PIN BSI Mobile Terblokir. Begini Jika Lupa dan Cara Gantinya.

PIN BSI Mobile terblokir bisa menimpa siapa saja. Keadaannya bisa menjadi buruk jika terjadi disaat yang tidak tepat. Ketika harus melakukan transaksi penting yang sedang ditunggu-tunggu misalnya.

Meski sebagian besar dari kita pasti mengingat PIN mobile banking dengan baik ada keadaan dimana kita tiba-tiba nge-blank. Memasukkan PIN seperti biasa tetapi ternyata salah. Karena penasaran mencoba sekali lagi dan ternyata tetap salah. Panik bercampur emosi mencoba memasukkan lagi dengan lebih hati-hati. Dan karena yang terakhir ini juga sama salahnya maka PIN mu akan otomatis terblokir. Transaksi yang harus dilakukan dengan segera malah tidak bisa dilakukan sama sekali. Sial!

Kejadian diatas atau variasi lainnya adalah pola umum dari terblokirnya PIN mobile banking. Bagaimana BSI memproses pengguna yang lupa atau terblokir mobile banking-nya?

Hati-Hati PIN Terblokir!

hati hati dengan pin

Hati-hati menjaga PIN m bangking mu. Ia adalah nomor penting yang harus kamu jaga dengan baik karena merupakan identifikasimu. Ingat baik-baik atau PIN BSI Mobile akan terblokir saat kamu lupa urutan nomornya.

Fungsi PIN BSI Mobile

PIN adalah Personal Identification Number. Dengan nomor ini BSI Mobile bisa mengetahui kamu pemiliknya atau bukan. Aplikasi BSI Mobile tidak mengenali pemiliknya pria atau wanita, berkumis atau berambut panjang. Ia akan mengeksekusi perintah transaksi dari siapa saja selama nomor identifikasi yang diberikan benar.

Itu artinya meski kamu pemilik BSI Mobile yang asli jika saat transaksi salah memasukkan nomor identifikasi maka transaksimu akan ditolak. Tidak perlu merengek karena kecuali kamu ingat PIN-nya BSI Mobile tidak akan mendengarkanmu.

Penyebab BSI Mobile terblokir

Sebenarnya ada 2 jenis blokir di BSI Mobile, yaitu :

1. Nomor Handphone terblokir

Pada tipe ini yang diblokir adalah nomor Handphonenya sehingga kamu tidak bisa menggunakan BSI Mobile sama sekali. Biasanya penyebab nomor Handphone diblokir adalah karena terlalu sering melakukan aktivasi menggunakan kode yang kadaluwarsa.

2. PIN transaksi terblokir

Pada tipe ini yang diblokir adalah PIN untuk melakukan transaksi. PIN akan otomatis terblokir jika kamu salah memasukkan sebanyak tiga kali. Jadi meski bisa login ke aplikasi namun tidak bisa melakukan transaksi.

Kedua jenis blokir di atas cara penyelesaiannya sama.

Cara Ganti dan Mengatasi PIN BSI Mobile Terblokir

Ada 2 cara untuk mengatasi PIN BSI Mobile yang terblokir. Kamu bisa datang ke kantor cabang dan mengurusnya disana atau melalui jalur online tanpa repot-repot ke luar rumah. Berikut masing-masing detailnya.

1. Mengatasi PIN BSI Mobile terblokir di kantor cabang

cara mengatasi pin bsi mobile terblokir di kantor cabang

Cara ini lebih mudah karena prosesnya akan dibantu langsung oleh CS BSI. Tidak ada kebingungan karena disana kamu akan dipandu sampai BSI Mobile mu bisa digunakan kembali.

Cara membuka blokir PIN BSI Mobile di kantor cabang :

  1. Datang ke kantor cabang BSI terdekat dengan membawa KTP, buku Rekening atau ATM
  2. Sampaikan keperluanmu
  3. Ambil nomor antrian ke CS BSI
  4. Pengaduan diproses
  5. Selesai

2. Mengatasi PIN BSI Mobile online tanpa datang ke bank

cara mengatasi pin bsi mobile terblokir secara online tanpa ke bank

Jika kamu lebih menyukai cara yang lebih praktis, maka metode online ini bisa kamu lakukan. Ada 2 tahapan untuk melakukannya. Pertama kamu meminta reset pin dan akan mendapatkan kode aktivasi. Yang kedua kamu melakukan reaktivasi BSI Mobile dengan kode tersebut.

Cara membuka blokir PIN BSI Mobile secara online tanpa ke bank :

  1. Telpon Call Center BSI di nomor 14040 dan sampaikan keperluanmu
  2. Kamu akan mendapatkan kode aktivasi via SMS
  3. Uninstal aplikasi BSI Mobile lama kemudian download dan instal lagi yang baru
  4. Klik menu Aktivasi di BSI Mobile
  5. Masukkan nomor Hp dan kode aktivasi yang kamu terima via SMS sebelumnya
  6. Pilih Icon Pesan untuk mengirim kode aktivasi
  7. Kamu akan mendapatkan balasan SMS bahwa BSI Mobile mu berhasil diaktivasi
  8. Buat PIN Barumu
  9. Buat juga kata sandi yang baru
  10. Selesai. Kamu bisa menggunakan BSI Mobile kembali

Tutorial di atas sengaja tanpa screenshot proses karena hanya gambaran umum saja, jika kamu membutuhkan panduan cara aktivasi yang lebih detail bisa melihatnya disini : cara aktivasi BSI Mobile.

Catatan

PIN BSI Mobile terblokir bisa terjadi kapan saja. Jika itu terjadi di tengah malam bisakah kita menghubungi CS BSI di jam tersebut dan melakukan reaktivasi saat itu juga?

Call Center BSI beroperasi selama 24 jam penuh jadi kamu bisa menghubunginya kapan saja di jam berapapun. Namun kode aktivasi baru akan dikirimkan paling cepat di jam 06.00 WIB. Jadi meski kamu bisa menghubungi CS BSI di jam 02.00 misalnya, kode aktivasi baru akan dikirim 4 jam kemudian.

Kode aktivasi yang dikirimkan via SMS berlaku selama 5 menit saja. Kamu harus melakukan reaktivasi BSI Mobile dalam rentang tersebut. Jika lewat dari 5 menit kode akan kadaluwarsa dan kamu harus memita yang baru dengan kembali menghubungi CS BSI.

Semudah-mudahnya mengurus PIN BSI Mobile terblokir secara offline dan sepraktis-praktis mengurusnya secara online, masih lebih mudah dan praktis mengingat-ingat PIN. Jadi biar tidak perlu repot-repot ke kantor cabang atau menghabiskan pulsa, ingat PIN BSI Mobile mu baik-baik.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
3 Komentar
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Mellisyah

Saya 1 minggu telp. Call center bsi sellau sibuk …. Saya telp berulang ulang… Pelayanan kurang bagus

Fariq

Di blokirnya hanya 24 jam ga kak? Klo udh inget pin bisa di ulang keesokan harinya ga?

Ida Sri Lestari

Alasannya data tdk cocok jd tdk bs d aktifkan padahal suami lagi d rawat butuh banget m banking buat bayar2….istighfar sama pelayanan BSI online