Arti COD di Shopee. Kamu yg Hobi Belanja Harus Tahu

Apakah kamu tahu arti COD di Shopee? COD merupakan kependekan dari Cash On Delivery yang artinya kamu dapat melakukan pembayaran saat paketmu datang atau diterima. Jadi tanpa perlu repot-repot melakukan pembayar dengan cara transfer bank atau cara lainnya, kamu dapat membayar paket pesananmu saat sudah tiba di tangan.

COD saat ini sedang ramai ditawarkan dengan cara dilakukan pemasaran besar-besaran oleh Shopee tentang COD. COD banyak sekali dipilih konsumen karena sangat praktis. COD juga tidak hanya menguntungkan konsumen namun juga pihak Shopee pastinya akan mendapatkan keuntungan. Namun meski banyak dipilih konsumen namun metode pembayaran ini tentu saja memiliki kelebihan dan kelemahan.

Ingin punya toko di Shopee tapi tidak tahu bagaimana caranya jualan?. Baca panduan ini : Cara jualan di Shoope.

Kelebihan dan Kekurangan COD

kelebihan dan kekurangan cod

Kelebihan COD

Bagi Pembeli

  • Tidak akan rugi jika pesanan tidak dikirimkan penjual.
    Saat pembelian online kamu pasti terkadang cukup ragu karena resiko pembelian online bisa jadi pesanan tidak dikirimkan oleh penjual. Kamu akan menunggu-nunggu kapan paketmu akan sampai. Nah jika kamu memilih COD kamu tidak perlu khawatir karena tentu saja kamu tidak akan rugi jika pesanan tidak dikirim.

    Namun kamu juga tidak perlu khawatir jika berbelanja online di e-commerce seperti Shopee karena tentu saja pembelian yang dilakukan akan aman bebas dari penipuan.
  • Tidak perlu melakukan pembayaran di awal pesanan.
    Seperti yang telah diketahui tadi tentang arti COD di Shopee, kamu tidak perlu repot melakukan pembayaran transfer bank atau membayar dengan dompet elektronik. Bagi kamu yang belum memiliki rekening bank dan tidak mempunyai dompet elektronik, COD tentu saja menjadi solusi yang tepat bagimu untuk melakukan belanja online.
  • Bisa melakukan pembatalan meski pesanan sudah sampai.
    Pembatalan dapat dilakukan ketika tidak bertemu dengan pembeli atau tidak mau melakukan pembayaran. Nah inilah salah satu kelebihan dari COD yang sering kali dipilih para pembeli.

    Namun sebagai saran sebaiknya sebagai pembeli yang baik seharusnya kamu tidak melakukan pembatalan COD jika keadaannya baik-baik saja. Karena hal tersebut cukup merugikan pekerjaan kurir. Jadi mungkin solusi yang tepat kamu bisa melakukan pengembalian barang bukan pembatalan pesanan.

Bagi Penjual

  • Toko jadi terkenal dan keuntungan naik.
    Adanya COD yang ditawarkan memungkinkan para pembeli berbondong-bondong melakukan pembelian di tokomu. Oleh karena itu tokomu akan banyak dicari dan keuntungan penjualanmu akan semakin naik.
  • Biaya pengembalian gratis.
    Keuntungan yang diberikan kepada pembeli tentang pembatalan pembelian. Begitu juga dengan penjual, barang yang dikembalikan akan dikenakan biaya yang gratis.

Kekurangan COD

  • Harus menyiapkan uang tunai sampai paket datang.
    Karena kamu belum melakukan pembayaran di awal pemesanan. Tentu saja kamu harus bersiap menyediakan uang setiap waktu sampai paket datang. Karena belum tentu waktu pengiriman sesuai dengan di aplikasimu. Bisa saja paketmu sampai lebih cepat jadi kamu harus siap membayarnya.
  • Akun Shopee bisa terkena pinalti.
    Jika kamu telah melakukan penolakan COD sebanyak 2 kali maka akun Shopee mu akan dinonaktifkan sementara atau bahkan permanen.
  • Bisa terjadi kerusakan produk.
    Jarak yang jauh memungkinkan terjadinya adanya kerusakan produk. Inilah yang terkadang menjadi alasan terjadinya pembatalan COD. Oleh karena itu pada pembelian online termasuk memilih metode pembayaran COD disarankan mengasuransikan produk tersebut. Dan kamu bisa memilih ekspedisi yang bertanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan produk.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari metode pembayaran COD. Penting bagimu mengetahui arti COD di Shopee sebelum memilih metode pembayaran ini.

Lalu apakah kamu tahu mekanisme memilih metode pembayaran COD?

Selain beli sekarang bayar nanti dengan Shopee Paylater, sekarang kamu bisa meminjam uang tunai di Shopee! Info selengkapnya sudah dibahas di review Shopee Pinjam.

Cara Memilih Metode Pembayaran COD

cara pembayaran cod
  • Pastikan semua barang yang kamu pesan sudah dipilih dan benar
  • Jika sudah pasti kamu akan mengklik check out.
  • Nah di menu check out ini kamu diberi pilihan tentang ekspedisi yang akan dipakai
  • Jika kamu memiliki voucher Shopee khusus COD jangan lupa untuk dipilih karena ini akan menguntungkanmu
  • Nah langkah inilah yang penting, pada menu metode pembayaran kamu bisa klik dan pilih COD

Itulah langkah-langkah mengaktifkan COD. Selah itu kamu akan ditunjukkan menu tampilan pesananmu sedang dikemas, sedang dikirim atau selesai.

Pada menu ini jika pesananmu masih dikemas, kamu akan ditunjukkan waktu yang dibutuhkan penjual untuk mengemas biasanya 2 sampai 3 hari. Lalu setelah itu pesanan akan dikirim dan kamu akan ditunjukkan ada dimana pesananmu berada.

Nah jika sudah pada tahap ini, kamu disarankan untuk menyiapkan uang tunai agar ketika pesanan tiba sewaktu-waktu kamu bisa langsung membayarnya. Nah itulah yang dimaksud dari arti COD di Shopee.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar