Pinjaman Tunai Shopee Ganti Nama. Catat Nama Barunya

Pinjaman tunai Shopee ganti nama – Kurang lebih awal November 2020 ini, Shopee melakukan beberapa pembaharuan untuk layanan pinjaman tunai mereka yang bekerja sama dengan fintek lending Lentera Dana Nusantara. Update ini lumayan penting karena bukan fitur yang mereka tambahkan melainkan perubahan nama dan penambahan pada suku bunga pinjaman. Pembaharuan yang mereka lakukan ini, benar-benar akan memberikan perubahan yang signifikan, karena akan menentukan kondisi layanan pinjaman tunai tersebut secara keseluruhan. Berikut detail updatenya:

Update 1: Pergantian Nama

Pinjaman tunai Shopee ganti nama, dari semula yang sudah kamu kenal Shopee Pinjam atau ShopeePinjam menjadi SPinjam. Penghilangan nama Shopee pada nama layanan tersebut lumayan mengejutkan. Bagaimana tidak, penghilangan nama sebuah Brand pada produk atau layanan sangat mungkin adalah sebuah indikasi produk atau layanan tersebut tidak akan lagi berafiliasi dengan Brand tersebut. Ini artinya, kita patut curiga bahwa SPinjam akan dilepas oleh Shopee untuk dimiliki sepenuhnya oleh PT. Lentera Dana Nusantara.

Apakah ada sumber yang bisa menguatkan kecurigaan ini? sayangnya tidak ada, ini murni kesoktahuan Krediblog saja. Namun tentunya kamu setuju, pergantian nama layanan pinjaman tunai Shopee ini tidak ada urgensinya sama sekali, mengingat nama Shopee Pinjam sudah mulai familiar ditelinga dan nama yang ada sekarang juga tidak buruk, bahkan cenderung sangat asosiatif. Perubahan nama mendadak semacam ini baru bisa dipahami jika mereka memiliki tujuan khusus atasnya.

Entah apa kebenarannya, yang jelas nama pinjaman tunai Shopee sekarang adalah SPinjam. Penamaan tersebut dimulai dari pertama kali diperkenalkan hingga waktu yang belum ditentukan. Mulai sekarang Krediblogpun akan menggunakan nama SPinjam untuk penyebutannya. Untuk kamu yang kebetulan baru mendengar Shopee Pinjam maupun SPinjam, kamu bisa membaca ulasannya di: review SPinjam.

Update 2: Perubahan Suku Bunga

Selain pinjaman tunai Shopee yang ganti nama, update berikutnya adalah perubahan pada besaran suku bunga pinjaman. Sebelum ini jika kamu pernah berkunjung ke halaman FAQ SPinjam yang beralamat disini, pada bagian besaran suku bunga tertulis:

SPinjam menetapkan suku bunga 2,45% per bulan.

Namun sejak update pada awal November 2020 tersebut, pada bagian FAQ telah berubah menjadi:

SPinjam menetapkan suku bunga terkecil 2,45% per bulan.

Apakah kamu bisa menemukan perbedaannya? Benar sekali! Shopee menambahkan satu kata yang berdampak sangat signifikan, yaitu: Terkecil. Yang dengan kata tersebut menyebabkan munculnya fakta-fakta berikut:

  1. Bunga SPinjam tidak jelas berapa.
    Menyebutkan besaran terkecil namun tidak memberi batas maksimalnya, menunjukkan SPinjam tidak memberikan informasi yang terbuka.
  2. SPinjam bukan lagi pinjol murah.
    Kelebihan SPinjam sebelumnya adalah karena bunga pinjamannya termurah kedua setelah Kredivo. Dengan kenaikan ini, SPinjam hanyalah pinjol rata-rata.
  3. Ada potensi pembengkakan bunga.
    Jika SPinjam tidak segera memberikan kejelasan, Spinjam bebas memberikan bunga pinjaman semau mereka.

Update 2: Suku Bunga Baru Sudah Aktif

pinjaman tunai shopee ganti nama

Jika kamu memiliki akun SPinjam, cobalah lakukan simulasi pinjaman di aplikasi. Kamu akan melihat perhitungan suku bunga baru sudah mulai diberlakukan. Jika sebelumnya bunga yang dikenakan adalah 3,9% per bulan, maka ketika terkahir kali Krediblog melakukan perhitungan, bunga yang dikenakan adalah 5% per bulan.

Namun yang aneh adalah, bunga 5% ini hanya diberlakukan untuk akun baru. Dimana ketika Krediblog menghitung menggunakan akun lama (akun yang sudah ada sebelum update), bunga perhitungan masih menggunakan yang lama, yaitu 3,9% per bulan. Apakah berarti peningkatan suku bunga ini hanya untuk pengguna baru saja? Atau baru dikenakan 5% jika awal meminjam. Entahlah, sampai Shopee memberikan kejelasan kita hanya bisa mereka-reka dalam gelap.

Catatan Pinjaman Tunai Shopee Ganti Nama

Apakah setelah pinjaman tunai Shopee ganti nama yang diikuti perubahan lainnya menjadikan SPinjam ini tidak lagi direkomendasikan? Sejauh ini tidak. SPinjam masih menjadi pinjol yang murah meski bukan yang termurah. Jika bunga yang dikenakan masih dalam taraf wajar, Krediblog juga memperkirakan tidak akan banyak perubahan dari segi penggunaan. SPinjam masih akan dijadikan pilihan karena keunggulan diprosesnya yang cepat.

Dampak yang akan terasa justru pada sisi persaingan bisnis fintek lending. Naiknya bunga SPinjam menjadikan “ruang kosong” untuk pinjol murah. Dimana ini bisa diisi oleh siapa saja yang mau menjadi pemenang disana. Jangan terkejut kalau dikemudian hari muncul pinjol berbunga maksimal 4% perbulan dengan nama Tokped Tunai (he.. he.. asli ini mah, ngarep).

Lagi, tentang SPinjam

Tidak bisa dipungkiri, SPinjam meski baru namun kemudahan dan kecepatan proses membuatnya layak untuk dipilih. Namun jangan salah, ada banyak alternatif lainnya yang tidak kalah baik.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar