myBCA – Review Platform Perbankan BCA dan Calon Super App

“Aplikasi baru dari BCA?”, itu adalah kesan pertama Krediblog saat pertama kali melihat aplikasi myBCA. Logonya sedikit mirip dengan BCA mobile meski ada sedikit perbedaaan pada gradasi warnanya. Tidak ada ketertarikan sama sekali ketika itu. Dan setelah kurang lebih 6 bulan berselang Krediblog akhirnya menginstalnya. Review ini akan coba merangkumnya.

Hingga tahun 2023 jumlah pengguna BCA Mobile hampir menyentuh 30 juta orang. Pada tahun yang sama BCA Mobile menjadi aplikasi mobile banking terfavorit di Indonesia versi survei Top Brand Award. Hal menarik apa yang ditawarkan myBCA sehingga kita harus beralih dari aplikasi m bangking yang sudah menjadi favorit dan pilihan banyak pengguna ini?

Apa Itu myBCA?

apa itu myBCA

Apa itu myBCA? myBCA adalah aplikasi perbankan lengkap dari BCA. Disebut lengkap karena myBCA ini dibuat sebagai platform yang diatasnya bisa dikembangkan aplikasi pendukung lainnya. Itu penjelasan mudahnya.

Definisi teknisnya myBCA merupakan fasilitas digital platform terbaru dari BCA yang dapat menghubungkan nomor rekening, tabungan, dan portofolio investasi yang kamu miliki di BCA ke dalam satu akses. Poinnya sama, my BCA menjadi rumah besar untuk menampung beragam kebutuhan transaksi keuangan.

Sejak kapan ada myBCA?

myBCA pertama kali diperkenalkan pada Mei 2021. Jika hingga kini kamu belum juga mengistalnya bisa dimengerti karena selain terbilang masih baru juga bagi kebanyakan pengguna fungsinya belum benar-benar dibutuhkan karena untuk kebutuhan transaksi perbankan umum bisa dilakukan di BCA mobile.

Hingga saat ini my BCA masih dalam tahap pengenalan. Pengguna masih diizinkan menggunakan BCA mobile meski sudah dibuatkan aplikasi yang lebih lengkap. Pengguna yang sudah menginstal myBCA juga kebanyakan masih menyimpan aplikasi BCA mobile untuk menyesuaikan kebutuhan transaksi yang akan dilakukan.

Bukankah sudah ada m BCA?

Mengapa BCA mengeluarkan myBCA jika untuk transaksi perbankan sudah ada BCA mobile? jawabannya adalah perkembangan teknologi. BCA mobile sudah berusia 10 tahun lebih sejak awal kehadirannya. Meski m BCA sendiri selalu di update setiap tahunnya untuk mengikuti perkembangan teknologi tetapi ada batas kemampuannya.

BCA mobile memiliki kapasitas yang terbatas apabila terus ditambahkan dengan beragam fitur baru. Jika dipaksakan akan berdampak pada kenyamanan pengguna hingga membahayakan aplikasi. Maka mengeluarkan aplikasi dengan sistem baru menjadi solusi yang lebih baik.

Aplikasi perbankan masa depan dan calon Super App

myBCA memiliki keluwesan karena basis yang digunakan adalah User ID. Satu User ID bisa memiliki akses ke beberapa rekening, tabungan hingga investasi. Hal yang tidak bisa dilakukan oleh BCA mobile karena terkunci dengan satu rekening dan satu nomor Hp. Jika sebelumnya pengguna harus memiliki satu BCA mobile untuk setiap rekening dan nomor Hp, sekarang semua rekening yang kamu miliki bisa dikelola secara bersamaan melalui my BCA.

myBCA dipresentasikan untuk menjadi Super App karena aplikasi pendukung lain bisa dengan mudah ditanamkan di atas sistem myBCA ini. Penambahan fitur baru akan berjalan mulus semudah plug and play. Salah satu contoh yang sudah dilakukan adalah dengan memasukan Welma. Sebelumnya Welma adalah aplikasi terpisah untuk kebutuhan investasi dan asuransi. Sekarang Welma sudah resmi menjadi salah satu menu utama di my BCA.

Download aplikasi myBCA

Aplikasi myBCA tersedia untuk sistem operasi Android dan iOS. Kamu bisa mengunjungi App Store masing-masing untuk mendownloadnya. Bukan itu saja, agar jangkauan penggunaannya lebih luas myBCA juga tersedia dalam versi website. Jadi mau dari gadget mana saja atau dengan OS apa saja pengguna tetap bisa mengakses my BCA.

myBCA Apk

myBCA apk

Jika kamu pengguna Android, kamu bisa mendownload aplikasi myBCA melalui Google Play Store atau dari link berikut : Download Android.

Size87 MB
Requires Android5.0 dan yang lebih tinggi
DeveloperPT Bank Central Asia Tbk
PermissionsLokasi, Ponsel, Kontak, Kamera, Penyimpanan, Foto/Media/File

myBCA iOS

myBCA ios

Untuk pengguna iOS, kamu bisa mendownloadnya langsung dari App Store atau menggunakan link berikut : Download iOS.

Size206 MB
Requires iOSRequires iOS 11.0 or later
DeveloperPT Bank Central Asia Tbk
PermissionsIdentifiers, Diagnostics, Usage Data

myBCA Website

Tidak perlu khawatir untuk kamu yang bukan salah satu pengguna Android maupun iOS karena myBCA website bersifat universal. Selama memiliki web broswer, kamu bisa mengakses myBCA dari perangkat mana saja.

Alamat websitemybca.bca.co.id
Requires OSMultiplatform
menu dan fitur aplikasi myBCA

myBCA dilengkapi deretan fitur menarik dan fungsional yang siap digunakan. Beberapa sama dengan yang ada di BCA mobile dan bebera lainnya baru dan eksklusif hanya ada di my BCA. Berikut daftar lengkap menu dan fiturnya :

1. Transfer

Menu Transfer di myBCA lebih variatif jika dibandingkan BCA mobile. Terdapat beberapa variasi dari menu transfer diantaranya :

  • Transfer ke Rekening BCA
    Transfer dana ke sesama rekening BCA
  • Transfer ke Bank Lain
    Transfer dana ke bank lain dalam negeri
  • Transfer Proxy Address
    Transfer dana melalui Proxy Address
  • Virtual Account
    Transfer dana ke rekening Virtual Account BCA
  • Sakuku
    Transfer dana ke nomor Sakuku
  • Import Daftar Transfer
    Impor dari m-BCA dan KlikBCA Individu
  • Dokumen Underlying
    Daftar dokumen underlying untuk bertransaksi Valas

2. Deposito

Kamu bisa membuka rekening deposito maupun melakukan pencairan langsung dari myBCA tanpa perlu ke kantor cabang.

  • Pembukaan Rekening
    Buka rekening e-Deposito dengan pilihan jangka waktu dan bunga yang kompetitif
  • Status Pencairan
    Cek status pencairan rekening e-Deposito
  • Informasi Deposito
    Lihat semua rekening deposito

3. Investasi (Welma)

menu investasi

Untuk pengguna yang aktif berinvestasi melalui Welma sekarang bisa melakukannya langsung dari dashboard myBCA. Tidak perlu lagi berganti aplikasi karena sekarang sudah terintegrasi penuh.

  • Reksa Dana
    Beragam pilihan investasi yang dikelola oleh Manager Investasi
  • Obligasi & SBN Pasar Perdana
    Investasi pada Surat berharga konvensional dan syariah, dengan harga kompetitif
  • Obligasi & SBN Pasar Sekunder
    Investasi pada Surat berharga konvensional dan syariah, dengan harga kompetitif

4. e-Statement

Kamu bisa melihat, mendowload atau membagikan laporan e-Statement (ringkasan transaksi rekening) bulan lalu, 5 bulan lalu, 1 tahun lalu hingga 7 tahun yang lalu.

  • Tabungan dan Giro
    Lihat e-Statement Tabungan dan Giro Individu BCA
  • Kartu Kredit
    Lihat e-Statement Kartu Kredit BCA

5. Paylater

Menu pengajuan sekaligus pengelolaan layanan Paylater atau beli sekarang bayar nanti dari BCA.

6. Flazz

Menu untuk melakukan pengecekan dan pengisian saldo Flazz.

7. Cardless

Transaksi tanpa kartu lebih mudah dengan kontrol yang dilakukan dari myBCA.

  • Tarik Tunai
    Tarik tunai tanpa kartu di ATM BCA
  • Setor Tunai
    Setor tunai tanpa kartu di ATM BCA
  • Transaksi Cabang
    Transaksi tanpa kartu di cabang BCA
  • Daftar Kode Transaksi
    Cek daftar kode transaksi tanpa kartu selama 24 jam terakhir

8. Kredit Konsumen

Menu kredit atau pembiayaan dari BCA.

9. Transaksi Terjadwal

Menu untuk mengatur transaksi agar dilakukan sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

10. Bayar & Isi Ulang

menu bayar dan isi ulang

Menu khusus untuk kebutuhan transaksi beli dan bayar.

  • Paket Data
  • Pulsa
  • Telkom
  • Air
  • BPJS KEsehatan
  • Internet & TV Kabel
  • Kartu Kredit & Paylater
  • Pinjaman
  • Asuransi
  • Voucher Game
  • Voucher Streaming

11. Scan QRIS

Menu untuk transaksi menggunakan QRIS.

Catatan myBCA

catatan review myBCA oleh krediblog

Haruskah menginstal aplikasi MyBCA sekarang? Silahkan lakukan jika tidak ada kendala (memori Hp penuh, pendaftaran gagal terus, dan sebagainya) karena ini adalah aplikasi perbankan yang diproyeksikan untuk masa depan sehingga cepat atau lambat dipaksa atau sukarela kamu akan menginstalnya juga. Namun jika masih menemukan kendala dalam pendaftarannya maka santai saja karena untuk sekarang ini aplikasi BCA Mobile masih mampu mengakomodir dengan baik kebutuhan transaksi perbankan umum.

Sejak pertama kali diperkenalkan hingga kini, myBCA terus menambahkan fitur-fitur baru. Menu yang tadinya belum ada sekarang sudah muncul dan bisa langsung digunakan. Layanan yang sebelumnya harus menggunakan aplikasi keuangan lain sekarang sudah terintegrasi dan masuk ke dalam ekosistem myBCA. Itu berarti akan lebih banyak lagi layanan atau fitur yang siap dibenamkan menyesuaikan kebutuhan dan rencana BCA selaku pemilik. Ibarat sebuah lukisan, BCA adalah pelukisnya dan myBCA sebagai kanvas yang siap menampung segala bentuk kreatifitas Sang Kreator.

FAQ myBCA

Apakah nasabah BCA harus menginstal My BCA?

Untuk sekarang sifatnya opsional.

Apakah My BCA akan menggantikan BCA mobile?

Belum. Tapi my BCA diproyeksikan sebagai aplikasi mobile banking penerus BCA mobile.

Review myBCA
logo aplikasi myBCA

Nama: myBCA

Deskripsi: Aplikasi mobile banking baru dari BCA sebagai langkah awal dalam menyediakan pengalaman perbankan yang lebih baik dan intuitif

Platform: Android, iOS

Kategori Aplikasi: Keuangan

Nilai
4.5
  • Proses pendaftaran
  • Menu dan fitur
  • Antarmuka
  • Fungsi
  • Support
kredi avatar

Ditulis oleh

Krediblog

Menulis dari sudut pandang pengguna dan melakukan komparasi produk keuangan khususnya financial technology seperti pinjaman, kredit dan investasi. Pembaca setia Kontan, Tech in Asia hingga DailySocial. Mengelola blog ini sejak 2019.

Youtube

Instagram