Tanda Tanda Kredit Motor di ACC di Leasing atau Bank

Tidak sedikit orang yang mengajukan kredit motor karena dirasa lebih ringan dibanding membeli secara cash atau tunai. Dalam prosesnya terkadang beberapa orang tidak sabar sehingga mencari tanda tanda kredit motor di acc atau tidak.

Kredit motor memang bisa memakan waktu cukup panjang, mulai dari pengajuan hingga kredit disetujui. Ada yang berhari-hari, minggu, atau bahkan lebih dari satu bulan. Nah, untuk kamu yang penasaran, berikut ciri-ciri kredit motor disetujui atau di acc.

Tanda-tanda Pengajuan Kredit Motor di ACC

Setelah proses survey, kamu tinggal menunggu jawaban dari pihak leasing atau bank. Tanda-tanda pengajuan kredit motor kamu di ACC bisa diketahui dari beberapa hal berikut.

1. Mendapat pemberitahuan resmi dari leasing atau bank

tanda tanda kredit motor di acc mendapat pemberitahuan resmi

Salah satu tanda kredit motor kamu disetujui adalah adanya pemberitahuan resmi dari pihak leasing atau bank. Beberapa perusahaan leasing motor populer diantaranya Adira dan FIF. Sedang bank ada nama BCA KSM, X-TRA CIMB NIAGA, BTN iB atau BSI OTO. Pemberitahuan ini bisa dilakukan langsung secara offline maupun online.

Kamu akan diberitahu oleh pihak leasing dengan datang ke rumah atau lewat SMS, WhatsApp, atau email. Jika kamu sudah mendapatkan pemberitahuan ini, tanda tanda kredit motor di acc sudah sangat jelas.

Selain pemberitahuan kredit diterima, biasanya dijelaskan juga rincian terkait kredit motor yang kamu ajukan. Pihak penyedia kredit motor akan menjelaskan atau memberitahu mengenai jumlah pinjaman, tenor, suku bunga, angsuran, dan ketentuan lainnya.

2. Mendapat panggilan untuk menandatangani perjanjian kredit motor

Saat mengajukan kredit motor, sebaiknya kamu memberikan nomor telepon yang aktif sehingga pihak leasing lebih mudah untuk menghubungi jika ada suatu hal penting. Salah satunya adalah panggilan untuk menandatangani kontrak atau perjanjian.

Apabila kamu mendapatkan panggilan ini, bisa menjadi tanda di acc leasing yang sudah kamu ajukan sebelumnya. Pihak leasing sendiri membutuhkan waktu untuk menganalisis pengajuan kredit motor yang diterimanya.

Biasanya dalam waktu 2×24 jam sejak dilakukan survei oleh pihak leasing. Namun, kisaran waktu tersebut bisa lebih singkat atau lebih lama tergantung dari kebijakan leasing yang bersangkutan. Usahakan nomor telepon kamu aktif dan standby apabila sewaktu-waktu pihak leasing menghubungi.

3. Mendapatkan pencairan dana dari leasing atau bank

tanda tanda kredit motor di acc pencairan dana

Tanda tanda kredit motor di acc berikutnya adalah pencairan dana pinjaman. Dana pinjaman ini akan dikirim ke dealer motor yang bersangkutan. Nantinya, kamu akan mendapatkan pemberitahuan jika sudah dilakukan pembayaran di dealer motor oleh perusahaan leasing tersebut.

Bisa juga dana pencairan di kirim ke nomor rekening kamu atau sesuai perjanjian yang sudah dibuat. Apabila kamu mengajukan kredit motor melalui bank, tanda pengajuan kamu disetujui adalah masuknya dana pencairan ke nomor rekening bank.

Jika ada notifikasi dari bank ada dana masuk, kemungkinan adalah dana pencairan dari kredit motor. Kamu bisa mengecek atau menanyakan langsung ke petugas bank tempat meminjam.

Tips agar Kredit Motor Bisa Cepat di ACC

tips kredit motor cepat di acc

Pihak leasing atau bank tentu tidak sembarangan dalam memberikan pinjaman. Ada beberapa ketentuan atau persyaratan yang ditetapkan untuk menentukan layak tidaknya pengajuan kredit diterima.

Pengajuan kredit motor kamu bisa di acc jika lolos survei atau sudah memenuhi syarat. Jika kamu ingin kredit motor dapat cepat di acc, ada beberapa tips yang bisa diterapkan.

1. Melengkapi syarat administrasi

Pada umumnya, pinjaman atau kredit motor diberikan untuk orang-orang yang sudah berusia 21 tahun atau sudah menikah dan maksimal berusia 55 tahun. Apabila tidak memenuhi syarat tersebut, akan sulit untuk pengajuan kredit di acc.

Selain itu, kamu juga harus bisa melengkapi semua dokumen persyaratan agar pengajuan kredit motor bisa segera diproses oleh leasing atau bank. Dokumen yang harus dilengkapi antara lain:

  • Fotokopi kartu identitas atau KTP
  • Fotokopi kartu keluarga
  • Slip gaji 
  • Bukti mutasi rekening 3 bulan terakhir

Syarat kredit motor bisa berbeda tergantung dari kebijakan masing-masing leasing atau bank. Kamu bisa menghubungi petugas terkait jika ada yang belum dipahami. Nantinya, petugas tersebut juga yang bisa membantu kamu mengenai cara mengetahui kredit motor di acc atau tidak.

2. Tidak masuk blacklist

Saat ini semua layanan pembiayaan, baik itu bank maupun leasing menggunakan BI Checking untuk pertimbangan terkait persetujuan kredit. Riwayat kredit yang ada di BI Checking sangat menentukan pada proses pengajuan kredit motor.

Seseorang yang telah masuk daftar blacklist, akan sulit atau bahkan tidak bisa menggunakan fasilitas pinjaman sama sekali. Jika kamu ingin pengajuan kredit motor lancar dan cepat di acc, pastikan kamu tidak masuk dalam daftar catatan hitam tersebut.

Nasabah yang masuk daftar blacklist adalah orang-orang yang sering telat membayar angsuran atau tidak membayar sama sekali. Seseorang yang namanya sudah masuk blacklist sulit mendapat kredit motor. Kamu bisa mencari layanan kredit tanpa BI Checking jika ingin kredit motor.

3. Ajukan DP lebih besar

Kredit motor biasanya diberikan beberapa persen dari harga motor. Kamu akan diminta untuk membayar uang muka atau DP terlebih dahulu. Jumlah uang muka yang harus dibayarkan disesuaikan dengan kebijakan leasing atau bank.

Tips agar kredit motor bisa cepat di acc, sebaiknya kamu mengajukan DP yang lebih besar sekitar 30% ke atas dari harga motor. Pihak leasing bisa mempercepat acc karena kamu dianggap mampu untuk membayar angsuran nantinya.

Itulah tanda tanda kredit motor di acc beserta tips agar pengajuan kamu bisa cepat disetujui. Jika dirasa sudah terlalu lama, kamu bisa datang langsung ke kantor leasing atau bank untuk menanyakan kelanjutan kredit motor yang sudah diajukan.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar