Usaha Ternak Modal Kecil Untung Besar. Siapa Mau?

Khusus bagi kamu yang ingin mencoba usaha ternak, bisa coba ide usaha ternak modal kecil di bawah ini. Ada berbagai macam pilihan usaha ternak yang bisa kamu coba dengan modal kecil dan mendapat keuntungan yang besar. Usaha ternak juga cukup menjanjikan dan mudah dijalankan untuk pemula seperti kamu.

Memulai usaha ternak jadi pilihan yang tepat karena bisa menggunakan modal yang kecil. Sudah banyak pengusaha yang memulai usaha ternak karena melihat peluangnya yang besar dan juga melihat modal awal relatif kecil. Nah, di bawah ini merupakan beberapa ide usaha ternak dengan modal kecil dan bisa mendapatkan keuntungan besar yang bisa kamu coba. Beberapa diantaranya termasuk usaha ternak yang menjanjikan.

Daftar Usaha Ternak Modal Kecil

Ide usaha ternak dengan modal kecil dan bisa mendapatkan keuntungan besar adalah:

1. Puyuh

usaha ternak modal kecil puyuh

Salah satu ide usaha ternak dengan modal kecil adalah ternak burung puyuh. Burung puyuh bisa dinikmati dagingnya dan banyak masyarakat yang menyukainya. Jenis unggas yang satu ini sudah umum ada di sejumlah warung makan untuk menambah daftar menu yang tersedia. Meskipun burung puyuh memiliki daging yang relatif kecil dibandingkan dengan ayam, namun rasanya cukup lezat.

Bagi kamu yang ingin menjual daging puyuh, sebaiknya menghindari penjualan puyuh di usia tua sebab akan berpengaruh dengan rasa dagingnya. Biasanya peternak burung puyuh yang dijual dagingnya, harus memberikan jumlah pakan lebih banyak. Tujuannya adalah supaya produk puyuh yang dijual memiliki pertumbuhan yang bagus.

2. Telur Puyuh

Ide usaha ternak kedua adalah telur puyuh karena banyak masyarakat yang suka dengan telur puyuh. Selain kamu bisa menjual daging puyuh, namun juga bisa menjual telur puyuh karena melihat peminatnya yang cukup banyak. Usaha ternak telur puyuh ini juga memiliki modal kecil untuk memulainya sehingga kamu bisa mencobanya.

Agar kamu bisa memulai usaha telur puyuh, maka harus membeli sejumlah indukan puyuh yang bagus untuk dibudidayakan dan diambil hasil telurnya. Kamu bisa membeli sejumlah indukan puyuh sesuai dengan modal yang dimiliki. Hasil telurnya dapat kamu distribusikan maupun dijual ke pedagang hingga pemasok telur puyuh.

3. Ayam Petelur

usaha ternak modal kecil ayam petelur

Bagi kamu yang ingin mencoba memulai usaha ternak dengan modal kecil, boleh mencoba usaha ayam petelur. Selain telur puyuh, telur ayam juga sangat menjanjikan untuk dijadikan usaha dengan modal kecil. Kamu akan mencari indukan ayam yang dapat menghasilkan telur dan kemudian telurnya dijual.

Biasanya proses penjualan telur ayam ke toko grosiran maupun pedagang sembako di sekitar area usaha kamu. Kamu juga bisa menyesuaikan ketersediaan dana yang dimiliki untuk memulai usaha ayam petelur. Kamu juga harus memilih indukan ayam petelur yang bagus supaya bisa menghasilkan telur yang berkualitas.

4. Ayam Pedaging

Ide bisnis ternak lainnya adalah usaha ayam pendaging. Usaha yang satu ini sangat menjanjikan dan sudah banyak pebisnis yang mencobanya. Jenis usaha ayam pedaging juga bisa dilakukan oleh pemula dan bisa dimulai dengan modal kecil di awal.

Ayam pending atau ayam potong juga banyak dijual di sejumlah pasar hingga supermarket. Pangsa pasar ayam pendaging sangat tinggi karena hampir semua masyarakat memasak daging ayam setiap hari. Kamu bisa memulainya dengan mencari anakan ayam yang sehat dan bisa dijual langsung ke pedagang ayam, super market, pasar dan lainnya.

5. Bebek

ternak bebek

Ide usaha ternak modal kecil yang menjanjikan berikutnya adalah ternak bebek. Daging bebek sangat lezat dan banyak masyarakat yang menyukainya. Selain ayam pendaging, usaha ternak bebek juga cukup mudah dijalankan untuk pemula dengan modal kecil. Bebek juga jadi salah satu menu olahan yang wajib ada di restoran karena rasanya yang gurih dan lezat.

Daging bebek berbeda dengan daging ayam karena memiliki cita rasa yang khas. Kamu bisa ternak bebek dan kemudian menjual dagingnya ke pasar, catering, rumah makan dan yang lainnya. Bagi kamu pemula bisa belajar cara ternak bebek dengan baik agar bisa untung besar.

6. Lele

Ide usaha ternak yang cukup menjanjikan dan bisa kamu coba di rumah adalah ternak lele. Lele merupakan jenis ikan yang dagingnya banyak dikonsumsi oleh masyarakat karena sangat lezat. Pastinya juga hampir semua orang pernah makan lele karena mudah didapatkan, khususnya di restoran hingga pasar.

Ternak lele juga termasuk hal yang mudah dan bisa dimulai dengan modal kecil. Kamu bisa memulai ternak lele dengan modal Rp. 3.000.000 saja dan bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar. Harga ikan lele juga cukup stabil sehingga bisa dibuat perhitungan untuk rencana bisnis kamu di masa depan.

7. Ayam Kampung

usaha ternak modal kecil ayam kampung

Ide usaha ternak lainnya dengan modal kecil yang bisa kamu coba adalah ternak ayam kampung. Selain ternak ayam boiler, ternak ayam kampung juga cukup menjanjikan untuk kamu coba. Harga ayam kampung memang jauh lebih mahal dibandingkan ayam bolier, namun peminatnya cukup banyak.

Apalagi rasa daging ayam kampung jauh lebih gurih dan memiliki kandungan nutrisi yang lebih baik dibandingkan dengan ayam boiler. Cara ternak ayam kampung juga cukup mudah dan bisa memulai dengan modal kecil. Itulah sebabnya, usaha ternak ayam kampung jadi lebih menguntungkan dan kamu bisa mencobanya sekarang.

Seperti itulah beberapa ide usaha ternak modal kecil dengan keuntungan besar yang boleh kamu coba.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar