Jasa Negosiator Hutang Pinjaman Online. Bisa Membantu?

Jasa Negosiator Hutang – Ada banyak nama untuk jenis jasa seperti ini, diantaranya: jasa melunasi hutang, layanan solusi hutang, konsultan hutang, negosiator pinjaman atau lembaga bantuan pelunasan hutang. Beragam nama tersebut memiliki kesamaan fungsi, yaitu sebuah layanan yang menawarkan jasa negosiasi dengan tujuan akhir untuk mengurangi jumlah hutang atau tagihan yang ada.

Jasa negosiasi seperti ini umum digunakan oleh pengguna yang memiliki tunggakan hutang di kartu kredit, kredit tanpa agunan (KTA) hingga KPR. Namun mengadaptasi pertumbuhan Fintech Lending yang sangat pesat, jasa negosiator hutang ini juga memperpanjang layanannya dengan mengurusi negosiasi pada pinjaman online atau pinjol yang juga merupakan jenis dari KTA .

Jasa Negosiator Hutang Adalah Sebuah Bisnis

 jasa negosiator hutang untuk pinjol

Jasa negosiator hutang bekerja dengan cara melakukan negosisasi kepada perusahaan pemberi hutang atau meminta restrukturisasi pinjaman. Mereka menjadi juru bicara dari pengguna yang menyewanya dan bekerja untuk “memuaskan klien”. Dengan kemampuan negosiasi dan pengetahuan hukum perdata yang dimiliki, jasa negosiator bisa melakukan lobi sampai tercapai atau minimal mendekati apa yang dari awal direncanakan. Jasa negosiator ini tak jarang menjadi penengah dari sengketa yang alot. Hutang yang menunggak berbulan-bulan tidak terselesaikan, bisa mulai diurai setelah dilakukan negosiasi.

Lazimnya sebuah jasa, negosiantor hutang adalah sebuah bisnis. Mereka berbadan hukum, memiliki SOP, struktur organisasi dan tentu saja: tarif layanan. OJK sendiri mengklasifikasikan layanan jenis ini sebagai bagian dari Penyelenggara Inovasi Keuangan Digital untuk kategori Online Distress Solution, yaitu platform yang memberikan jasa negosiasi nasabah peminjam dana yang kesulitan melunasi hutangnya dengan kreditur. Dan karena sebuah bisnis, jangan kaget jika ada biaya yang harus dibayarkan. Tarif untuk jasa negosiator hutang berkisar antara 2-10% dari total tagihan yang berhasil dinegosiasikan. Bisa lebih besar lagi pada perusahaan yang memasang tarif mahal.

Fakta Tentang Jasa Negosiator Hutang

Tidak ada yang salah untuk menggunakan layanan jasa negosiator hutang. Yang penting kamu mengetahui hal-hal yang berlaku dalam prosesnya. Berikut fakta-fakta yang harus kamu ketahui :

Tidak bisa menghapuskan hutang

Seperti namanya, yang bisa mereka lakukan adalah melakukan negosiasi yang hasil akhirnya adalah jumlah tagihan yang berkurang. Itu artinya kamu masih harus membayar sisa tagihan yang ada.

Ada biaya layanan

Dalam setiap proses negosiasi yang berhasil dilakukan, ada biaya jasa yang harus kamu bayarkan. Tagihan yang berhasil di negosiasikan mungkin menjadi lebih murah dari seharusnya, tapi itu masih harus ditambah biaya jasa yang baru saja kamu gunakan.

Hutang tetap berjalan

Proses negosiasi tidak selalu berhasil dalam satu kali percobaan, terkadang membutuhkan beberapa kali usaha atau bahkan hingga berkali-kali. Sampai negosiasi mendapatkan titik temu, maka perhitungan hutang dalam hal ini denda akan terus berjalan.

Negosiasi tidak selalu berhasil

Karena tujuan utama dari negosiasi adalah mengurangi nominal tagihan, tidak semua perusahaan pemberi pinjaman mau bernegosiasi. Negosiasi mengurangi margin keuntungan yang seharusnya mereka dapat, maka sah-sah saja dan mereka berhak untuk menolaknya. Dan sekalipun mereka mau bernegosiasi tidak menjamin akan selesai dengan hasil yang diharapkan. Singkat kata, negosiasi hanya sebuah usaha yang bisa berhasil dan gagal.

Histori kredit tetap tercatat

Tunggakan tagihan yang terjadi dan pembayaran pinjaman yang kamu lakukan setelah proses negosiasi, semuanya tercatat dalam SLIK. Setiap perusahaan keuangan yang melakukan pengecekan akan mengetahui histori kreditmu secara utuh bahwa kamu pernah menunggak dan melunasi melalui jalur negosiasi.

Kapan Menggunakan Jasa Negosiator?

Negosiator hutang baru efektif dilakukan jika hutangmu dalam jumlah yang sangat besar, diatas Rp 20.000.000 misalnya. Karena untuk nominal dibawah itu peluangnya kecil untuk kreditur mau diajak duduk bicara. Dan karena biasanya jasa negosiator ini menerapkan Fee berdasar persentase pinjaman, mereka lebih suka nominal pinjaman yang lebih besar karena itu berarti Fee-nya akan lebih besar.

Menggunakan jasa negosiator bisa menjadi pilihan yang tepat jika kamu menghadapi kreditur yang “brengsek”. Yang menerapkan bunga dan denda diluar batas kewajaran atau yang menyalahi aturan yang ada. Pada kreditur jenis ini negosiator bisa menjadi juru bicara yang baik dan lebih disegani dibanding jika kamu maju sendiri.

Catatan

Menggunakan jasa negosiator hutang bukan ide yang buruk tapi juga bukan ide yang cemerlang. Cara tersebut lebih masuk akal untuk dilakukan dibanding mencari jasa hapus data pinjol. Pada pinjol khususnya, restrukturisasi bisa kamu ajukan sendiri tanpa perlu menggunakan pihak ketiga. Karena plafon pinjaman pada pinjol tidak ada yang diatas 20 juta (sampai November 2021), sepertinya belum waktunya untuk menggunakan jasa mereka. Namun jika kamu mantap untuk menggunakan jasa negosiator hutang, cari yang fee-nya dibayarkan setelah negosiasi berhasil dan pilihlah yang sudah berizin OJK.

guest
36 Komentar
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Hazel

Ka, apakah DC pinjol legal boleh menagih ke kantor?

Hazel

Jika kita sudah tdk bekerja di alamat kantor saat pengajuan, apakah mereka akan trace kantor terbarunya ka?

Hazel

Kalau modelnya kayak kredit pintar ka bagaimana?

retha

Halo Kak Kredi, kalo misalnya jasa pelunasan hutang amalan itu resmi ga yah?

retha

berarti amalan bukan penipuan yah kak?

retha

kalo abi konsultan gimana kak? penipuan atau bukan?

retha

kak mau tanya kalo tunai pro itu legal ga? soalnya kepepet ajuin tapi belum bisa lunasin tapi dc nya udah ancam mau sebar data ke semua kontak

retha

saya terlanjur ada pinjaman di tunai pro & diancam mau sebar data ke kontak padahal belum jatuh tempo. Tapi mereka punya bukti data kontak saya kak. Gimana yah?

retha

makasih kak untuk saran nya

Norma

Kalo dolpheen itu jasa resmi atau tidak untuk negosiasi pinjaman

Normala

Lalu apa aja klaster online distress solution yg bisa membantu menyelesaikan pinjaman yg blm bisa membayar

Rini

Ka kalau data saya sudah di sebar oleh perusahan ilegal dan sudah muncul fitnahan itu gimana..? Saya mencari solusi namun belum menemukan titil terang

Meliyanti

Ka mau tanya kalo Abi konsultan itu penipuan atw bukan,,saya mau k sana cuma ragu

Anas

Mau tanya in z mau cairin uang di bank tapi TDK bsa krna saya msih ad pinjol,,dan uang bank saya mau pake untuk lunasin hutang saya tapi kndalanya itu,,data saya sudah tersebar

Lian

Saya terjerat pinjol..
Lalu ada semacam jasa yg menawarkan solusi dengan membantu kita untuk pengajuan pinjol semi/ilegal dengan maksud untuk gagal bayar..
Mereka berargumen data kontak kita akan di backup dulu.,jd kalopun ada sebar data, tapi sebar data nya sudah diatur hanya ke kontak2 terpilih, dimana kontak nya adalah tim mereka sendiri.
Setelah ada pencarian ke rek kita dri pengajuan pinjol yg ilegal td, Mereka minta fee..
Apakah ini aman?

Lian

Jadi solusinya kita harus tetap selesaikan ya gan?

Sari

Ka, bagaimana caranya terbebas dari pinjol? Supaya tidak gali lobang tutup lobang terua menerus

sari

Peminjaman lunak apakah approve ketika masih ada pinjaman online?

Juan

Min mau tanya apa bisa pinjom menyadap camera hp kita dan bisa melihat video call kita di wa?