Cara Menghapus Akun Akulaku. Tutup Secara Permanen

Pencarian dengan query cara menutup atau menghapus akun Akulaku mendadak meningkat belakangan ini. Sebabnya tidak lain adalah sistem keamanan Akulaku yang hingga kini masih juga memprihatinkan. Bayangkan saja, tidak butuh kecerobohan untuk akunmu disalahgunakan, pada pengguna paling hati-hati sekalipun kejadian Hack Akulaku masih bisa terjadi.

Terbaru salah satu teman akun Akulakunya kena Hack, mulanya untuk beberapa saat layar Hp-nya tiba-tiba white screen. Saat kembali normal muncul notifikasi transaksi dari Akulaku. Setelah dicek lebih lanjut ternyata ada tagihan hampir 5 juta dari transaksi Shopee. Tidak mau kejadian tersebut menimpa, empat orang teman lainnya secara serempak menghubungi Support Akulaku keesokan harinya untuk melakukan penutupan akun. Namun karena masih ada tagihan berjalan, proses tidak bisa dilanjutkan. Akhirnya mereka urung menghapus akun Akulaku.

Alasan Menghapus Akun Akulaku

Umumnya adalah ketidakpuasan. Baik itu dalam hal pelayanan, kualitas produk, respon tim Support hingga yang paling banyak dikeluhkan: keamanan. Dan sangat disayangkan, selama 3 tahun menggunakan Akulaku, Krediblog tidak merasakan adanya peningkatan. Pada semua aspek yang disebut diatas, hampir semuanya sama saja seperti 3 tahun yang lalu. Kalaupun ada, sangat minimal sehingga tidak terasa efeknya. Berikut beberapa “catatan buruk” Akulaku:

  • Sistem keamanan sangat rawan sehingga kasus penyalahgunaan akun masih tinggi.
  • Di Marketplace Akulaku ada banyak Seller nakal yang menjual barang rusak.
  • Tim Support yang tidak responsif.
  • Aturan yang tidak transparan dan kerap berubah tanpa pemberitahuan.
  • Tidak memiliki tim khusus untuk memberantas para penipu yang mengatasnamakan Akulaku.

Blokir Limit Akulaku

Masih ingat keempat orang teman yang gagal menghapus akun Akulaku tadi? Akhirnya jalan keluar yang diambil adalah dengan pemblokiran limit saldo. Nantinya dengan pemblokiran tersebut, limit saldo yang ada tidak bisa lagi digunakan untuk transaksi apapun. Yah, kurang lebih mirip dengan penutupan akun namun sifatnya sementara karena pemblokiran bisa dibuka kembali.

Untuk kamu yang belum bisa menghapus akun Akulaku karena terkendala masih adanya tagihan, blokir saja limit saldonya. Pemblokiran limit saldo Akulaku lumayan efektif untuk menghindari penyalahgunaan akun. Karena limit saldonya dibekukan, maka tidak akan ada transaksi ghoib nan aneh. Untuk melakukan blokir limit, kamu cukup menghubungi support Akulaku dan sampaikan kamu ingin memblokir limit. Setelah melakukan verifikasi data, limit saldomu akan terblokir secara efektif keesokan harinya.

Menghapus Akun Akulaku Secara Permanen

Namun jika yang kamu kehendaki adalah menutup akun Akulaku selamanya karena tidak mau lagi berurusan, maka lanjutkan ke tahap penghapusan akun. Sebelum melakukannya, perhatikan catatan ini :

  • Penghapusan akun Akulaku hanya bisa dilakukan saat urusanmu dengan Akulaku selesai. Itu artinya tidak ada lagi tagihan tertunggak atau kendala lainnya yang masih membutuhkan akun aktif.
  • Penghapusan akun ini sifatnya selamanya. Jadi jika sudah melakukan penghapusan akun, kamu tidak bisa lagi mendaftar Akulaku di kemudian hari.

Gimana, sudah siap? Informasi penghapusan akun ini Krediblog dapat langsung dari tim Support Akulaku.

Cara menghapus akun Akulaku yang sudah terdaftar :

  1. Hubungi support Akulaku

    Telpon ke nomor (021) 1500920 dan sampaikan bahwa kamu ingin menghapus akun Akulaku secara permanen.

  2. Tunggu email dari Akulaku

    Akulaku akan mengirimkan email dengan subjek “Form Pengajuan Penutupan Akun Permanen”.cara menghapus akun akulaku via email

  3. Lengkapi form

    Print dan isi Form Pengajuan Penutupan Akun Akulaku Permanen yang dikirim via email. Atau kamu bisa mendownloadnya di link berikut: Form Penutupan Akun. Setelah kamu lengkapi dan tanda tangan, scan dokumen tersebut dalam bentuk PDF.surat pernyataan untuk menutup akun akulaku

  4. Sertakan foto KTP dan selfie

    Siapkan foto KTP (scan KTP) dan foto selfie mu yang sedang memegang KTP.

  5. Kirim kembali

    Balas email dari Akulaku sebelumnya dengan menyertakan form pengajuan yang sudah kamu lengkapi, foto KTP dan foto selfie memegang KTP.

  6. Tunggu konfirmasi

    Akulaku akan memproses permintaanmu dan akan mengkonfirmasi saat proses sudah selesai.

Keterangan Penutupan Akun

Apakah harus terlebih dahulu menelpon ke Akulaku?

Sepertinya iya. Karena prosedur yang diterapkan adalah kamu membalas email dari Akulaku beserta syarat yang diminta.

Kapan harus membalas emailnya?

Balas dalam 2×24 jam sejak kamu menerimanya.

Bagaimana jika langsung mengirim email tanpa telpon?

Tidak yakin. Tapi kamu bisa mencobanya. Pastikan kamu melengkapi syarat sesuai keterangan diatas dan email ditujukan ke: keamanan.akun@akulaku.com

Catatan Krediblog

Menghapus akun Akulaku merupakan “surat cerai” kamu dan Akulaku. Tapi mau gimana lagi, Akulaku sendiri yang tidak bisa memberikan keamanan pada kita. Dan menghadapi ketidakpastian seperti itu, berpisah menjadi jalan terbaik yang bisa diambil.

Semoga hubungan gagalmu dengan Akulaku tidak menjadikanmu trauma untuk menjalin hubungan dengan aplikasi fintech atau pinjaman online lainnya. Karena masih banyak diluaran sana aplikasi sejenis dengan produk yang bagus, pelayanan yang prima dan keamanan yang serius. Sampai saat tulisan ini ditulis, Akulaku merupakan aplikasi dengan jumlah pengguna terbanyak. Namun jika mereka tidak segera berbenah, kebanggan itu hanya akan tinggal kenangan di masa depan.

foto mr. kredi

TENTANG PENULIS

Halo, saya Kredi. Mendadak tertarik menulis tentang Fintech karena kata saudara, saya jago ngutang. Jadi sekalian aja ngembangin bakat. He..he.. Ini Blog pribadi, tidak berafiliasi dengan perusahaan manapun.

Kalau kamu punya pertanyaan atau komentar, tulis dibawah ya! Saya coba bantu jawab.

guest
0 Komentar
Inline Feedbacks
Lihat semua komentar