Jam Operasional Pegadaian. Buka dan Tutup Jam Berapa?

Jika ada rencana untuk berkunjung ke outlet Pegadaian pastikan kamu datang di jam kerja mereka. Jam operasional Pegadaian tidak jauh berbeda dengan jam kerja kebanyakan lembaga BUMN pada umumnya. Yaitu hanya aktif di hari Senin-Jum'at dengan jam khusus pada hari Sabtu. Apakah itu berarti pengguna yang hanya memiliki waktu luang di hari Minggu tidak bisa ke Pegadaian? Kabar baiknya ada kantor cabang Pegadaian yang buka di hari Minggu.

Selain jam operasional, hal lain yang harus juga kamu perhatikan adalah waktu kunjungan. Pegadaian ini mirip seperti Bank BRI dimana semakin siang pengunjungnya akan semakin ramai. Saat pengunjung bertumpuk waktu proses pengurusan akan menjadi lebih lama. Jadi untuk yang tidak menyukai antrian atau situasi padat sebaiknya datang diwaktu pagi.

Baca juga : Syarat gadai BPKB motor di Pegadaian

Jam Operasional Pegadaian untuk Buka dan Tutup

Informasi jam operasional Pegadaian ini Krediblog dapatkan dari CS Pegadaian langsung. Jadi informasi ini valid dan bisa dipercaya karena berasal dari sumber pertama. Jika kamu ragu dan tidak ingin datang jauh-jauh ke kantor cabang Pegadaian hanya untuk melihat pintu yang tertutup, lakukan konfirmasi sebelum kunjungan. Pada semua alamat kantor cabang yang terindeks di Internet, ada nomor telpon tertera yang bisa dihubungi.

Jam kerja Pegadaian untuk semua cabang

jam kerja pegadaian di semua cabang

Jam kerja Pegadaian adalah dari hari Senin sampai dengan Jum'at. Mereka buka dari mulai pukul 07.30 sampai 15.00. Jam kerja ini berlaku untuk semua cabang Pegadaian di area manapun. Karena aturan ini berasal dari pusat maka harusnya penerapannya sama di semua outlet atau cabang yang ada. Namun mungkin terjadi selisih jam kerja di beberapa cabang tertentu. Jika diperhatikan jam buka Pegadaian ini mirip dengan bank, sudah mulai beroperasi dari pagi. Jadi untuk pengguna yang sedang dalam mode buru-buru bisa datang pagi-pagi tepat di jam buka.

Jam istirahat Pegadaian

Jam istirahat Pegadaian adalah jam 12.00 sampai dengan 13.00. Berbeda dengan Pegadaian Syariah yang menggunakan waktu Dzuhur sebagai penanda jam istirahat, jam istirahat Pegadaian konvensional tetap di jam 12.00. Pada jam istirahat tersebut beberapa layanan akan berhenti semantara dan baru dimulai lagi pada jam 13.00. Jadi untuk pelayanan yang tanpa delay, pastikan kamu datang sebelum jam istirahat atau sesudahnya.

Pegadaian tutup jam berapa?

pegadaian tutup jam berapa

Pegadaian tutup jam 15.00 atau jam 3 sore. Biasanya mulai jam 14.00 pengunjung sudah mulai dibatasi karena petugas Pegadaian perlu melakukan perapihan data sebelum kantor tutup. Ini bukan berarti kamu tidak boleh datang di jam setengah tiga misalnya, namun jenis transaksimu akan diukur dengan waktu operasional yang tersisa. Jika sekiranya butuh waktu lama maka akan disarankan untuk datang kembali keesokan harinya. Namun untuk jenis transaksi ringan yang hanya butuh beberapa menit akan langsung diproses saat itu juga.

Jam operasional Pegadaian hari Sabtu

Apakah Pegadaian buka di hari Sabtu? Untuk melayani lebih banyak pengguna, Pegadaian buka di hari Sabtu. Berbeda dengan hari Senin sampai Jum'at, jam operasional Pegadaian di hari Sabtu hanya sampai jam 13.00 atau hanya beroperasi setengah hari. Meskipun setengah hari tetapi lumayan membantu khususnya untuk pengguna yang hanya memiliki waktu luang diakhir pekan.

Jam operasional Pegadaian hari Minggu

Pegadaian juga memiliki cabang yang berada di Mall atau pusat perbelanjaan. Karena berada di Mall maka jam operasionalnya mengikuti operasional Mall. Termasuk tetap buka di hari Minggu. Jika kebetulan kamu memiliki kebutuhan untuk berkunjung ke Pegadaian di hari Minggu maka kamu bisa mengunjungi cabang ini. Untuk saat ini cabang Pegadaian yang buka di hari Minggu baru ada di cabang Mall Artha Gading yang beralamat di Mall Artha Gading Lantai 1 Blok B5 No. 8 Jalan Artha Gading Selatan No.1.

Apakah ada cabang Pegadaian yang buka 24 jam?

Tidak ada cabang Pegadaian yang buka 24 jam. Pegadaian memang berhubungan dengan kebutuhan mendesak tetapi tidak darurat. Pengguna masih bisa memilih opsi lain selain Pegadaian. Jadi tidak ada alasan untuk Pegadaian membuka layanannya selama 24 jam.

Apakah Pegadaian online 24 jam?

Pegadaian online juga tidak buka 24 jam. Pegadaian online melalui aplikasi Pegadaian Digital sifatnya adalah perpanjangan tangan. Pengguna yang tidak sempat mendatangi kantor cabang bisa melakukan pendaftaran melalui aplikasi. Namun prosesnya sendiri akan tetap melibatkan tinjauan secara manual. Jadi meski pengguna mendaftar di jam 10 malam misalnya, proses verifikasinya baru dilakukan keesokan harinya di jam kerja.

Jadwal operasional Pegadaian dalam tabel

tabel jadwal

Berikut rangkuman jam operasional Pegadaian dalam tabel. Rangkuman ini adalah rekapan dari uraian yang dijelaskan diatas.

HariJam Operasional
Senin07.30 – 15.00
Selasa07.30 – 15.00
Rabu07.30 – 15.00
Kamis07.30 – 15.00
Jum'at07.30 – 15.00
Sabtu07.30 – 13.00
MingguLibur
Libur NasionalLibur
Jadwal jam operasional Pegadaian

Catatan

catatan jam operasional pegadaian

Untuk efektifitas kunjungan perhatikan jam operasional Pegadaian. Kan sayang sudah jauh-jauh datang ternyata outlet belum buka. Atau sudah lama-lama antri ternyata kantor sudah mau tutup dan harus datang lagi esok hari. Mengetahui jam operasional juga penting untuk menyesuaikan dengan jadwal aktifitas atau membuat to do list. Jadi kamu bisa mengatur dengan baik di hari dan jam berapa sebaiknya berkunjung.

kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram

Subscribe
Notify of
guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar