MyIdScore – Pefindo Checking Alternatif SLIK OJK

Jika pengajuan kredit atau pinjamanmu di lembaga keuangan formal selalu ditolak kemungkinan besar ada yang salah dengan skor kreditmu. Setelah dilakukan analisis data mereka menemukan reputasi keuanganmu terlalu meragukan. Dan sebagai bentuk mitigasi resiko penolakan adalah output yang dipilih. Pertanyaannya kemudian, dari mana para lembaga keuangan ini (bank, multifinance, fintech lending, dll) mendapatkan skor kredit pengguna? Dari MyIdScore salah satunya.

Tulisan ini adalah tentang review MyIdScore. Krediblog melakukan pengecekan skor kredit secara mandiri pada bulan lalu. Jika kamu sedang mencari informasi tentang credit scoring semoga tulisan ini memberi sumbangsih.

Mengenal IdScore dari Pefindo Biro Kredit

IdScore adalah sebuah report yang memuat seberapa baik riwayat pembayaranmu. Ia mencatat transaksi kredit dan pinjaman lengkap dengan status pembayarannya. Report ini akan memberikan score (nilai) yang bisa menjelaskan apakah seorang pengguna layak dipercaya atau beresiko tinggi untuk gagal bayar.

Apa Itu Pefindo?

apa itu pefindo

Pefindo adalah perusahaan biro kredit. Mereka menghimpun, mengelola dan menyediakan informasi kredit historis seseorang dari berbagai sumber data. Hasil dari pengumpulan data tersebut tercetak dalam bentuk report yang mereka beri nama IdScore. Karena isi informasinya yang berharga, IdScore sangat membantu lembaga keuangan dalam memutuskan kelayakan para calon debitur.

Pefindo atau yang bernama lengkap PT Pefindo Biro Kredit merupakan biro kredit swasta yang sudah berizin resmi. Mereka mengantongi izin usaha dari OJK sejak Januari 2016 sebagai Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan atau LPIP. Itu artinya Pefindo adalah perusahaan legal dengan basis data yang diakui keakuratannya.

ItemDetail
NamaPT Pefindo Biro Kredit
Alamat kantorGedung Bursa Efek Indonesia Tower I Lantai 1
JL. Jend. Sudirman Kav 52-53 Jakarta 12190
Emailmyidscore.helpdesk@pefindobirokredit.co.id
Telpon(62-21) 515 4501
Jam kerjaSenin – Jumat (09:00 – 15:00)
Websiteidscore.id

IdScore informasi perkreditan yang komprehensif

Alasan mengapa IdScore begitu dipercaya sehingga menjadi penentu di acc tidaknya pengajuan dari calon debitur adalah karena data yang dihimpun berasal dari sumber terpercaya dan diolah secara komprehensif. IdScore mengambil sumber data dari Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), lembaga pemerintah atau perusahaan swasta yang telah bekerja sama dan lembaga keuangan non-pelapor SLIK.

Bisa dibilang IdScore ini nyaris memiliki semua riwayat keuangan masyarakat di Indonesia. Score setiap orang bisa dengan mudah dipetakan karena mereka bisa mengakses informasi dari Dirjen Pajak, Taspen, BPJS Ketenagakerjaan hingga perusahaan telekomunikasi. Jika datamu pernah tercatat di lembaga-lembaga tersebut itu artinya IdScore memiliki profil keuanganmu

MyIdScore Credit Scoring Alternatif SLIK OJK

myidscore credit score alternatif slik ojk

Selain IdScore yang pemanfaatannya untuk lembaga keuangan formal, PT Pefindo Biro Kredit juga memiliki pengecekan skor kredit khusus individu. Ia adalah MyIdScore. Jadi melalui MyIdScore ini kamu bisa melihat reputasi keuanganmu dalam wujud score persis seperti yang IdScore lakukan. Benar sekali pengecekan skor kredit individu seperti ini bisa dilakukan di SLIK OJK, MyIdScore hadir sebagai alternatif jika karena satu dan lain hal pengguna tidak puas dengan kualitas yang diberikan oleh SLIK OJK.

Informasi Credit Score untuk individu atau pribadi

MyIdScore adalah platform dimana individu masyarakat bisa mengecek langsung laporan kredit historisnya. Diluncurkan pertama kali pada November 2021 dengan tujuan agar masyarakat bisa mengecek terlebih dahulu kelayakan kreditnya sebelum mengajukan pinjaman. Daripada menebak-nebak di acc atau tidak setelah pengajuan lebih baik melakukan pengecekan mandiri sebelum maju. Kamu bisa tahu hasilnya sebelum memulai.

Score yang diberikan MyIdScore berkisar antara 250 hingga 900. Score 250 – 569 masuk resiko sangat tinggi, 570 – 633 juga resiko tinggi. Pengguna dalam rantang score tersebut memiliki resiko gagal bayar yang besar dan akan membuat pengajuan kredit auto ditolak. Pengajuannmu akan mulai dipertimbangkan pada score 634 – 643 karena resikonya sedang. Peluang acc kian meningkat jika hasil pengecekan MyIdScore kamu mendapatkan score 644 – 683 (resiko rendah) atau 684 – 900 (resiko sangat rendah).

Jika selama melakukan kredit atau pinjaman kamu termasuk debitur yang disiplin dalam membayar, kemungkinan besarnya score-mu akan berada direntang 644 ke atas. Dengan score tersebut kamu bisa pede di acc saat mengajukan kredit atau pinjaman di lembaga keuangan formal mana saja.

Paket layanan MyIdScore

Layanan MyIdScore ini gratis dan berbayar. Maksudnya ada yang gratis dengan syarat kamu tidak keberatan untuk datang langsung ke kantor IdScore. Atau yang praktis yang diajukan secara online dengan membayar mulai Rp 49.000 sampai Rp 99.000 tergantung paket yang dipilih. Berikut detailnya :

  • Free
    Gratis tanpa biaya untuk 1 kali permintaan. Pengajuan dengan datang langsung ke kantor IdScore
  • Silver
    Biaya Rp 49.000 untuk 1 kali permintaan
  • Gold
    Biaya Rp 79.000 untuk 3 kali permintaan atau 3 bulan berlangganan
  • Gold
    Biaya Rp 99.000 untuk 3 kali permintaan atau 12 bulan berlangganan

Download aplikasi MyIdScore

download aplikasi myidscore

Sebelumnya pengajuan credit scoring dilakukan melalui website myidscore.id. Lumayan repot karena website mereka belum mobile friendly. Namun tepat pada 10 November 2023 Pefindo meluncurkan aplikasi MyIdScore untuk akses yang lebih mudah dan praktis.

MyIdScore Apk

Untuk pengguna Android, aplikasi MyIdScore bisa didownload langsung dari Google Play Store atau melalui link berikut : Download Android.

Size34 MB
Requires Android8.0 and up
DeveloperPT PEFINDO Biro Kredit
PermissionsMedia, Penyimpanan, Kamera

MyIdScore iOS

Untuk pengguna iOS, link akan di update saat MyIdScore meluncurkan aplikasi versi iOS.

Size
Requires iOS
DeveloperPT PEFINDO Biro Kredit
Permissions

Kesan saat menggunakan MyIdScore

Krediblog pertama kali mengajukan permintaan skor kredit di MyIdScore pada November 2023. Sebelum itu sejak Januari 2023 sampai Oktober 2023 mencoba pengajuan di SLIK OJK (sekarang bernama Idebku) selalu gagal dengan pesan error, “Maaf, pendaftaran anda belum berhasil. Memperhatikan antusiasme masyarakat yang tinggi atas layanan iDebKu, saat ini layanan telah penuh. Silakan melakukan pendaftaran kembali secara berkala di waktu operasional layanan”.

Prosesnya cepat hanya butuh 1-2 hari dengan step pendaftaran yang bisa diikuti dengan mudah. Yang lebih menyenangkan adalah tidak adanya antri atau yang lebih parah : penolakan. Output report credit scoring dipermudah dengan adanya Info ID Predictor. Yaitu sistem penilaian dengan skor, prosesentase gagal bayar, kategori dan keterangan resiko. Singkatnya begini, kamu bisa mengetahui reputasi keuanganmu hanya dari satu halaman tanpa perlu melihat puluhan sampai ratusan halaman pendukung lainnya.

Tidak tertarik menggunakan MyIdScore? cek alternatifnya disini : aplikasi cek BI Checking.

Catatan review MyIdScore

catatan myidscore oleh krediblog

Haruskah menggunakan MyIdScore jika Idebku dari SLIK OJK tersedia? Perlukah mengeluarkan biaya untuk proses pengecekan credit scoring yang bisa sepenuhnya gratis? Tidak ada jawaban benar atau salah, tepat atau keliru karena ini akan tergantung kebutuhamu.

Kuncinya adalah urgensi. Jika ingin mengecek skor kredit namun tidak buru-buru lebih baik menggunakan Idebku. Jika slot antrian penuh coba terus sampai berhasil karena toh tidak ada tenggat waktu yang harus dikejar. Namun jika membutuhkan hasil credit scoring secepatnya semisal untuk kebutuhan melamar pekerjaan, pengajuan fasilitas kredit/pinjaman atau verifikasi data tidak ada salahnya membayar untuk sebuah kecepatan.

FAQ MyIdScore

Apakah hasil credit scoring MyIdScore bisa dipercaya?

Bisa. Sumber data diambil langsung dari SLIK OJK dan data Non SLIK.

Apakah menggunakan MyIdScore harus bayar?

Ya. Biayanya mulai Rp 49.000 sampai Rp 99.000.

Mengapa MyIdScore tidak gratis?

Karena pemiliknya adalah perusahaan komersil yang membutuhkan profit untuk operasional.

Berapa lama report MyIdScore bisa diterima?

1-2 hari sejak pengajuan.

Bagaimana jika hasil credit scoring jelek?

MyIdScore hanya menyediakan data dan tidak berhubungan langsung dengan isi datanya.

Review MyIdScore
logo aplikasi myidscore

Nama: MyIdScore

Deskripsi: MyIdScore Mobile adalah aplikasi layanan informasi perkreditan yang disediakan PEFINDO Biro Kredit (IdScore) dan bisa diakses oleh masyarakat umum secara cepat, mudah dan praktis.

Platform: Android

Kategori Aplikasi: Keuangan

Nilai
4.1
  • Proses pendaftaran
  • Menu dan fitur
  • Biaya admin
  • Support
kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram