Cara Menonaktifkan Shopee Pinjam atau Hapus Akun

Cara menonaktifkan Shopee Pinjam – Meski sebagian besar pengguna setuju Shopee Pinjaman sangat membantu saat butuh dana darurat, penggunaan yang berlebih menimbulkan efek yang buruk. Efek awal yang akan mulai terasa adalah tagihan yang kian berat untuk dibayarkan. Pengeluaran bulanan perlahan namun pasti mulai terseret untuk membayar cicilan yang ada. Terlambat 1 hari saja, para DC sudah menelpon menanyakan kapan tagihan akan dibayarkan. Yang terakhir ini yang pada akhirnya mengusik ketenangan hidup.

Shopee Pinjam atau SPinjam sendiri bersifat netral. Ia bisa membantumu atau justru menjeremuskan ke dalam kubangan hutang tergantung bagaimana kamu menggunakannya. Krediblog mengenal beberapa teman yang menggunakan Shopee Pinjam lebih dari 3 tahun dan mereka baik-baik saja dengannya. Tapi banyaknya kasus pengguna yang dikejar-kejar DC hingga gagal bayar juga menunjukkan Shopee Pinjam menyimpan resiko yang serius.

Menonaktifkan Shopee Pinjam, Haruskah?

Jika Shopee Pinjam dirasa lebih banyak memberimu masalah dibanding manfaat, maka pertimbangkanlah untuk tidak lagi menggunakannya. Kamu baik-baik saja sebelum SPinjam muncul, maka saat ia kembali tidak ada harusnya itu hal yang biasa. Menonaktifkan Shopee Pinjam menjadi pilihan yang tepat bagi pengguna yang ingin menghindari godaan dari limit saldo yang terus melambai-lambai. Daripada dipaksakan meminjam terus terseok-seok pembayarannya, lebih aman tidak usah pinjam sekalian.

Syarat Menonaktifkan SPinjam

Sebelum bisa menonaktifkan Shopee Pinjam, ada beberapa kondisi yang harus kamu penuhi. Satu saja kondisi belum terpenuhi maka pengajuanmu akan ditolak. Jadi pastikan semuanya siap sebelum memulai.

Syara penonaktifan Shopee Pinjam :

  • Akun Shopee aktif atau tidak sedang ditangguhkan
  • Tidak ada tagihan berjalan di Shopee Pinjam maupun layanan Shopee lainnya
  • Tidak ada transaksi pembelian atau penjualan yang belum selesai
  • Nomor Hp aktif

Jika dari 4 syarat diatas ada yang belum terpenuhi, maka kamu harus menyelesaikannya terlebih dahulu sesuai jenisnya. Setelah itu baru bisa lanjut ke proses penonaktifan.

Tutorial Cara Menonaktifkan Shopee Pinjam

Sebenarnya penggunaan istilah menonaktifkan Shopee Pinjam tidaklah tepat. Karena pada prakteknya yang kita lakukan adalah menghapus akun Shopee-nya. Untuk saat ini akun SPinjam terikat dengan akun Shopee, yang jika kamu ingin menonaktifkan SPinjam itu artinya harus menonaktifkan akun Shopee nya.

Waktu yang dibutuhkan: 5 menit.

Cara menonaktifkan Shopee Pinjam :

  1. Ke menu Pengaturan

    Buka aplikasi Shopee, klik tab “Saya” lalu pilih menu Pengaturan.cara menonaktifkan shopee pinjam step 1

  2. Ajukan Penghapusan Akun

    Scroll ke bawah dan cari menu “Ajukan Penghapusan Akun”.cara menonaktifkan shopee pinjam step 2

  3. Konfirmasi penghapusan

    Akan muncul notifikasi berupa peringatan. Jika yakin, lanjut klik “OK”.cara menonaktifkan shopee pinjam step 3

  4. Pahami Ketentuan

    Baca baik-baik ketentuan yang tertera. Jika masih mantap, klik “Lanjutkan”.menonaktifkan shopee pinjam step 4

  5. Verifikasi OTP

    Masukkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor Hp terdaftar.menonaktifkan shopee pinjam step 5

  6. Jelaskan alasan penghapusan

    Pilih alasanmu melakukan penghapusan akun.menonaktifkan spinjam step 6

  7. Masukkan alamat email

    Masukkan alamat email untuk konfirmasi setelah penghapusan.menonaktifkan spinjam step 7

  8. Setujui Syarat dan Ketentuan

    Pastikan kamu mengklik setuju pada Syarat dan Ketentuan.nonaktifkan spinjam step 8

  9. Kirim permintaan penghapusan

    Langkah terakhir klik “Kirim” untuk mengirim pengajuanmu.cara menonaktifkan shopee pinjam selesai

  10. Selesai

    Pengajuan penghapusanmu akan diproses. Tunggu dalam 1-3 hari. Kamu akan mendapatkan notifikasi vie email saat proses selesai.

Perlu diketahui akun yang sudah terhapus tidak bisa dipulihkan kembali. Data diri yang kamu gunakan pada akun tersebut juga tidak akan bisa lagi digunakan untuk mendaftar di layanan pinjaman atau kredit Shopee lainnya. Kamu masih bisa mendaftar akun Shopee baru dengan syarat menggunakan nomor Hp dan alamat email yang belum pernah terdaftar sebelumnya.

Menghapus Akun Shopee Pinjam

Seperti disebutkan sebelumnya, alih-alih menggunakan cara menonaktifkan Shopee Pinjam istilah yang lebih tepat adalah menghapus akun Shopee. Sejak awal kemunculannya (baca: review Shopee Pinjam), SPinjam hanyalah layanan tambahan atau Add on dari Shopee. Ia tidak dibuat aplikasi terpisah seperti halnya aplikasi pinjaman online lain. Efeknya kemudian akun SPinjam terikat keberadaannya dengan akun Shopee yang lebih dulu ada. Akun SPinjam mu adalah akun Shopee tempat kamu berbelanja atau menjual jika kamu seorang Seller. Keinginanmu untuk menonaktifkan Shopee Pinjam mau tidak mau akan mengorbankan akun Shopee yang selama ini kamu bangun reputasinya.

Bagi pengguna Shopee biasa, menghapus akun Shopee adalah hal yang sederhana karena kamu masih bisa mendaftar dengan nomor Hp dan alamat email lain. Tapi bagi para Seller jelas sebuah pengorbanan yang besar karena berkaitan dengan reputasi toko. Maka bagi para Seller Shopee yang menggunakan Shopee Pinjam (SPinjam untuk Penjual), jauh lebih baik melakukan pembatasan diri daripada menonaktifkan akun. Biarkan SPinjam mu aktif, yang kamu non aktifkan adalah hasratmu untuk meminjam di Shopee.

Catatan

Cara menonaktifkan Shopee Pinjam hanya satu cerita dari sekian banyak yang mungkin akan timbul. Jika enggan menerapkan manajemen kontrol, pengguna akan berbondong-bondong menonaktifkan atau menghapus aplikasi pinjol yang pernah digunakannya. Cara tersebut dianggap lebih efektif untuk “tobat” dari segala macam godaan berhutang. Krediblog sendiri beranggapan SPinjam tidak sepenuhnya buruk. Kamu hanya butuh rencana jelas dalam menggunakannya. Untuk tujuan produktif misalnya, saat kesulitan mencari pinjaman di sana sini untuk memulai usaha kecil-kecilan di depan rumah, SPinjam bisa memberimu modal dalam hitungan menit (baca: cara pinjam uang di Shopee).

Yang perlu diingat adalah menghapus akun pinjaman bukan akhir dari cerita. Yang kamu hapus adalah satu jalan dari sekian banyak yang ada atau mungkin akan ada. Jika pasakmu masih lebih besar daripada tiang maka kemungkinan besar masih akan bergelut dengan aktifitas pinjam meminjam. Jika mau, jadikan momen penghapusan ini sekaligus momentum kebangkitan. Cukuplah dengan yang ada, atau jika ingin lebih terlebih dahulu perbesar tiangmu.

guest
6 Komentar
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
no name

jika ada pinjaman di spinjam kemudian menonaktifkan akun shopee apakah di acc & apabila akun terhapus apakah pinjaman di spi jam akan hilang otomatis?

tata

jika akun di tutup, apakah akun bs di akses kembali? saya khawatir limit saya disalah gunakan oleh orang lain.

Udin penyok

Jika akun udah di nonatkifkan. Apakah spinjam akan otomatis tidak aktif? Lalu saya membuat akun baru terus mau daftar spinjam kok gak bisa? Solusinya dong