Cara Menghemat Uang 100 Ribu untuk Seminggu. Tips Maksa

Cara menghemat uang 100 ribu untuk seminggu – Apa yang akan kamu lakukan jika uang di dompet sisa seratus ribu sedangkan gajian atau tanggal datangnya pemasukan masih satu mingguan lagi? Salah satu pilihan yang tersedia adalah dengan berhemat. Kamu harus pintar mengatur pengeluaran agar selama satu minggu hanya menghabiskan seratus ribu syukur-syukur bisa kurang dari itu. Mungkinkah kita bisa menjalani 7 hari kehidupan hanya bermodalkan uang 100 ribu?

Menu 100 Ribu Seminggu

menu 100 ribu seminggu

Dibanding kebutuhan yang lain, kebutuhan yang paling banyak mengambil alokasi dana adalah kebutuhan untuk makan. Setiap harinya kita secara rutin menghabiskan uang paling banyak untuk kebutuhan makan, minum atau camilan. Ini bisa diterima karena sebagai manusia kita membutuhkan energi untuk bisa beraktifitas. Dan sumber energi tersebut kita dapatkan dari makanan dan minuman. Tentang pentingnya makanan ini, Krediblog teringat pesan Aa Gym yang menyebut salah satu alasan mengapa kita harus bekerja adalah karena kita butuh makan. Seandainya kita tidak butuh makan, rebahan sepanjang tahun juga tidak masalah.

Jika mengikuti standar normal, uang 100 ribu hanya bisa untuk membeli makanan 3-5 hari. Jika kamu ingin bisa bertahan, maka cara menghemat uang 100 ribu untuk seminggu adalah dengan menyusun menu hemat. Gunakan uang yang ada untuk menyusun menu sehari-hari dan hindari membeli “matengan” sebisa mungkin karena itu lebih mahal.

Menu 100 ribu Seminggu dengan urutan sarapan, makan siang dan makan malam :

  • Senin : roti, masak, mie instan
  • Selasa : roti, mie instan, masak
  • Rabu : roti, masak, masak
  • Kamis : roti, masak, mie instan
  • Jum’at : roti, masak, masak
  • Sabtu : roti, masak, mie instan
  • Minggu : roti, masak, masak

Belanja Mingguan 100 Ribu

Mulai bikin daftar belanja mingguan 100 ribu agar dana yang ada bisa terkontrol pengeluarannya. Patuhi daftar yang ada karena sehari saja kamu keluar dari pakem maka itu bisa merusak rencana keesokan harinya bahkan bisa membuat alokasi dana jebol. Kunci cara menghemat uang 100 ribu untuk seminggu adalah ketat dalam mengatur pengeluaran.

Belanja Mingguan 100 ribu :

ItemQtyHargaTotal
Roti tawar1 pak20.00020.000
Mie instan4 bungkus3.00012.000
Belanja sehari-hari7 kali9.00063.000
Grand total95.000

Apakah mungkin belanja untuk masak hanya Rp 9.000 sehari? Jangan manja! Dalam masa sulit sangat dibutuhkan kesabaran dan kreatifitasmu dalam mengakali keadaan. Kamu bisa misalnya mengalokasikan 30 ribu untuk kebutuhan belanja selama 3 hari.

Praktek Menghemat Uang 100 Ribu untuk Seminggu

cara menghemat uang 100 ribu untuk seminggu

Hitung-hitungan diatas hanya coretan diatas kertas yang artinya praktek dilapangan bisa jadi berbeda. Menghemat uang berapapun itu, memerlukan kedisplinan dalam menerapkannya. Sehari saja kamu ceroboh maka hari-hari esoknya bisa berantakan. Secara umum, tips berhemat (khususnya menghemat 100 ribu) bisa kamu terapkan dengan step by step berikut.

Cara menghemat uang 100 ribu untuk seminggu :

  1. Jangan jajan

    Puaslah dengan sarapan atau makan siang. Jajan tidak untuk waktu sekarang ini.

  2. Pangkas uang transport

    Jika dekat jalan dan jika jauh cari tebengan. Tidak ada alokasi dana untuk transportasi.

  3. Patuhi jadwal pengeluaran

    Jangan cari alasan atau pembenaran. Susahmu hari ini untuk kemudahan esok hari.

  4. Cari makan gratis

    Berkunjung ke teman atau saudara. Kamu bisa mendapatkan kopi, camilan atau makan malam gratis.

  5. Puasa

    Alokasi dana untuk makan mencapai 50% lebih. Berpuasa berarti kamu menghemat 25% darinya.

Gimana Jika 100 Ribu untuk Sebulan?

Cara menghemat uang 100 ribu untuk seminggu diatas sudah sangat sesak untuk dipraktekkan, rasanya mustahil bisa diterapkan untuk durasi sebulan atau yang lebih lama lagi. Perhitungan diataspun tidak memperhitungkan kebutuhan lain seperti membeli beras, gas, minyak sayur, listrik/token listrik dan kebutuhan mandi yang jika ditambahkan uang 100 ribu tidak akan cukup.

Apakah cara menghemat uang 100 ribu untuk seminggu hanya bisa dilakukan dengan berhemat? Tidak, berhemat hanya cara mudahnya (atau sulitnya). Ada cara lain untuk bertahan yaitu dengan menambah dana yang ada dengan pinjaman. Jika kamu memiliki penghasilan tetap, kamu bisa mencoba pinjaman 500 ribu langsung cair. Atau jika penghasilanmu tergolong baik dan keadaan sekarang hanya sial sesaat, kamu bisa mencoba pinjam uang 5 juta agar bisa lebih longgar dalam membagi kebutuhan.

Apapun penyebab uangmu tinggal 100 ribu sekarang, seminggu besok harus tetap kamu hadapi dengan berani. Rencana harus ada tetapi tetap harus bersiap atas kemungkinan terburuk jika keadaan tidak berjalan sesuai rencana.

guest
2 Komentar
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar
Ismail

Halo, Bang Kredi. Artikelnya keren, substansi yang disuguhlan Bang Kredi mengenai cara mengalokasikan uang 100 ribu untuk satu minggu ini benar-benar realistis dan praktis. Saya iseng nyari artikel ini karena kebetulan memang keuangan saya bulan ini sedang di ambang batas, hahaha. Terima kasih tipsnya, bang.

ngomong-ngomong tulisan Bang Kredi enak dibaca. Baca tulisannya seperti sedang diajak ngobrol langsung. keren.

tetap menulis dan menginspirasi ya, Bang.

Salam.