuh seperti ancamannya.

HERAWATI

tahun 2019 saya ada pinjaman di pinjol dan sudah saya bayar lunas ditahun 2019. Tahun 2021 ada telp dari aplikasi tersebut yang mengatakan saya ada tagihan dan meminta dibayarkan pokok nya saja. apa yang harus saya lakukan ya.

Herawati

Nama aplikasi nya uku. Setelah Kita bertukar WA Karena saya berjanji Akan memberikan bukti transfer Di mutasi rekening saya tetapi orang tersebut meminta rekening Koran saya. Saat ini saya abaikan permintaan tersebut Dan Masih mencari mutasi Di rekening Koran atas pembayaran tersebut.

YULIANA

bagaimana itu..data saya disalah gunakan..dan no hp saya yg bersangkutan sama data ktp saya terblokir sendiri..dan orang2 yg tdak bertanggung jawab dari pinjol ilegal menebar data saya..saya tdak pernah meminjam..da menerima uang tersebut…
mereka merekap no2 kontak saya..

BUDI IRAWANSYAH

Mau tanya nih saya punya pinjaman ilegal di app cash maju dengan biaya admin yg sangat merugikan karena tidak sesuai dan sangat merugikan saya berniat untuk tidak membayar apakah bisa,
Dan gimana cara nya lolos di dc nya

Auvonia Paiki

selamat siang mohon dibantu utk pinjaman online. saya hanya meminjam 3.200.000 tetapi saya diminta membayar total 9 juta dalam waktu 1 minggu sedangkan saya tidak mempunyai uang sebanyak itu, dan saya sduh di ancam terus

Niken Ayu Setya Maharani

Kak saya kan tanggungan di pinjol , dan mulai kemarin udah di wa dan mengancam mau sebar data ke semua kontak , nah lebih baik saya diemin atau saya bales ya kak ? Saya malu kalo sampe di sebar data

Siska

Lautan dana itu legal atau ilegal, krn saat masuk dalam aplikasi tertulis lambang Kominfo dan KSP. Menawarka tempo 91 hari. Saat masuk aplikasi hanya tempo 7 hari. ( kantung Rupiah,pinjaman lancar, uang hits, Rupiah trend pro, dll ). Dan mereka melakukan penagihan secara brutal dg ancaman sebar data, padahal belum waktu jatuh tempo. Apakah DC akan datang ke rumah.. ?

Yanti

Selamat malam ka maaf mengganggu,,ka saya mau tanya sekarang saya sudah galbay di salah satu pinjol ilegal,tadi ny saya mau niat bayar tapi bunga benar2 tidak tanggung2 jadi saya galbay,,masalah ny 2minggu lalu semua data2 saya sudah mereka sebar ke semua kontak wa saya,,dan saya skrg terjadi lagi mereka masih menyebarkan data dan terus meneror saya,,jujur saya jadi malu ka,,saya mau tanya biasa berapa lama mereka akan terus menyebarkan data2 saya ke semua kontak wa saya ka,,mohon info ny ka

Sinartik

Saya terjerat pinjol ilegal apa yg harus saya lakukan mereka trus mengancam

Okti Susilowati

Hai masmin, suami terlilit hutang pinjol ada beberapa. Dikarenakan ekonomi kami yang sempat terpuruk. Jadilah kami gali tutup lobang. Sampe akhirnya smwa pinjol di blok, kami ga bisa pinjem lagi.
Sekarang alhamdulillah lambat laun, ekonomi kami bangkit dan berniat melunasi 1 demi 1 pinjol. Tapi yang jd masalah, karna udah kadung pinjol nya sebar data dan ngirim ke semua data yg ada hp. Kami malu padahal ada niat an kami melunasi. Padahal pinjol2 yg kami pinjam semua legal. Hanya saja dc nya yg kasar. Ada kemungkinan kah dc2 nya di ajak diskusi untuk sedikit sabar /jgn kasar/sebar data. Tp kayaknya data kamu pun udah di sebar nya. Ada solusi kah masmin

Widya apriyani

Saya mau bertanya , apakah aplikasi RUPIAH CEPAT juga termasuk pinjol ILEGAL/LEGAL ya min,

Alfri

Assalamualaikum., selamat malam
Sy selaku peminjam dipinjol TUNAIKU sy kget galbay 1hari sdh denda 150rb bayangkan klo lewt smpai 2/3bulan…….????
& ada jg yg telpon gk berhenti2 no gontaganti trus (DC) Sampai sekrng Jujur sj sudh Merasa sngat TERGANGGU

Mohon pencerahannya & Langkah apa yg terbaik buat sy
Jujur sy sdh tdk sanggup bayar/GALBAY krn efek PANDEMI(PHK)

TUNAIKU = LEGAL/ILEGAL ..

Last edited 1 year ago by Alfri
Divija

Min saya sudah 3 hari ini diteror terus menerus oleh pinjaman legal karena telat membayar baru 3 hari karena saya sudah tidak sanggup lagi gali lubang tutup lubang sedangkan pendapatan menurun karena pandemi gaji habis di awal untuk lunasi hutang tapi tidak selesai2.. dan aplikasi yang meneror, uku, adakami, uatas, sudah adukan ke OJK malah saya di suruh aktif ajukan restrukturisasi dan aduan minta untuk di mediasi malah dijawab itu sudah di serahkan kepada perusahaan bersangkutan jadi saya harus mengajukan restrukturisasi, setelah ajukan ke perusahan bersangkutan mereka hanya menjawab saya tunggu beberapa menit lagi jika tidak bayar bla BLA BLA, saya tanggapi wa minta solusi dan mencoba negosiasi cuma di kasih waktu 2 jam.. apa tidak ada yang bisa membantu saya menyuarakan ini, apakah standar OJK seperti itu, saya kira semua peminjam pinjol yg terjerat pasti punya keinginan melunasi agar tidak terjerat lagi, tapi jika memang sudah terjebak dan lebih seperti besar pasak dari pada tiang, apa hanya itu yg bisa dilakukan OJK, saya lebih memilih dipenjara saja kalau memang begitu, apa pemerintah sesantai ini menghadapi fenomena ini, sampai banyak yang bunuh diri karena mereka yg menjadi korban. Tolong jika ada yang sependapat saya bisa bantu sampaikan keluhan saya ini bersama agar di hapuskan pinjaman online ilegal maupun legal.

Feipaupi

Min saya di tagih oleh Easy cash pdahal tdk ada dana masuk ke rek saya. Tetapi pernh instal apk tersebut dan verifikasi wajah dan KTP..
Dana cair ke rek penipu sesuai arahan nya dengan nominal yang lumayan besar..
Skrg sy ganti nomer krna sy tdk merasa menerima uang saya terganggu dgn DC yg tlp terus. Sudh lapor ke ojk dan afpi blm ada balsan… Ternyata bnyak yang seperti saya krna pinjol ilegal ini. Saran Min apakah yg saya lakukan dgn mengabaikan dn ganti nomer sdh benar.

Yulianti

Kmrin sy di tlp menawarkan cc cimb, skalian dgn dana tunai cepat indodana. Sy d arahkan untuk download aplikasi dan mengisi data2. Setelah mendownload dan mngisi data, sy pkir sdh selesai. Selang bbrp saat kemudian masuk sms seperti gmbr yg sy kirim. Pdhal sy tdk merasa mengajuhkan pinjaman dgn tenor dan nominal trswbut. Bgmn cara pembatalanx? Sedangkan call center yg sy hub hanya mengarahkan melakui email sja. Setelah sy email ktx sy mengajuhkan pinjaman 12jt dan d setujui 6 jt sja. Gila aja mas, cair 6 jt tp perjanjianx cair 7,2jt d potong provisi 1.2 jt dgn angsran 1.555 selama 6 bulan. Mohon solusix mas

IMG-20211112-WA0042.jpg
Kanti wasilah

Kak saya mau tanya.. Apakah kredit pintar dan rupiah cepat resmi ojk… Kenapa baru telat 3 hari sudah sebar data.. sampe harus telpon ke kantor… Kalo pinjol resmi ojk aturannya seperti apa ya kak.. Mohon penjelasannya kak

tulus martua hutapea

min saya tadi siang jam 2 ada pesan whatsaap masuk mengatakan ada pinjaman saya 1.5jt segera lunasi pinjaman anda kalau tidak nomor darurat anda akan kami hubungi dan tmpat kerja anda kami kunjungi, lalu saya buka link yg dibagikan dan tertera pinjaman ada 1.5jt tempo.y 14hari, lalu saya cari tau informasi lengkap.y dan tidak ada sama sekali nomor telepon aplikasi identitas aplikasi.y pun tidak jelas, dan saya cari di playstore pun tidak ada aplikasi.y , itu gimana min, mohon dibalas🙏🙏

Ardiansyah

Min, mohon sarannya..

Saya dapat teroran dari pinjol (CASHGO)..

Saya tidak merasakan peminjaman tetapi di aplikasi kok ada peminjaman dana dan di rekening saya tidak ada dana cair dari aplikasi tersebut.. Solusinya min

dan saya meminta dari si peneror Dokumen peminjaman dan pecairan dana yg masuk ke rekening tpi tidak ada balasan