Apa Itu Kode SN Pulsa dan Dimana Menemukannya

Pembelian pulsa saat ini dapat dilakukan dengan mudah melalui aplikasi atau marketplace. Namun ternyata masih cukup banyak orang yang melakukan pembelian pulsa dengan cara konvensional. Baik secara online ataupun konvensional sebenarnya tidak ada perbedaan karena kamu juga akan memperoleh kode SN pulsa.

Pada kesempatan kali ini, akan dibahas mengenai apa itu kode SN, fungsi kode SN, dan bagaimana cara mengetahui kode SN setelah pengisian pulsa. Karena kode ini memiliki pesan yang sangat penting, baik untuk agen penjual pulsa maupun bagi pembeli.

Apa Itu Kode SN Pulsa?

apa itu kode sn pulsa

Kode SN atau Serial Number merupakan sebuah kode unik yang digunakan sebagai pemberitahuan verifikasi pengisian pulsa. Umumnya, baik dari pembeli maupun penjual pulsa akan memperoleh kode SN setelah pengisian pulsa selesai dilakukan.

Kode SN setiap transaksi tentunya berbeda-beda. Hal ini dikarenakan isi kode SN tersebut merupakan informasi dari tanggal transaksi, ID penjual pulsa, dan kode operator.

Fungsi Dari Kode SN

Pada dasarnya, sistem operator akan mengirimkan serial number pulsa ini secara otomatis. Adanya kode SN tentu memiliki beberapa fungsi antara lain adalah sebagai berikut.

  • Sebagai pemberitahuan bahwa pengisian pulsa untuk nomor tertentu sukses dilakukan
  • Dapat digunakan untuk mengecek info transaksi seperti tanggal dan waktu pembelian
  • Bagi penjual, kode SN juga digunakan untuk mendapatkan informasi pesan mengenai sisa saldo yang masih ada
  • Bagi pembeli, kode SN dapat dilakukan untuk pengecekan ulang dengan cara memberikan kode yang didapat

Mau beli pulsa tapi terkendala tanggal tua? Kamu bisa menggunakan aplikasi pinjam pulsa sebagai penolong. Ini adalah aplikasi hutang pulsa yang memungkinkanmu untuk membeli pulsa sekarang dan membayarnya nanti 30 hari kemudian. Kamu bisa membeli pulsa dari semua operator dengan nominal 5 ribu sampai satu juta.

Cara Mengetahui Kode SN Pulsa

cara mengetahui kode sn pulsa

Kode SN ini memiliki peran yang sangat penting. Dengan adanya kode serial number, apabila penjual mendapatkan komplain dari pelanggan maka dapat dilakukan pengecekan ulang. Misalnya apabila pelanggan mengaku jika pulsa tidak masuk. Jadi penjual pulsa pun akan lebih tenang.

Kode SN ini umumnya berbentuk angka sejumlah 12-16 digit, menyesuaikan provider dan distributor. Jika ingin mengetahui kode serial number pulsa, caranya sangat sederhana, karena kamu hanya memerlukan ketelitian saat membeli data atau pulsa yang dinyatakan sukses.

Karena kode SN dikirimkan kepada pembeli dan penjual sekaligus, dua cara untuk dapat mengetahui kode ini. Berikut merupakan cara mengetahui serial number pembelian paket data atau isi pulsa.

Melalui Penjual

Bagi penjual pulsa yang secara khusus terdaftar di agen, umumnya kode SN akan didapatkan melalui SMS. Hal ini pun berlaku jika pulsa berasal dari aplikasi atau marketplace tertentu, tetapi kode SN nya berbeda seperti yang dimiliki agen, karena tentunya ID-nya pun berbeda.

Jika kamu pihak penjual pulsa, maka kamu akan memperoleh informasi terkait pembelian pulsa yang telah sukses dilakukan beserta kode SN-nya. Selain itu, saldo pulsa yang dimiliki pun secara otomatis akan berkurang. Jadi setiap kali kamu melakukan transaksi pengiriman pulsa kepada customer, jika memperoleh pesan dari distributor, mohon untuk tidak langsung menghapusnya. Lebih baik simpan terlebih dahulu pesan tersebut yang berisi kode SN minimal 1 pekan.

Hal ini perlu dilakukan supaya jika ada pelanggan yang komplain pulsa tidak masuk, kamu dapat menunjukkan kode SN tersebut. Untuk kroscek kebenarannya pun dapat dilakukan dengan cara menghubungi customer service dari provider yang bersangkutan. Apabila kamu melakukan pengisian pulsa melalui aplikasi atau marketplace, bisa melakukan pengecekan di riwayat pengisian. Kode SN dapat langsung di screenshot atau disalin.

Melalui Pembeli

Cara ini masih berkaitan dengan cara sebelumnya. Ketika kamu menjadi pelanggan yang membeli pulsa, jika pengisian pulsa sudah sukses dilakukan kamu biasanya akan memperoleh SMS notifikasi. Bedanya, pengisian pulsa secara konvensional kamu akan mendapatkan SMS yang berisi kode SN. Sementara apabila melakukan pengisian pulsa melalui marketplace atau aplikasi, pesan yang didapatkan biasanya berupa TID (Transaksi ID).

Jadi tidak hanya dari sisi penjual saja, pembeli pun akan mendapatkan SMS yang isinya kode SN. Hal ini memberitahukan bahwa pengisian paket atau pulsa telah dilakukan. Oleh karenanya, jika kamu membeli paket data maupun pulsa, beberapa saat kemudian akan ada notifikasi pesan SMS yang menampilkan kode SN. Umumnya kode SN ini langsung dikirimkan oleh operator seluler.

Lalu bagaimana apabila tidak ada pesan SMS yang masuk? Tidak perlu khawatir karena apabila jaringan stabil pasti kode SN akan masuk. Terkadang memang untuk mendapatkan pesan SMS yang berisi kode SN agak telat. Jadi bisa menunggu terlebih dahulu selama 10 menit kemudian cek pulsa, apakah sudah masuk ataukah belum.

Mengingat pentingnya fungsi dari kode SN pada pengisian paket data atau pulsa jadi harus bijak dalam menentukan sikap, terutama bagi agen penjual pulsa. Usahakan untuk tidak menghapus pesan yang berisi kode SN setelah berhasil melakukan transaksi dengan pembeli. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, hal ini dilakukan dengan tujuan untuk antisipasi jika terjadi komplain atau pembeli yang berniat curang.

Demikianlah pembahasan cara pengecekan serial number pulsa. Dapat disimpulkan bahwa kode SN pulsa merupakan notifikasi verifikasi dari transaksi isi pulsa yang dilakukan oleh penjual dan pembeli.

Jika ternyata belum masuk juga, maka ada dua kemungkinan yang diperkirakan. Bisa jadi karena ada gangguan, atau jika kamu mengisi pulsa melalui konvensional mungkin salah nomor.

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar