Bayar Cicilan Akulaku dengan Mobile Banking BCA

Bayar cicilan Akulaku dengan mobile banking BCA – Pembayaran cicilan di Akulaku, jatuh tempo pada tanggal 25 tiap bulannya. Berlaku untuk transaksi digital maupun pinjaman tunai. Misal kamu meminjam Rp 1.000.000 pada 10 September 2019 dengan tenor 3 bulan. Cicilan pertamamu jatuh tempo pada tanggal 25 Oktober 2019, cicilan kedua pada 25 November 2019 dan cicilan terakhir pada 25 Desember 2019.

Pola seperti ini juga berlaku untuk transaksi digital, kecuali jenis transaksi non cicilan seperti pembelian pulsa, kuota internet, token listrik maupun pembelian barang lainnya. Pada tipe ini jatuh tempo pembayaran tetap ditanggal 25 namun ditagihkan pada bulan terjadinya transaksi. Misal kamu membeli pulsa Handphone sebesar Rp 100.000 pada tanggal 10 September 2019, maka tagihanmu akan jatuh tempo pada 25 September 2019.

Akulaku termasuk jenis aplikasi pinjaman online yang tidak berisik alias kalem. Ia tidak banyak memberikan notifikasi perihal jatuh tempo pembayaran. Notifikasi yang dikirimkanpun hanya melalui Push Notification sehingga tidak terlalu menganggu. Tanpa SMS apalagi telpon. Namun pola seperti ini bisa juga menjadi Bumerang, khusunya untuk kamu yang pelupa. Diem-diem bae tahunya dah lewat jatuh tempo pembayaran tagihan. Jadi kena denda deh.

Channel pembayaran yang tersedia di Akulaku diantaranya: Vrtual Account melalui transfer Bank (BCA, Mandiri, BNI, BRI, CIMB, Permata) dan pembayaran Offline melalui merchant yang bekerjasama (Indomart dan Alfamart).

Cara Bayar Cicilan Akulaku dengan Mobile Banking BCA

Tutorial berikut adalah salah satu pembayaran tagihan Akulaku milik Krediblog.

Waktu yang dibutuhkan: 3 menit.

Cara bayar cicilan Akulaku dengan mobile bangking BCA:

  1. Buka Akulaku

    Buka aplikasi Akulaku mu (screenshot Home)bayar akulaku dengan mobile banking bca

  2. Lihat tagihan

    Pada menu dibagian bawah, klik tab “Bills”. Lanjut dengan memilih menu “Tagihanku” pada bagian atas (Screenshot Bills)

  3. Catat jumlah tagihan

    Tertera jumlah tagihan. Klik “Lunasi Sekarang” (screenshot Tagihanku).

  4. Tentukan jumlah pembayaran

    Pada halaman “Pembayaran” kamu bisa menentukan jumlah pembayaran yang ingin dibayarkan terlebih dahulu. Biarkan saja jika kamu ingin membayar semua tagihan. Klik BAYAR SEKARANG (Screenshot Pembayaran).bayar akulaku dengan mobile banking

  5. Halaman pembayaran

    Kamu akan di arahkan ke halaman Pilihan Pembayaran yang tersedia (screenshot Pilih Bank).

  6. Salin nomor VA

    Pilih BCA Virtual Account dan Copy nomor VA yang tertera (screenshot Vitual Account).

  7. Lanjut di aplikasi mobile banking BCA

    Pilih menu transfer ‘BCA Virtual Account’. Masukkan nomor Virtual Account dan pastikan alamat tujuan transfer dan nominal yang akan dibayarkan sesuai. Jika semuanya sesuai, lanjutkan pembayaran.

  8. Selesai

    Jika muncul tampilan seperti pada Screenshot Transfer, berarti pembayaranmu sudah dibayarkan.bayar akulaku dengan mobile bca

Beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak terjadi kesalahan:

  • Nomor Vitual Account sangat vital fungsinya! Pastikan yang kamu copy adalah nomor Virtual Account bank BCA bukan bank lain.
  • Pastikan nomor Virtual Account di Copy dengan benar agar tidak terjadi salah kirim.
  • Pastikan nama yang tertera pada alamat Virtual Account adalah AKULAKU. Dan nominal tagihan sesuai dengan yang ingin kamu bayarkan.
  • Jika nominal tagihan tidak sesuai, silahkan ulangi lagi proses tahap 1 pada langkah nomor 5. Input jumlah tagihan yang ingin kamu bayarkan.
  • Input jumlah tagihan ini (bayar berapa dulu), hanya bisa dilakukan untuk tagihan yang belum jatuh tempo (sebelum tanggal 25). Jika sudah tiba waktunya kamu membayar tagihan yaitu tanggal 25, maka kamu harus membayar seluruh tagihan yang ada.
  • Pastikan koneksi internet stabil selama proses pembayaran agar tidak terjadi Interupsi.

Pembayaran Cicilan Akulaku dengan m-BCA Sukses

Dasar aplikasi kalem, selesai kamu membayar tagihan pun tidak ada notifikasi. Tidak ada SMS juga email. Kamu bisa mengetahui apakah pembayaranmu sukses atau tidak dengan cara login ke aplikasi. Pada menu ‘Bills’ klik submenu ‘Tagihanku’. Pembayaranmu sukses jika sisa tagihan yang tertera menjadi Rp 0 atau berkurang sejumlah nominal yang kamu bayarkan (screenshot Tagihan Lunas).

Misal jika sebelumnya tagihanmu Rp 500.000 dan kamu membayar sejumlah itu, maka pada ‘Tagihanku’ akan tertera Rp 0. Atau jika kamu membayar Rp 300.000 terlebih dahulu, pada ‘Tagihanku’ akan tertera sisa tagihan Rp 200.000. Oh ya, pembayaran cicilan yang kamu lakukan akan ditambahkan ke limit kamu. Jika sebelumnya limit kamu Rp 0 karena terpakai semua, maka ia akan bertambah sebesar nominal pembayaran yang kamu lakukan (screenshot Limit Kembali).

Jika setelah kamu melakukan pembayaran namun tidak ada perubahan pada sisa tagihan, kamu patut curiga. Cek lagi langkah-langkah yang kamu lakukan mungkin ada poin penting yang terlewat. Jika kamu yakin semua sudah sesuai prosedur namun sisa tagihan masih utuh, segera hubungi Tim Akulaku untuk konfirmasi.

Harap diingat, Akulaku tidak menerima pembayaran selain melalui Virtual Account dan Channel Offline yang telah disebutkan diatas. Jika ada yang mengatasnamakan Akulaku dan meminta untuk mentransfer sejumlah uang dengan tujuan rekening pribadi atau atas nama lain, bisa dipastikan itu penipuan. Selalu hati-hati dan teliti selalu!

Catatan

Jika setelah kamu melakukan pembayaran namun tidak ada perubahan pada sisa tagihan, kamu patut curiga. Cek lagi langkah-langkah yang kamu lakukan mungkin ada poin penting yang terlewat. Jika kamu yakin semua sudah sesuai prosedur namun sisa tagihan masih utuh, segera hubungi Tim Akulaku untuk konfirmasi.

Harap diingat, Akulaku tidak menerima pembayaran selain melalui Virtual Account dan Channel Offline yang telah disebutkan diatas. Jika ada yang mengatasnamakan Akulaku dan meminta untuk mentransfer sejumlah uang dengan tujuan rekening pribadi atau atas nama lain, bisa dipastikan itu penipuan. Selalu hati-hati dan teliti selalu!

foto mr. kredi

TENTANG PENULIS

Halo, saya Kredi. Mendadak tertarik menulis tentang Fintech karena kata saudara, saya jago ngutang. Jadi sekalian aja ngembangin bakat. He..he.. Ini Blog pribadi, tidak berafiliasi dengan perusahaan manapun.

Kalau kamu punya pertanyaan atau komentar, tulis dibawah ya! Saya coba bantu jawab.

guest
8 Komentar
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Vina

Bang kenapa ya kalo beli paket dial pembayaran 1 bulan ,tagihannya gak ada ,terus byrnya gimna

Ino

Baru aja isi pulsa si akulaku bayarnya di bulan berikutnya,,tp bingung liat tagihannya dmn?? Gmn cara bayarnya?

Laksamana

Bang…itu bayar tagihan lewat VA apa harus dr rekening yang terdaftar ?
Apa g bisa kalo dr rek lain ?

Hesti

Bang kalau buat bayar DP akulaku metode pembayarannya pake Gopay bisa gak sih sekarang?