Cara Jualan di Shopee. Tips Berjualan Online Pemula

Cara jualan di Shopee adalah hal pertama yang harus kamu kuasai jika ingin sukses berjualan di Toko Orange ini. Kamu boleh saja memiliki produk dengan kualitas Premium, namun salah menentukan harga bisa membuat pembeli beralih ke produk sejenis yang lebih murah. Atau katakanlah produkmu memang terbaik dibanding Seller lain, namun jika kamu tidak bisa menunjukkannya maka ratusan pembeli hanya akan melewati tokomu begitu saja.

Menjual produk dengan bantuan internet tidak saja memperluas pangsa pasar, melainkan menjadi keharusan di era digital semacam ini. Di zaman semua urusan bisa diselesaikan dalam genggaman, toko offline mu akan ketinggalan kereta jika mengabaikan potensi yang dibawa oleh digitalisasi. Berikut beberapa tip berjualan online khususnya cara berjualan di Shopee.

Menjual Barang Secara Online di Shopee

jualan barang online di shopee

Shopee adalah salah satu marketplace populer di tanah air. Kelebihan yang dimiliki Shopee dibanding toko online atau marketplace lain adalah jangkauannya yang sangat luas. Dari 10 daftar toko online paling banyak di kunjungi di Indonesia, Shopee menduduki peringkat pertama dengan jumlah kunjungan sekitar 190 juta dalam sebulan. Jadi jika kamu menjual barang secara online di Shopee, potensi pembeli yang mungkin akan datang berkunjung adalah hingga 7 juta dalam sehari. Gokil parah!

Keuntungan Jualan di Shopee

Selain potensi kunjungan per harinya yang besar, Shopee juga dikenal sebagai marketplace yang kaya akan fitur. Pengguna bisa mengunjungi Shopee melalui website dengan layar yang lebar atau berbelanja sambil rebahan menggunakan aplikasi. Untuk pembayaran tersedia metode yang beragam dari mulai transfer, kredit hingga COD. Singkat kata, Shopee serius membangun pengalaman pengguna yang menyenangkan agar pengguna betah berbelanja disana.

Berikut beberapa keuntungan jualan di Shopee :

  • Banyak program yang menguntungkan penjual dan pembeli.
    Seperti misalnya program gratis ongkir. Untuk pembeli keuntungan yang bisa diperoleh adalah bisa membeli produk apapun tanpa perlu memikirkan biaya pengiriman. Sedangkan untuk penjual, mereka bisa menjual produk sebanyak-banyaknya pada konsumen yang berada di berbagai daerah tanpa berpikir ongkir yang mahal.
  • Jangkauan pasar yang luas dan beragam.
    Ketika kamu membuka toko online di Shopee, maka secara otomatis akan memperoleh jangkauan pasar yang lebih luas dan beragam. Dari mulai konsumen pelajar, mahasiswa, karyawan hingga ibu rumah tangga bisa menjangkau produk yang kamu jual di toko online. Jualan online di Shopee tidak akan terbatas oleh waktu, wilayah maupun usia.
  • Ragam transaksi yang praktis.
    Setiap penjual bisa menggunakan fasilitas yang ada di Shopee untuk memudahkan pembeli dalam membeli produk yang mereka jual. Seperti fitur tawar barang, untuk menawar harga barang yang akan dibeli khususnya dalam jumlah banyak. Shopee juga memiliki metode pembayaran yang cukup banyak, dari mulai transfer bank, top up Shopeepay hingga Shopee Paylater yang bisa digunakan oleh semua kalangan masyarakat.
  • Sistem yang memadai.
    Setiap penjual yang bergabung dengan Shopee bisa mendapatkan panduan dan sistem penjualan yang mendukung kelancaran berjualan di Shopee untuk pemula. Panduan dan sistem tersebut dijelaskan dengan lebih memadai dengan keberadaan customer service yang siap melayani pelanggan selama 24 jam penuh. Sistem inilah yang mempermudah cara jualan di Shopee.
  • Modal minimal untuk memulai usaha.
    Berjualan di Shopee tak mengharuskan memiliki modal yang besar. Kamu bahkan bisa memulainya meski tak memiliki modal sekalipun.
  • Proses pendaftaran lebih mudah.
    Untuk mendaftar menjadi penjual di Shopee terhitung jauh lebih mudah dibandingkan di beberapa marketplace ternama lainnya. Penjual bisa mengelola toko dan melakukan upload produk jualan mereka dengan lebih mudah serta cepat. Selain itu, support system dan fasilitas yang diberikan Shopee pada penjual serta pembeli juga sangat memuaskan.
  • Mudah melakukan penarikan uang.
    Di Shopee setiap penjual bisa dengan mudah melakukan penarikan uang segera setelah pembeli melakukan konfirmasi penerimaan paket mereka. Bahkan bukan hanya itu saja, setiap bonus maupun koin yang diperoleh pun bisa dengan mudah digunakan sesuai kebutuhan.

Mengelola Toko Online Lewat Hp

jual untuk pemula lewat hp

Sebagai platform belanja online, yang kamu butuhkan untuk mengelola toko di Shopee adalah akses internet. Silahkan menggunakan komputer, laptop atau Tab, tapi jika yang kamu miliki hanya sebuah Hp itu sudah lebih dari cukup. Melalui Hp kamu bisa melakukan apa saja yang bisa dilakukan melalui komputer. Dari mulai membuat akun hingga posting produk. Tidak berlebihan jika dikatakan mengelola toko online di Shopee bisa kamu lakukan lewat Hp.

Jualan di Shopee untuk pemula lewat Hp bisa dengan mudah dilakukan. Karena melalui Hp kamu bisa melakukan hal-hal berikut :

  • Daftar akun Shopee
  • Membuka toko
  • Mendesain etalase
  • Editing gambar produk
  • Posting produk
  • Menjawab pesan masuk
  • Memproses pesanan
  • Menyelesaikan komplain
  • Melakukan penarikan dana
  • dan berbagai aktifitas lainnya

Karena bisa dikelola dengan mudah dan fleksibel, siapa saja bisa memulai bisnis toko online nya di Shopee. Tidak perlu modal besar, tidak membutuhkan peralatan canggih, siapa saja termasuk pemula sekalipun bisa membuka toko online sekarang juga bermodal Hp yang biasa digunakan sehari-hari. Download aplikasi, daftar akun, buat toko dan kamu siap menjual barang secara online di Shopee.

Butuh modal untuk toko barumu? Shopee menyediakannya. Kamu bisa meminjam hingga 20 juta di platform pinjaman Shopee. Selengkapnya baca Shopee Pinjaman.

Cara Berjualan di Shopee

cara jualan di shopee

Secara umum, cara berjualan di Shopee adalah kamu mengupload produk, menuliskan deskripsi, menentukan harga dan tunggu pembeli datang untuk bertransaksi. Step by step nya bisa kamu lihat pada pembahasan berikut.

Cara Daftar Jualan di Shopee

Sebelum bisa memajang daganganmu di Shopee, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mendaftar akun.

Waktu yang dibutuhkan: 10 menit

Cara daftar jualan di Shopee :

  1. Unduh dan install aplikasi Shopee

    Pergi ke Google Play Store atau App Store untuk mendownload. Lanjut dengan menginstalnya.cara daftar jualan di shopee download

  2. Lakukan pendaftaran

    Buka aplikasi dan pilih tab “Saya”. Kemudian Pilih Daftar.cara daftar jualan di shopee buat akun

  3. Masukkan nomor HP

    Masukkan nomor HP, verifikasi kode captcha dan masukkan OTP.cara daftar jualan di shopee nomor hp

  4. Buat username dan password

    Tentukan username yang ingin kamu gunakan dan masukkan password.

  5. Buka toko online

    Dilakukan dengan beberapa tahapan berikut :
    – Kunjungi seller.shopee.co.id di browser dan mulai pendaftaran.
    – Lengkapi profil toko dengan lengkap.
    – Atur alamat toko dan jasa pengiriman yang akan digunakan.
    – Atur rekening bank untuk melakukan pencairan danacara jualan di shopee buka toko

  6. Upload produk

    Mulai tambahkan produk dimulai dari nama, kategori, dimensi, gambar, harga dan detail penting lainnya. Pihak Shopee akan melakukan verifikasi dalam 1 hari kerja.

  7. Lakukan promosi

    Setelah produk lolos verifikasi akan tampil dan dipromosikan ke pembeli. Shopee memiliki fasilitas untuk promosi produk secara gratis sehingga produkmu akan muncul ketika pembeli melakukan pencarian dengan menggunakan kata kunci nama produk. Selain itu, setiap penjual juga bisa menggunakan tautan produk dan toko via media sosial yang dimilikinya untuk membantu meningkatkan penjualan.

  8. Lengkapi produk

    Untuk menarik pembeli, sebaiknya lengkapi produk yang ada di etalase dengan produk yang sesuai dengan jenis produk utama. Jika misalnya menjual produk kecantikan, maka lengkapi produk dengan menjual alat kecantikan atau fashion.cara daftar jualan di shopee lengkapi produk

Mulai Menjual Barang di Shopee

Setelah memiliki lapak, saatnya mulai menjual barang di Shopee atau bersiap transaksi. Gunakan strategi berikut untuk Closing penjualan pertamamu :

  1. Tambah jumlah produk.
    Secara berkala tambah jumlah produk yang kamu jual untuk menarik lebih banyak pembeli. Shopee menyediakan fitur upload produk massal untuk membantu penjual dalam meng-upload produk yang ingin dipajang di etalase toko.
  2. Tingkatkan jumlah pengikut atau followers toko.
    Di Shopee juga tersedia fitur untuk pengikut toko yang berperan besar untuk meningkatkan performa toko tersebut. Semakin banyak jumlah followers yang dimiliki, maka semakin besar kepercayaan yang dimiliki pembeli karenanya. Efeknya adalah produk jualanmu akan laku dalam jumlah lebih banyak.
  3. Aktifkan Fitur Gratis Ongkir.
    Shopee memiliki program gratis ongkir yang bisa diaktifkan. Adapun syarat untuk mengaktifkan program ini hanya dengan foto KTP dan foto diri yang dilakukan dengan memegang KTP. Fitur gratis ongkir menjadi salah satu daya tarik yang paling besar bagi para pembeli di marketplace Shopee. Merupakan sebuah program yang diberikan untuk mendapatkan subsidi ongkir dengan minimal belanja mulai dari 0 rupiah hingga 200 ribu rupiah. Apabila pembeli mengaktifkan fitur tersebut, maka secara otomatis penjual tak perlu membayar ongkir pada ekspedisi untuk setiap pengiriman barang yang dilakukannya.
  4. Pilih produk yang potensial.
    Salah satu trik termudah cara jualan di Shopee adalah dengan cermat dan jeli dalam melakukan pemilihan produk. Amati trend dan pilih produk yang sekiranya banyak dibutuhkan oleh masyarakat saat ini.
  5. Ikut program Flash Sale.
    Shopee juga terkenal dengan programnya yang menjual produk dengan harga sangat murah atau Flash Sale. Program ini bisa diikuti oleh semua penjual yang terdaftar di Shopee untuk bisa menjual aneka macam produk dengan waktu singkat dan harga produk yang sudah didiskon sebelumnya. Program ini bisa dilihat dan digunakan oleh semua pengguna Shopee tanpa kecuali.

Cara Jualan Tanpa Stok Barang

cara jual tanpa stok barang

Sebagai penjual di Shopee, kamu juga akan mendapatkan fasilitas toko berupa “Katalog Saya”. Yaitu sebuah fitur yang bisa dipakai untuk membantu para pengguna Shopee yang memiliki bisnis dropship dan reseller-nya untuk bisa berjualan di Shopee tanpa harus menyediakan stok barang. Jika kamu mencari cara jualan di Shopee tanpa stok barang, sistem inilah yang dimaksud.

Dengan adanya fitur ini, maka setiap penjual bisa dengan mudah melakukan sistem dropship untuk pemasaran produk, dengan cara menyimpan foto produk kemudian membagikannya via media sosial. Banyak pengguna Shopee yang memanfaatkan fitur ini untuk memulai bisnis dropship dalam cara jualan di Shopee mereka tanpa modal sekalipun.

Dengan menggunakan katalog ini, penjual bisa mendapatkan banyak sekali keuntungan seperti misalnya :

  • Bisa menjual aneka produk yang bervariasi dan lengkap. Kamu tak perlu pusing untuk melakukan penambahan produk karena semua sudah ada di Shopee.
  • Kamu juga bisa leluasa menentukan harga jual sendiri.
  • Untuk menambahkan produk dropship ke tokomu, tak diperlukan izin dari penjual terlebih dahulu.
  • Kamu bisa fokus melakukan promosi karena untuk persediaan barang dan pengiriman sepenuhnya diurusi oleh pemilik produk.

Setelah menyelesaikan teknis cara berjualan di Shopee, aktifitasmu selanjutnya akan lebih banyak untuk urusan promosi. Sebagai toko baru kamu perlu menunjukkan diri agar bisa ditemukan dengan mudah oleh pembeli yang sedang mencari produkmu.

Tips Jualan di Shopee untuk Pemula

tips jualan di shopee untuk pemula

Biasanya toko baru akan mengalami kesulitan dalam 1 bulan pertamanya. Dari mulai tidak adanya transaksi hingga minimnya jumlah pembeli yang berkunjung. Jangan patah semangat karena ini proses yang umum dari toko baru. Seiring berjalannya waktu tokomu akan lebih dikenal dan transaksi penjualanpun akan mulai berdatangan. Beberapa tips jualan di Shopee untuk pemula berikut bisa kamu coba.

Cara Meningkatkan Penjualan di Shopee

Kunci dari penjualan yang meningkat di Shopee adalah kepuasan pelanggan. Boleh saja produkmu bagus, namun jika pembeli kecewa dengan pelayananmu mereka tidak akan kembali. Atau katakan produkmu lebih mahal dibanding toko sebelah, namun jika kamu melayani mereka dengan antusiasme yang tinggi mereka akan berfikir itu harga yang sepadan. Jadi, pepatah “Pembeli adalah Raja” harus benar-benar kamu terapkan dalam tokomu.

Tips cara meningkatkan penjualan di Shopee

  • Berikan pelayanan terbaik
  • Bangun kedekatan dengan pembeli
  • Jual produk yang dibutuhkan
  • Tetapkan harga pertengahan dibanding toko yang lain
  • Tawarkan diskon atau potongan harga

Mengelola Toko dari Shopee Seller Center

shopee-seller-center

Sebagai marketplace terdepan Shopee menyediakan fitur hebat untuk para pemilik toko. Ia adalah Shopee Seller Center, yaitu pusat kontrol untuk penjual mengelola toko mereka berikut pengembangannya. Semua yang penjual harus lakukan untuk toko mereka tersedia peralatannya di Shopee Seller Centre. Jangan khawatir cara jualan di Shopee mu akan putus di tengah jalan karena dengan login ke Seller Center kamu bisa melakukan banyak hal disana.

Yang bisa kamu lakukan di Shopee Seller Center :

  • Mengelola toko
  • Training dan edukasi pengembangan toko
  • Tips sukses berjualan
  • Tanya jawab
  • Webinar seputar berjualan online

Berjualan di Shopee erat kaitannya dengan waktu. Semakin lama kamu menggelutinya akan semakin ahli kamu menguasainya. Perhatikan toko-toko yang sukses di Shopee, kebanyakan sudah berumur tahunan dan sudah melewati jatuh bangun membangun bisnis toko online. Ini sejalan dengan reputasi toko dimana semakin sering kamu menyelesaikan transaksi akan semakin dikenal kualitas produkmu. Sekali lagi itu mensyaratkan waktu karena reputasi dibangun setelah sekian lama berlalu.

Pada akhirnya, cara jualan di Shopee yang paling baik adalah dengan membiarkan pengalaman mengajarimu. Dan tips membangun toko online yang sukses adalah dengan tidak lelah bangkit kembali seberapapun seringnya kamu terjatuh.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram