Usaha Ternak Bebek Petelur. Begini Cara dan Triknya

Bagi kamu yang memiliki keinginan untuk memulai usaha ternak bebek petelur, simak triknya di bawah ini. Memahami cara ternak bebek petelur merupakan salah satu modal penting untuk meminimalisir kegagalan usaha saat panen tiba. Usaha ternak bebek memiliki banyak keuntungan apabila kamu melihat dari sisi bisnis telur karena memiliki banyak peminatnya.

Telur bebek juga mengandung banyak nutrisi sehingga jumlah peminatnya banyak di pasaran. Selain termasuk jenis usaha ternak yang menjanjikan, cara ternak bebek petelur juga cukup mudah dibandingkan dengan ternak ayam. Mari simak selengkapnya mengenai trik ternak bebek petelur agar mendapatkan banyak keuntungan.

Cara Ternak Bebek Petelur

Berikut adalah beberapa trik bisnis ternak bebek petelur bagi pemula yang bisa kamu lakukan agar mendapatkan banyak keuntungan.

1. Mempersiapkan Modal

usaha ternak bebek petelur persiapan modal

Trik pertama yang harus kamu perhatikan supaya bisa menjalankan bisnis ternak bebek adalah mempersiapkan modal. Bagi kamu yang tertarik dengan ternak bebek petelur memerlukan modal yang cukup banyak dan harus mencatat semua kebutuhan, seperti bibit, kandang, pakan hingga perawatan bebek. Modal awal yang kamu butuhkan biasanya untuk melakukan pencacatan secara keseluruhan.

Modal awal ini biasanya mulai dari membeli bibit bebek, sewa lahan, membuat kandang dan harga pakan bebek. Kamu harus mencatatnya secara lengkap dan detail dan bisa disesuaikan dengan dana yang kamu miliki. Kamu bisa memanfaatkan dana pribadi atau pinjaman khusus untuk modal awa usaha tersebut.

2. Menyiapkan Lahan

Trik kedua usaha ternak bebek petelur adalah mempersiapkan lahan untuk membuat kandang bebek. Bagi kamu yang ingin memulai ternak bebek petelur tentu saja harus mempersiapkan lahan kosong, bersih dan kering supaya lebih mudah. Kamu juga perlu mengetahui apabila beternak bebek perlu memiliki pencahayaan yang cukup.

Pastikan lokasi kandang bebek tidak dekat dengan pemukiman penduduk sehingga bisa membuat mereka merasa kurang nyaman. Kamu perlu memperhatikan kelayakan lahan untuk membuat kandang yang sehat bagi perkembangan bebek. Perhatikan juga luas lahan untuk ternak bebek karena harus disesuaikan dengan jumlah bebek yang akan kamu ternak.

3. Membuat Kandang Bebek

usaha ternak bebek petelur menyiapkan kandang

Trik ketiga sebelum kamu ternak bebek petelur adalah membuat kandang bebek. Tentu saja untuk membuat kandang bebek kamu membutuhkan modal ternak bebek petelur agar bisa membuat kandang yang layak. Kamu juga perlu memahami jenis kandang bebek, seperti kandang sistem baterai, kandang litter dan kandang panggung.

Biasanya kandang panggung memiliki bentuk seperti panggung dan letaknya di atas permukaan tanah jadi menjaga kandang bebek tetap kering serta dapat terhindar dari sejumlah penyakit terhadap bebek. Kandang litter merupakan jenis kandang yang terbuat dari pagar dan di ruang terbuka atau tertutup. Sedangkan jenis kandang sistem baterai merupakan jenis kandang yang hampir sama dengan panggung, namun bertingkat.

4. Memilih Bibit Bebek Unggul

Trik usaha ternak bebek petelur keempat adalah pastikan kamu memilih bibit bebek unggul. Memilih bibit bebek unggul merupakan hal yang sangat penting agar bisa menghasilkan telur yang berkualitas. Bibit bebek umumnya dipilih yang masih muda maupun yang sudah siap untuk bertelur.

Harga bibit bebek yang dijual juga bermacam-macam seusai dengan kualitas dan jenis bebeknya. Saat kamu sedang memilih bibit bebek, pastikan memilih bibit yang segar dan unggul. Umumnya bibit bebek petelur yang unggul dikenal dengan DOD atau Day Old Duck.

5. Memilih Pakan Bergizi

pakan bergizi

Trik atau cara usaha ternak bebek petelur kelima adalah pastikan kamu memilih pakan bebek yang bergizi. Usahakan kamu mencari pakan yang bergizi supaya mendapatkan kualitas bebek yang bagus. Kriteria pakan bebek yang harus kamu pilih harus memenuhi mineral, protein dan energi.

Kamu bisa mendapatkan pakan bebek dengan mudah karena sudah banyak dijual di toko-toko peternakan. Kamu juga dapat memberikan pakan bebek alami, seperti biji-bijian, keong, ayam cincang, ikan, sayuran, serangga dan lainnya.

6. Perawatan Bebek

Trik usaha ternak bebek petelur keenam adalah melakukan perawatan bebek petelur dengan baik. Kamu tidak hanya cukup memberikan pakan bebek petelur saja, namun juga perlu merawatnya dengan baik dan benar agar menghasilkan telur bebek berkualitas. Cara merawat bebek petelur sangat penting supaya kandang tetap bersih dan bebek bisa terhindar dari penyakit.

Biasanya pertumbuhan bebek berbeda dari satu dengan yang lainnya sehingga perlu mengelompokkan bebek berdasarkan dari ukurannya. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah bebek dewasa menyakit bebek yang masih muda atau ukurannya lebih kecik. Pemisahan bebek juga dapat dilakukan apabila ada yang sakit supaya tidak menularkan ke bebek yang lainnya.

7. Memanen Telur Bebek

usaha ternak bebek petelur memanen telur

Trik ketujuh ternak bebek petelur adalah memanen telur yang usianya telah menginjak 5 sampai 7 bulan. Di usia tersebut memang bebek belum dapat bertelur secara stabil karena usianya masih cukup awal. Bebek sudah bisa bertelur setiap hari dan kamu bisa memanennya setiap hari apabila bebek 100 ekor bisa mendapatkan telur sekitar 30 hingga 50 butir.

Jumlah telur bebek yang kamu panen akan bertambah seiring dengan pertambahan usia bebek juga. Kamu bisa menjual telur bebek ke pasar, super market atau grosiran. Telur bebek bisa diolah menjadi berbagai makanan dan yang paling umum adalah membuat martabak asin hingga telur asin. Telur asin merupakan makanan yang memiliki cita rasa unik dan juga lezat sehingga banyak masyarakat Indonesia yang menyukainya.

Jadi, itulah tadi beberapa trik usaha ternak bebek petelur yang wajib kamu perhatikan agar bisa mendapatkan banyak keuntungan. Semoga bermanfaat!

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar